11 Macam Kejahatan Di Dunia Maya Paling Berbahaya

Macam Kejahatan Di Dunia Maya Paling Berbahaya 11 Macam Kejahatan Di Dunia Maya Paling Berbahaya

Sebelum memakai internet, tentu kita harus memahami terlebih dahulu macam-macam kejahatan di dunia maya atau biasa di sebut dengan cyber crime. Kejahatan cyber crime ini sudah banyak terjadi di internet, untuk menghindari kejahatan cyber crime kita harus tau macam-macam dan jenis-jenis kejahatan di dunia maya yang terjadi  di internet.

Kejahatan dunia maya atau terkenal dengan istilah cyber crime yaitu sebuah tindak kejahatan yang dilakukan di dunia maya. Seperti tindak kejahatan pada umumnya, hal tersebut sanggup menjadikan kerugian bagi orang lain. Kebanyakan pelaku cyber crime hanya sekedar iseng melaksanakan tindakan tersebut. Akan tetapi, tidak sedikit juga yang menginginkan laba dari pihak-pihak tertentu.

11 Macam-Macam Kejahatan Di Dunia Maya Paling Berbahaya


1. Hacking

Hacking yaitu suatu kegiatan menerobos atau menyusup ke dalam sistem jaringan komputer atau jadwal milik orang lain. Kadang, banyak orang yang sering menyamakan arti antara hacker dengan cracker. Padahal, hacker (sebutan untuk orang yang melaksanakan hacking) dan cracker (orang yang melaksanakan cracking) justru sangat berbeda.

Hacker yaitu orang yang mengerti serta paham komputer, mempunyai keahlian 
membuat dan membaca jadwal tertentu dan biasanya terobsesi untuk mengamati security atau keamanan dari suatu sistem jaringan komputer. 

Biasanya, para hacker akan segera memberitahu pada sistem direktur apabila ada celah atau kelemahan pada sistemnya supaya cepat diperbaiki. Selain itu, hacker tidak merusak ataupun memanipulasi sistem yang di-hack.

2. Cracking

Cracking yaitu kegiatan menerobos sistem jaringan komputer orang lain, hampir sama dengan hacking akan tetapi untuk tujuan jahat. Pelakunya (disebut cracker) biasanya bersifat destruktif.

Mem-bypass password orang lain, mengubah tampilan web bahkan hingga menghapus data-data milik orang lain adalah sebagian teladan dari ulah para cracker. Karena hal tersebut, cracker bisa disebut sebagai pencuri yang beraksi di dunia maya.

3. Spamming

Apabila Anda sering mendapatkan e-mail yang menyatakan bahwa Anda gres saja memenangkan undian, lotre, menerima hadiah atau ada seseorang yang mengaku memiliki rekening bank di Inggris, Amerika atau negara yang lainnya dan meminta untuk mencairkan, bisa jadi itu yaitu salah satu dari tindakan spamming. Spamming sendiri merupakan kegiatan mengirimkan pesan yang tidak dikehendaki melalui e-mail (surat elektronik).

4. Defacing

Defacing yaitu kegiatan mengubah tampilan atau  halaman suatu website milik orang lain. Dan defacer yaitu sebutan untuk para pelakunya. Biasanya, mereka melaksanakan hal ini hanya sekedar iseng ataupun pamer kemampuan bahwa mereka bisa.

Namun, tidak sedikit juga yang mencuri data dan menjualnya untuk pihak lain. Kadang, para hacker juga menerapkan sistem defacing untuk memberitahu administrator bahwa ada celah pada sistem yang dibuatnya.

5. Phising

Phising merupakan suatu tindak kejahatan yang dipakai untuk memancing user (biasanya para pengguna internet banking) untuk memperlihatkan username dan password-nya pada suatu halaman web yang sudah di-deface (diubah 
tampilannya).

Nah, apabila user sudah mengisi username dan password-nya, maka username 
dan password tersebut akan menjadi milik si Penjahat dan uang yang ada pada 
rekening korban akan dipakai untuk berbelanja.

6. Carding

Bila phising sudah berhasil dilakukan, maka selanjutnya yang terjadi adalah carding. Carding merupakan acara berbelanja memakai kartu kredit orang lain dan dilakukan secara ilegal. 

7.  Penulis Malware

Ini yaitu orang-orang yang menulis dan mendistribusikan virus dan worm, trojan dan aneka macam jenis malware, produk jelek digital.  Mereka memaksa orang-orang dan dunia bisnis untuk menghabiskan sejumlah besar uang untuk membeli teknologi anti-malware yang telah merampok sistem kekuasaan dan kinerja.  Para pencipta Malware yaitu benar-benar sampah masyarakat.

8. Lelang Fraudsters

Anda niscaya sangat senang saat berhasil memenangkan sebuah arloji emas di eBay. Perasaan senang dan senang anda hasilnya anjlok, bagaimana tidak, ketika jam tangan itu datang di tangan anda.

Arloji tersebut terlihat dengan susah dimiripkan dengan gambar onlinenya. Tapi untungnya anda mendapatkan sesuatu, dibanding dengan banyak korban lelang fraudsters yang tidak mendapatkan apa pun. 

9. Penyelenggara Hadiah Palsu 

"Selamat, anda sudah memenangkan Fredonia National Lottery". Semua orang tampak benar-benar menang, tentu saja, yaitu sebuah kebetulan kalau "penyelenggara lotere" melibatkan anda dalam proses yang kompleks disertai pembayaran di muka dan cek-cek palsu. 

10. Pembajak Media 

Sering kali kita mendapatkan video, lagu atau software berbayar secara gratis di internet dengan gampang hanya bermodalkan internet. Nah, hal itu merupakan kegiatan kejahatan di dunia maya. Jika kita senang mendapatkan apa yang kita inginkan secara gratis, maka orang-orang yang bekerja keras untuk membuat karya tersebut akan merasa di rugikan.

11. Parasit Sosial

Situs jejaring sosial, jaringan pesan instan, layanan kencan online dan berbagai 
web yang dipenuhi oleh mereka yang diklasifikasikan sebagai orang-orang yang 
menyatakan dirinya sebagai orang lain.  Sebagian dari sasaran yaitu orang-orang berkarakter lemah dan naif untuk ditipu biar mengeluarkan uang.  

Parasit-parasit lain memainkan tugas sebagai selebritis, dengan maksud mencoreng reputasi mereka atau mendapatkan sedikit kepopuleran.  Di dalam perkara manapun, parasit parasit sosial yaitu teror bagi masyarakat internet.

Begitulah macam-macam klarifikasi mengenai kejahatan di dunia maya, semakin maju zaman semakin maju juga kejahatan. Kita sebagai pengguna media umum dibutuhkan cerdas dan bisa meminimalisir kejahatan dunia maya dengan cara mengerti arti pengertian serta cara menangani kejahatan tersebut.

Belum ada Komentar untuk "11 Macam Kejahatan Di Dunia Maya Paling Berbahaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel