Mengenal Kegunaan Kabel Otg (On The Go)

Sebagai pengguna smartphone android, apakah kita sudah mengenal kabel OTG (On The Go)? Ada banyak manfaat penting kabel tersebut terkait penggunaan smartphone. Harga kabel ini pun relatif terjangkau masyarakat banyak. Dan juga, kabel ini pun gampang kita temukan di pasaran.

Hanya saja, tak semua smartphone android mendukung fitur OTG. Terlebih, smartphone android yang tergolong lawas. Nah, untuk mengetahui apakah smartphone kita mendukung fitur OTG, kita sanggup mencek di buku manualnya ataupun di situs gsmarena.com. Nah, apa saja kegunaan-kegunaan kabel tersebut? Berikut kegunaan-kegunaan kabel OTG (On The Go).


Gambar 1. Kabel OTG (On The Go)

Menyambungkan Keyboard dengan Smartphone
Merasa lelah mengetik memakai jemari? Misalnya, mengetik ketika browsing ataupun ketika menulis message? Bila iya, kita sanggup memakai keyboard untuk mengetik pada perangkat smartphone. Caranya, colokkan kabel OTG ke smartphone. Lalu, colokkan kabel USB keyboard ke kabel OTG. Setelah mencolokkannya, kita sanggup mengetik memakai keyboard.

Nah, kalau ingin memakai keyboard untuk mengetik di perangkat smartphone, sebaiknya cermati juga ukuran keyboard. Bila kita ingin memakai keyboard untuk menulis message ataupun untuk browsing, kita sanggup memakai keyboard yang tak terlalu besar. Tentu saja, semoga kita lebih nyaman dan mudah menggunakannya. Nah, kalau kita ingin memakai keyboard untuk mengetik dokumen berhalaman banyak di perangkat smartphone, sebaiknya gunakan keyboard yang berukuran lebih besar. Keyboard dengan ukuran yang lebih besar, menciptakan kita lebih nyaman mengetik dokumen berhalaman banyak.


Gambar 2. Keyboard Berukuran Mini

Menyambungkan Mouse dengan Smartphone
Selain mempunyai kegunaan sebagai media untuk menghubungkan keyboard dengan smartphone, kabel OTG pun sanggup juga dipakai untuk menghubungkan mouse dengan smartphone. Nah, alasannya yaitu memakai mouse, kita tak perlu lagi mentap layar. Kita hanya cukup mengklik mouse saja. Hanya saja, dibandingkan mouse wireless, kita cenderung kurang nyaman memakai mouse yang dihubungkan dengan kabel OTG. Terkait bentuk mouse, sebaiknya pilihlah mouse dengan ukuran yang terlalu besar. Tentu saja, semoga kita lebih nyaman dan mudah menggunakannya.

Membaca Flashdisk
Kabel OTG pun sanggup menjadi media untuk menyambungkan flashdisk dengan smartphone, sehingga kita sanggup pribadi memakai flashdisk di perangkat smartphone. Misalnya, memindahkan file dari flashdisk ke smartphone ataupun sebaliknya. Nah, untuk menggunakannya di perangkat smartphone, colokkan kabel OTG ke perangkat smatphone. Lalu, colokkan flashdisk ke kabel OTG. Lalu, download aplikasi Stick Mount dari Playstore. Setelah mendownloadnya, kita buka aplikasi sejenis File Manager yang sudah terinstall pada smartphone. Bila smartphone kita tak dilengkapi aplikasi tersebut, kita sanggup mendownloadnya via Playstore.

Demikian, kegunaan-kegunaan kabel OTG. Kesimpulannya, alasannya yaitu ada banyak manfaat penting kabel tersebut, tak ada salahnya kita memilikinya…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar:
1. http://dice.bg/content/pics/8805_mini-usb-kabel-otg-microusb-kym-usb-kabel-za-mobilni-ustroistva_1120630475.jpg
2. http://usb.brando.com/prod_img/zoom/UKEYB006300_01_L.jpg
Sumber https://sentralandroid.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Kegunaan Kabel Otg (On The Go)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel