Unduh Gratis Buku Anutan Kip Kuliah Terbaru 2020

 Pada kesempatan ini saya akan membuatkan gosip kepada anda semua mengenai  Unduh Gratis Buku Pedoman KIP Kuliah Terbaru 2020




Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan membuatkan gosip kepada anda semua mengenai Buku Pedoman KIP Kuliah Terbaru 2020

Berdasarkan UU No 12/2012 perihal Pendidikan Tinggi, Pemerintah Indonesia berkewajiban meningkatkan saluran dan kesempatan mencar ilmu di Perguruan Tinggi serta menyiapkan manusia Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

Oleh alasannya itu Pemerintah akan selalu berupaya untuk menjamin, bahwa anak Indonesia yang kurang bisa terutama yang mempunyai prestasi akan sanggup terus menempuh pendidikan sampai jenjang kuliah melalui Program Indonesia Pintar (PIP).

PIP ialah sumbangan berupa uang tunai, ekspansi akses, dan kesempatan mencar ilmu dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

Hal ini menjadi dasar komitmen pemerintah yang menempatkan saluran pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat sebagai salah satu prioritas pembangunan.

PIP diperuntukkan bagi mahasiswa yang diterima di Perguruan Tinggi termasuk penyandang disabilitas dengan prioritas sasaran mahasiswa pemegang KIP, mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus, mahasiswa afirmasi (papua dan papua barat serta 3T dan TKI) serta mahasiswa terkena peristiwa atau kondisi khusus.

Baca Juga : Buku Pedoman Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah kejuruan Terbaru

Melalui PIP di tahun 2020, pemerintah memperlihatkan sumbangan pendidikan bagi mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi termasuk penyandang disabilitas dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah sebagai bukti kehadiran negara untuk membantu warganya memperoleh hak pendidikan tinggi.

KIP Kuliah akan menjamin keberlangsungan kuliah dengan memperlihatkan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan sumbangan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi dan akademik.

KIP Kuliah bagi mahasiswa Afirmasi akan diatur dengan fatwa dan ketentuan tersendiri.

Persyaratan Penerimaan KIP Kuliah
  1. Penerima KIP Kuliah ialah siswa Sekolah Menengan Atas atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya;
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi mempunyai keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan agenda sumbangan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) serta mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.

Dalam hal mahasiswa belum mempunyai KIP atau orang tua/wali belum mempunyai KKS, maka sanggup tetap mendaftar untuk mendapat KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak bisa secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor adonan orang tua/wali sebesar Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor adonan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Persyaratan Penerimaan KIP Kuliah
  1. Pembebasan biaya registrasi seleksi masuk perguruan tinggi (Ujian Tulis Berbasis Komputer-UTBK serta seleksi lain) yang diusulkan oleh masingmasing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos);
  2. Pembebasan biaya kuliah/pendidikan yang dibayarkan pribadi ke perguruan tinggi;
  3. Bantuan biaya hidup sebesar Rp. 700.000,00 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan

Pendaftaran KIP Kuliah

Tata cara registrasi KIP Kuliah untuk seluruh jalur masuk (SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, UMPN dan Mandiri) dilakukan secara online melalui laman KIP Kuliah yaitu kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Baca Juga : Buku Pedoman KEPAK Sekolah Menengan Atas Terbaru

Pendaftaran juga sanggup dilakukan secara mobile dengan terlebih dahulu mengunduh dan melaksanakan instalasi KIP Kuliah mobile apps berbasis android di Play Store.

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah
  1. Siswa sanggup pribadi melaksanakan registrasi secara berdikari di sistem online KIP Kuliah melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps yang sanggup diunduh di Play Store;
  2. Pada ketika pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif;
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melaksanakan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapat KIP Kuliah;
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
  5. Siswa menuntaskan proses registrasi KIP Kuliah dan menentukan proses seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/Mandiri);
  6. Siswa menuntaskan proses registrasi di portal atau sistem gosip seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur yang dipilih;
  7. Bagi calon peserta KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, sanggup dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa peserta KIP Kuliah.

Untuk lebih jelasnya silahkan unduh pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini.


Download Buku Pedoman KIP Kuliah Terbaru 2020
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran gosip Mengenai Buku Pedoman KIP Kuliah Terbaru 2020 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber http://blognazmy.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Unduh Gratis Buku Anutan Kip Kuliah Terbaru 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel