Dalam Kesempitan Pun Dapat Menjadi Tips Peluang Bisnis Menjadi Berkah


Peluang Bisnis Dalam Kesempitan Pun Bisa Makara Berkah. Dalam kehidupan ini musibah bisa tiba kapan saja dan di mana saja. Tak peduli siapapun Anda, kadang tanpa terduga, musibah bisa datang. Tentu saja, kehadiran musibah itu biasanya sangat tidak diharapkan. Apalagi musibah itu menjadikan luka, derita dan hilangnya harta benda bahkan nyawa. Oleh alasannya itu, dalam doa yang dipanjatkan, orang sering memohon dijauhkan dari petaka.

Lalu, jikalau tak mengharapkan musibah namun musibah tiba juga, bagaimana cara menyikapinya? Untuk hal yang satu ini, kita harus bisa mengubah musibah menjadi berkah. Meski musibah yang menimpa bisa menciptakan susah, namun itu hanya sesaat saja, kita harus bisa mengubah musibah jadi berkah.

Pertama, apabila Anda menggeluti dunia bisnis, maka dalam keadaan apapun, bagaimanapun dan di manapun, kesadaran bisnis harus tetap terjaga. Setiap insiden baik itu insiden yang menyenangkan maupun yang menyedihkan, jikalau sanggup dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, akan bernilai bisnis. Perhatikan, banyak pengusaha yang berhasil mendulang kesuksesan di balik krisis ekonomi yang pernah melanda negeri ini pada 1997-1998.

Contohnya, beberapa pengusaha sarungan dari Sidogiri sukses mendirikan BMT Sidogiri pada ketika krisis ekonomi mulai melanda Indonesia pada 1997. Saat krisis ekonomi mulai mendera, mereka mendirikan BMT Maslahah dengan modal Rp 13,5 juta dengan tujuan untuk membantu kaum dhuafa dari jeratan rentenir. Tiga tahun kemudian, pada pertengahan 2000, mereka mendirikan BMT UGT Sidogiri yang sekarang (2016) mempunyai aset lebih dari Rp 1,8 triliun.

Krisis ekonomi tidak menciptakan mereka gentar untuk hijrah dari ekonomi ribawi ke ekonomi syariah. Terbukti, ekonomi syariah ternyata lebih tahan dari gempuran krisis daripada ekonomi konvensional. Pada ketika bank-bank konvensional rontok, BMT Sidogiri perlahan namun niscaya berkembang sehingga menorehkan prestasi andal di tingkat nasional.

Kedua, terkadang peluang bisnis itu tiba dari arah yang tidak disangka-sangka. Maka dari itu, bersiaplah setiap ketika untuk menyongsong peluang bisnis meskipun akan hadir dalam waktu dan daerah yang tidak atau kurang tepat. Apabila Anda terlambat menyongsongnya, maka peluang bisnis itu akan disambar oleh orang lain. Jadi, jangan hingga terlambat memanfaatkan peluang bisnis sebelum alhasil ditangkap oleh orang lain. Bila peluang bisnis itu hadir, segera bertindak cepat untuk menangkap peluang. Kaidahnya, siapa cepat beliau akan dapat, siapa lambat beliau akan ketinggala.

Ketiga, peluang bisnis itu kadang hanya sekali tiba dalam hidup Anda. Karena itu, ketika beliau datang, jangan hingga tidak memanfaatkan peluang bisnis itu dengan sebaik-baiknya. Untuk itu, jangan hingga ragu dan jangan hingga terlalu usang mengambil kesempatan tersebut. Orang-orang yang suka memancing tahu persis, sekali terlambat menarik kail, maka hilanglah kesempatan untuk mendapat ikan besar. Berarti, kita dituntut untuk bertindak cepat pada ketika yang sempurna semoga mendapat hasil yang maksimal.

Keempat, jangan hingga terlambat dalam mengambil keputusan ketika peluang bisnis datang. Berfikir sebelum bertindak itu baik sekali. Namun, jikalau terlalu usang dalam berfikir sehingga terlabat mengambil keputusan, maka peluang bisnis akan pergi. Nokia alhasil harus undur diri dari bisnis telepon seluler alasannya terlambat dalam mengambil keputusan untuk berguru dari lingkungan bisnis yang berubah dengan sangat cepat.

Oleh: Mokh. Syaiful Bakhri (BMT Sidogiri)

Sumber https://www.nengain.web.id/

Belum ada Komentar untuk "Dalam Kesempitan Pun Dapat Menjadi Tips Peluang Bisnis Menjadi Berkah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel