Unduh Gratis Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru

Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Unduh Gratis Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru




Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menyebarkan informasi kepada anda semua mengenai Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru

Belajar di rumah, mencar ilmu di sekolah, tetap berpihak pada anak.

Bagaimana caranya?

Guru dan orangtua yang berdaya membuat pengalaman mencar ilmu yang melibatkan anak. Ikuti Panduan Pembelajaran Jarak Jauh bagi guru dan orangtua di situasi wabah virus corona.

Buku Panduan ini mempunyai tujuan untuk Mendorong kerja sama orangtua, guru dan murid untuk berdaya mencar ilmu dalam menghadapi situasi darurat akhir wabah virus Corona.

Memastikan anak mendapat personalisasi pengalaman mencar ilmu yang bermakna, menantang dan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak.

Anjuran Guru melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh

  1. Lakukan pengumpulan informasi terlebih dahulu mengenai kesiapan orangtua dalam mendampingi murid melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Faktor yang setidaknya perlu dipertimbangkan: jalan masuk orangtua terhadap teknologi, teladan kerja orangtua. (Prioritas)
  2. Sediakan waktu berbincang bebas dengan orangtua dan murid untuk mendapat citra kondisi yang mereka alami. Membangun kepercayaan diri murid dan orangtua, menghadirkan dukungan, pendorong semangat dan sumbangan profesional. (Prioritas)
  3. Memperkirakan durasi pengerjaan kiprah yang akan diberikan. Pastikan durasinya maksimal 80% dari jam mencar ilmu normal untuk menyediakan waktu mencar ilmu tidak terstruktur. Durasi ini bisa diadaptasi melalui koordinasi dengan guru yang mengajar pada kelas yang sama dan dengan murid/orangtua (Menantang)
  4. Membangun akad dengan orangtua terkait cara pengerjaan kiprah murid, jadwal dan durasi konferensi guru (Menantang)
  5. Menyiapkan kegiatan dan kiprah mencar ilmu yang memadukan tujuan kurikulum, minat murid dan info yang sedang hangat dibicarakan. (Menantang)

Guru Wajib Hindari Peraturan Ini!

  1. Hindari membuat hukum dan kiprah yang tidak memahami kondisi murid dan orangtua.
  2. Hindari memaksakan kiprah harus dikerjakan dengan kriteria dan durasi kecepatan yang sama untuk semua murid.
  3. Hindari menuntut orangtua untuk mendampingi penuh murid tanpa mempertimbangan faktor hambatan dalam melaksanakan pendampingan

Baca Juga : Buku Panduan Marketing Lomba Kompetensi Siswa Daring Sekolah Menengah kejuruan Terbaru

Praktik pembelajaran yang memandu murid bukan sekedar menguasai konten tapi menguasai pemahaman mendalam terhadap konsep yang sanggup diterapkan di bermacam-macam konteks.

Anjuran yang Wajib dilakukan oleh Guru

Lakukan klarifikasi terlebih dahulu kepada orangtua khususnya pada kelas kecil perihal tujuan dan proses mencar ilmu jarak jauh dan penggunaan aplikasi atau situs melalui video tutorial atau infografis (Prioritas).

Satu kegiatan mencar ilmu bisa meliputi lebih dari 1 pelajaran. Rancang kiprah atau kegiatan mencar ilmu yang bisa meliputi 2 - 3 pelajaran. (Prioritas)

Berilah kiprah yang terkait dengan lingkungan rumah pada kelas kecil dan terkait dengan duduk kasus yang sedang hangat dibicarakan. (Menantang)

Sediakan pertanyaan terbuka pada isyarat penugasan yang memfasilitasi murid untuk mengekspresikan pendapatnya. Contoh: Pada kelas kecil, apa yang kau sukai dari kiprah hari ini? Pada kelas besar, apa kaitan antara konsep yang kau pelajari hari ini dengan duduk kasus masyarakat ketika ini? (Menantang)

Panduan pembelajaran ini disusun menurut 5M Cara Pembelajaran yang diyakini Kampus Guru Cikal bisa mengoptimalkan pengalaman mencar ilmu murid untuk menguasai tujuan belajar.

Baca Juga : Buku Panduan EDS-PA Sispena PAUD dan PNF Terbaru

Panduan disusun untuk Kolaborasi #SekolahLawanCorona dan #KerjaBarenganLawanCorona

Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini.


Download Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan supaya mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru ini bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber http://blognazmy.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Unduh Gratis Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel