Mengatasi Webmail Cpanel Tidak Sanggup Mendapatkan Email

Email di cPanel tidak sanggup mendapatkan email namun sanggup mengirim email, kok bisa? Itulah permasalahan yang saya alami. Semula berawal ketika hendak memakai email dengan domain merk untuk menimbulkan email cadangan di akun sosial media dan ternyata membutuhkan autentikasi lanjut untuk menambah email.

 Email di cPanel tidak sanggup mendapatkan email namun sanggup mengirim email Mengatasi Webmail cPanel Tidak Bisa Menerima Email

Saat membuka Webmail melalui cPanel  pun berjalan lancar dan  sesudah login terlihat gila alasannya inbox yang masuk tidak ada yang baru.Saya coba untuk mengirim email ke alamat email tersebut dan ternyata benar, bahwa semua email yang masuk tidak ada di inbox Webmail namun status terkirim. Anehnya ialah email tersebut masih sanggup dipakai untuk mengirim email.

Bagaimana Bisa cPanel Tidak Bisa Menerima Email?

Setelah saya cari di forum-forum hosting ternyata ada 2 kemungkinan besar yang mengakibatkan dilema Webmail cPanel tidak sanggup mendapatkan email yaitu :
  • Kesalahan konfigurasi routing email
  • MX Record pada DNS belum atau salah dikonfigurasi
Pada masalah yang saya alami ternyata pada DNS yang saya gunakan belum terkonfigurasi MX Record untuk emailnya. Saya juga tidak heran alasannya ketika memindahkan domain manager dari cPanel ke Cloudflare hanya fokus pada website utama dan saluran cPanel saja.

Cara Mengatasi Webmail cPanel Tidak Bisa Menerima Email

Dari 2 penyebab mungkin hanya salah satu saja yang menjadi pemicunya. Namun, lebih baiknya periksa semua hal yang beraitan dengan konfigurasi Webmail di cPanel. Utamanya cek belahan yang saya sebutkan tadi.

Konfigurasi Routing Email

Pastikan konfigurasi pada belahan ini sesuai dengan kebutuhan kita. Umumnya pada opsi pengaturan routing email ada 4 :
  1. Deteksi Otomatis
  2. Local Mail Exchanger
  3. Backup Mail Exchanger
  4. Remote Mail Exchanger 
Masing-masing dari 4 opsi tersebut memliki fungsi khususnya

Deteksi Otomatis
Pada opsi ini sistem akan mengidentifikasi konfigurasi yang dibutuhkan. Namun saya sarankan jangan gunakan opsi ini kalau memakai beberapa domain sekaligus untuk webmail alasannya kalau prioritas domain lebih rendah maka email akan dirouting ke domain tersebut. Sedangkan domain lainnya tidak sanggup mendapatkan email.
Pada opsi ini juga akan gagal jika Record Mail Exchange (MX) yang dikonfigurasi tidak benar atau belum ada, maka deteksi otomatis tidak akan terjadi dan Webmail menjadi bermsalah.

Local Mail Exchanger
Secara default mungkin pihak hosting akan menentukan opsi ini. Pada opsi ini server akan selalu mendapatkan email dan akan mengirimkan email ke kotak surat lokal pada Webmail.

Backup Mail Exchanger
Saya belum begitu paham dengan opsi ini, namun inti yang saya dapatkan ialah opsi ini dipakai untuk menampung email dan nantinya akan diteruskan ke mail exchanger(MX Record) lain yang aktif.

Remote Mail Exchanger
Untuk opsi ini kalau kita pilih maka server tidak akan mendapatkan email untuk domain yang dipilih. Sistem akan melanjutkannya ke mail exchanger bernomor paling rendah.
Dari semua opsi diatas opsi yang paling sempurna untuk dipilih kalau kita hanya mempunyai 1 domain di cPanel ialah opsi Local Mail Exchanger. Namun kalau masih gagal sanggup dicoba opsi Deteksi Otomatis.

Konfigurasi MX Records

Pada cPanel terbaru ketika ini pada belahan Routing Email akan langsuung disuguhkan peringatan mengenai MX Records yang harus dikonfigurasi. Wajar saja alasannya semua opsi yang saya jelaskan diatas tadi semuanya bergantung pada Mail Exchanger atau MX Records.

Untuk memastikan apakah kita sudah mengkonfigurasi MX Records sanggup dilihat di Zone Editor (DNS). 

 Email di cPanel tidak sanggup mendapatkan email namun sanggup mengirim email Mengatasi Webmail cPanel Tidak Bisa Menerima Email

Jika sudah mempunyai pengaturan MX Records maka akan tampil di Zone Editor DNS ibarat gamabar diatas. Sedangkan kalau belum memilikinya tinggal ditambahan saja ibarat menambahkan CNAME. 

 Email di cPanel tidak sanggup mendapatkan email namun sanggup mengirim email Mengatasi Webmail cPanel Tidak Bisa Menerima Email


Untuk pengisiannya sendiri sesuaikan dengan prioritas domain.


Isikan Prioritas sesuai domain yang diutamakan kalau terdapat lebih dari 1 domain. Sedangkan isi Tujuan dengan domain yang akan dipakai sebegai domain email aktif.

Nah itulah cara Mengatasi Webmail cPanel Tidak Bisa Menerima Email yang sanggup saya jelaskan segaligus pengalaman yang terjadi di situs Gisa Craft yang saya kelola. Mungkin masih terdapat kekurangan dalam klarifikasi yang saya berikan sehingga kalau masih gundah sanggup ditanyakan di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Webmail Cpanel Tidak Sanggup Mendapatkan Email"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel