Pengertian Phising Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Pengertian Phising, Cara Kerja Phising Dan Cara Mengatasi Phising - Phising ialah cara untuk mencoba mendapatkan informasi mirip username, password, dan rincian kartu kredit dengan menyamar sebagai entitas terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik. Komunikasi yang mengaku berasal dari terkenal situs web sosial, situs lelang, prosesor pembayaran online atau IT direktur biasanya dipakai untuk memikat publik tidak curiga. Phising biasanya dilakukan melalui e-mail spoofing atau pesan instan, dan sering mengarahkan pengguna untuk memasukkan rincian di sebuah website palsu yang tampilan dan nuansa yang hampir sama dengan yang aslinya.


Darimana Asal Phising Itu?
Pelaku phising akan meminta anda memasukkan data-data diam-diam langsung anda, mirip informasi account bank anda, atau mereka akan meminta update aplikasi yang pernah anda install, validasi dan konfirmasi account, dsb. Karakterisitik phising yang utama dan gampang dikenali ialah ‘update’ dengan alasan hal ini (konfirmasi ulang/re-registered) perlu dilakukan alasannya ialah proses konfirmasi/pendaftaran sebelumnya telah gagal.

Dampak Dan Akibat Apa Saja Bila Kita Terkena Phising?
Selain ancaman spam (informasi yang tidak penting dan mengganggu yang muncul berulang-ulang), phising tidak mempengaruhi sistem operasi pada komputer anda. Namun imbas yang lebih serius dan sangat berbahaya ialah kehilangan saluran kepemilikan pribadi. Seperti Phising Facebook, Phising Akun Sosial Media, uang yang anda simpan di bank, tagihan kartu kredit yang tidak mirip biasanya, atau bahkan anda diharuskan membayar beberapa tagihan sekaligus dan belum pernah anda lihat sebelumnya.

Bagaimana Cara Mengatasi Phising?


1. Perhatikan URL atau Link situs yang anda kunjungi, pastikan bahwa URL atau Link situs yang anda kunjungi benar-benar kondusif dan merupakan situs resmi.

Sebagai Contoh Situs Resmi Facebook ialah www.facebook.com atau kalau dibuka melalui smartphone URL nya ialah www.m.facebook.com.

Dan situs phising yang ibarat facebook biasanya mempunyai URL link yang absurd misalkan www.Faceb00k.com atau www.login.facebook.com atau pemanis nama pada URL Linknya.

2. Jangan Sembarangan Log-in atau memasukan informasi data anda ke sosial media tanpa mengetahui keresmian situs tersebut.

3. Abaikan semua email atau instant message (chat) yang tiba dari orang yang tidak anda kenal.

4. Jangan pernah membuka attachments email yang datangnya dari orang yang tak dikenal.

5. Lindungi password anda dan simpanlah dengan aman.
6. Jangan memperlihatkan informasi-informasi penting, seperti: nomor telepon melalui email, kecuali anda mengetahui dengan niscaya siapa yang ada diujung sebelah sana.

7. Cek keamanan situs yang anda kunjungi sebelum mengirimkan informasi-informasi penting kepada mereka.

8. Perhatikan alamat situs (URL) yang ada di address kafe browser anda, kalau mencurigakan sebaiknya jangan diteruskan.

9. Instal software anti-virus, aktifkan firewalls, dan filter email.

10. Update browser yang sering anda gunakan dan install plug-in security yang direkomendasikan.


11. jangan pernah membalas email yang mencurigakan apalagi memasukkan sandi pada situs yang mencurigakan atau tidak anda percayai serta mengirimkan password dan data langsung penting anda melalui email. Situs atau bisnis yang sah umumnya tidak akan meminta informasi melalui email.

12. Jika anda mendapatkan undangan informasi sensitif, buka jendela browser gres dan pergi kesitus organisasi dengan mengetik alamat website organisasi untuk meyakinkan bahwa anda sedang berhadapan dengan situs organisasi real dan bukan dengan website phiser. Jika ada sesuatu yang diharapkan dari anda, biasanya ada pemberitahuan disitus organisasi ini atau kalau anda tidak yakin dengan undangan ini sebaiknya menghubungi situs organisasi tersebut untuk bertanya.

13. jangan pernah membuka situs yang mencurigakan atau tidak anda percayai. Periksa URL untuk memastikan halaman bekerjsama adalah  bab dari situs organisasi dan bukan halaman penipuan pada domain yang berbeda mirip mybankk.com atau g00gle.com 

14. berhati-hati terhadap usulan yang fantastis yang sepertinya terlalu gampang untuk menjadi kenyataan, ini  mungkin PHISER.

15. gunakan browser yang mempunyai filter phising yang akan membantu anda mengetahui serangan phising potensial. Alamat situs yang kondusif dimulai dengan "https://" dan menampilkan icon Gembok terkunci diperamban anda.

Untuk mengatasi phising dan malware bekerjsama sangat gampang dan murah, kau sanggup melakukannya dengan menginstal beberapa aplikasi gratis yang disediakan vendor-vendor keamanan.

Berikut beberapa aplikasi untuk mencegah terjadinya acara phising dan malware: 
1. Internet Explorer 
2. Free Avira 
3. Spybot Search & Destroy 
4. McAfee SiteAdvisor
5 .Lavasoft Adaware

Nah itu ia klarifikasi mengenai artikel Pengertian Phising dan Cara mengatasi Phising, biar artikel ini sanggup bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Phising Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel