Cara Mengatasi Laptop Atau Android Yang Tidak Dapat Terhubung Ke Wifi

Bagi pengguna gadget berupa laptop ataupun android niscaya pernah bahkan sering mengalami laptop atau hp andoridnya tidak bisa konek atau tersambung ke wifi padahal password yang dimasukan sudah benar. Tidak hanya itu, terkadangpun hotspot wifi yang sudah tersimpan di laptop atau hp android juga susah konek ke wifi dan muncul notifikasi Unable to Connect. Jika tersambung biasanya hanya dengan status Limited atau No Internet Connection.  Hal tersebut niscaya sangat menjengkelkan apabila sedang terburu-buru.

Laptop atau android yang tidak bisa tersambung ke wifi tersebut biasanya hanya akan terjadi dibeberapa kondisi, menyerupai ketika laptop sehabis sleep atau android sehabis memakai mode terbang tapi bisa juga sehabis kita disconnect dan reconnect tapi malah tidak bisa terhubung ke wifi lagi. Nah, pada kesempatan kali ini akan kita bahas cara mengatasi laptop atau android yang tidak bisa terhubung ke wifi.
Bagi pengguna gadget berupa laptop ataupun android niscaya pernah bahkan sering mengalami la Cara Mengatasi Laptop atau Android yang Tidak Bisa Terhubung ke WiFi
Pada topik yang aku bahas ini aku mengartikan wifi sebagai AP (Akses Poin) yang sanggup berupa MiFi atau Wireless AP/Router. Saya tidak menyinggung ihwal tethering via gadget android atau iphone lantaran sangat jarang persoalan wifi yang tidak sapat terhubung terjadi ketika memakai gadget tersebut sebagai media tethering.

Laptop atau android yang tidak bisa terhubung ke wifi sanggup disebabkan lantaran beberapa faktor, diantaranya :
  • Perangkat gadget atau AP wifi error
  • Perangkat kita terblokir atau sudah penuh
  • Hardware bermasalah atau terganggu 
  • Frekuensi yang dipakai tidak kompatibel 
  • Hardware wifi sedang dipakai oleh proses atau kegiatan lain 
Dari kemungkinan  penyebab laptop atau android yang tidak bisa tersambung ke wifi tersebut akan aku jelaskan cara mengatasinya. Sebelum itu pastikan kita mempunyai hak atau sanggup mengubah pengaturan atau letak wifi tersebut lantaran ada beberapa cara dimana kita harus sedikit mengubah pengaturan dan letak wifi.


Pastikan WiFi Tidak Digunakan Aplikasi Lain

Untuk pengguna Windows 10 dan Android niscaya sudah tidak absurd dengan fitur hotspot dan aplikasi file sharing Shareit. Bahkan di Windows terdapat softaware yang menyediakan fitur menciptakan hotspot di Notebook.

Bagi pengguna gadget berupa laptop ataupun android niscaya pernah bahkan sering mengalami la Cara Mengatasi Laptop atau Android yang Tidak Bisa Terhubung ke WiFi

Nah, apabila kita mempunyai kedua aplikasi ini bisa kita coba pastikan terlebih dahulu bahwa kita tidak menjalankannya. Wifi tidak akan bisa dipakai ketika kita menghidupkan hotspot atau sedang menjalankan aplikasi Shareit di Android.

Pastikan juga kita tidak sedang pada Mode Aman atau Safe Mode, lantaran dibebrapa versi Android kita tidak bisa memakai internet ketika memakai mode aman.

Restart Perangkat yang Tidak Bisa Terhubung ke WiFi

Kemudian jikalau kita tidak mempunyai kedua aplikasi yang aku sebutkan sebelumnya, cara termudah dan pemecahan persoalan paling awal yakni mencoba merestart gadget kita. Dengan melaksanakan restart diperlukan software driver sanggup ter-refresh kondisinya sehingga memastikan hardware tidak malfungsi. 
[post_ads_2]
Hal ini paling sering aku alami ketika memakai notebook dengan OS Windows 10. Wifi sanggup terdeteksi namun sinyalnya rendah padahal hanya berjarak 3 meter dari AP. Namun sehabis restart kondisinya sesuai (sinyal full bar) dan eksklusif sanggup terhubung.

Untuk cara restartnya cukup matikan power wifi, kemudian cabut kabel power atau baterai dan tunggu sekitar 1-5 menit. Setelah itu kembalikan menyerupai semula dan tinggal kita hidupkan.

Restart Perangkat Wireless AP/Router atau MiFi

Jika cara restart yang pertama belum menuntaskan persoalan maka coba juga untuk merestart AP atau MiFi yang kita gunakan. Dengan kata lain kita merestart kedua perangkat. Jika tidak ada gangguan secara hardware atau kondisi khusus lain, seharusnya metode restart ini bisa eksklusif mengatasi gangguan gadget kita yang sulit tersambung ke wifi.

Untuk cara restartnya sama menyerupai sebelumnya, cukup matikan power gadget, bila memunginkan caput baterai dan tunggu sekitar 1-5 menit. Setelah itu kembalikan menyerupai semula dan tinggal kita hidupkan kembali. Cara restart ini sangat efektif juga jikalau wifi yang kita sambung sering mengalami Limited Connection atau No Internet Access.

Sambung Ulang WiFi

Jika kita sudah pernah login ke wifi tersebut bisa kita coba untuk mengapusnya terlebih dahulu dari list wifi yang dikenal. Biasanya terdapat sajian Lupakan Jaringan atau Forget Network untuk menghapusnya dari list.

Setelah itu coba kita sambungkan lagi dan memasukan password kembali. Ini salah satu cara mengatasi laptop atau android yang tidak bisa terhubung ke wifi yang paling sering aku gunakan sebelum melaksanakan restart.

Pastikan Perangkat WiFi Bebas Gangguan 

Gangguan yang aku maksud disini yakni gangguan umum menyerupai interferensi, halangan benda hidup, atau gangguan elektrik. Seperti yang kita tahu bahwa gelombang radio sangat rentan dengan faktor tersebut.

Dari poin ini pastikan biar AP tidak akrab dengan Microwave yang sedang digunakan. Tempatkan Ap pada daerah yang tidak bersebalahan dengan flora atau dengan barang elektorinik yang memakai sinyal menyerupai radio.

Selain itu gangguan juga bisa berasal dari sesama WiFi. Yang mengakibatkan gangguan yakni interferensi channel yang sama sehingga gelombang yang diapncarkan saling bertabrakan. Untuk melihatnya bisa kita cek dengan aplikasi WiFi Analyzer di Android. Akan tampil semua SSID dengan deskripsi channelnya.

Kemudian tinggal kita sesuaikan channelnya ke channel yang dirasa tidak bertabrakan, biasanya yakni channel nomor 1,6,11. Mengubah channel merupakan cara paling efektif untuk menghindari interferensi pada penggunaan wireless.
[post_ads_2]

Pastikan Frekuensi yang Digunakan Kompatibel

Jika perangkat WiFi yang kita gunakan ternyata baru, pernah diseting ualng atau kita belum pernah tersambung sebelumnya ada kemungkinan WiFi yang disebarkan tidak kompatibel dengan gadget atau notebook yang kita gunakan.

Ketidak cocokan tersebut bisa disebabkan lantaran penggunaan channel yang terlalu rendah atau tinggi sehingga chip WiFi tidak bisa bekerja pada frekuensi tersebut. Sehingga aku sarankan biar mengunakan channel yang tidak terlalu tinggi maupun rendah untuk menghindari ini.

Selain itu bisa juga lantaran penggunaan mode B/G/N/AC yang terdapat pada WiFi. Saya sarankan untuk mode ini bisa menggunakan  G Only, N Only, atau jikalau perangkat kita support frekuensi 5 Ghz AC bisa memakai single 5 Ghz AC dengan mematikan frekuensi 2.4 Ghz nya.

Penglaman yang aku dapatkan ketika dilapangan yakni kebanyakan laptop atau android yang tidak bisa terhubung ke wifi disebabkan penggunaan BGN Mixed yang sering bermasalah, sehingga banyak laptop atau android yang tidak bisa terhubung ke wifi atau login ke sana.

Perangkat Terblokir atau Pengguna Sudah Penuh

Biasanya kita tidak bisa tersambung disebebkan lantaran jumlah pengguna yang tersambung sudah penuh atau maksimal, sehingga kita akan ditolak ketika ingin tersambung ke wifi. Untuk hal ini biasanya sanggup dilihat dari jumlah pengguna. Untuk AP Router yang seharga 500rb kebawah biasanya hanya maksimal untuk sekitar 9 user yang terhubung bersamaan. Cara mengatasi yang satu ini hanya kita mengupgrade atau menambah APnya.
 Bagi pengguna gadget berupa laptop ataupun android niscaya pernah bahkan sering mengalami la Cara Mengatasi Laptop atau Android yang Tidak Bisa Terhubung ke WiFi
Akan tetapi jikalau kita hanya numpang wifi gratisan bisa jadi perangkat kita diblacklist di Routernya. Gamabr diatas merupakan pola pemblokiran wifi. Untuk yang ini ciri-cirinya memang hanya tidak bisa terhubung namun kita masih bisa melihat SSID Wifinya. Jika ini terjadi mungkin kita memang tidak diinginkan untuk menikmati wifi tersebut dan sudah mutlak laptop atau android yang tidak bisa terhubung ke wifi tersebut sehabis terblokir.

Hubungi Penyedia Internet Terkait

Jika persoalan tersebut belum teratasi dan kita sangat awam maka jalan keluar paling gampang yakni menghubungi ISP yang kita gunakan. Teknisi dari ISP lebih tau dan berpengalaman dari penyebab maslaah yang kita bahas ini namun dengan standar perangkat mereka. Intinya sebanarnya sama tapi jikalau aku tuliskan secara rinci mungkin akan panjang sekali lantaran aku juga pernah bekerja sebagai teknisi di sebuah ISP.

Nah itulah beberapa persoalan yang mengakibatkan laptop atau android tidak bisa terhubung ke wifi. Untuk pemecahanya aku sebutkan sederhana saja biar tidak terlalu panjang. Sehingga jikalau masih gundah atau ada permasalahan lain yang mencurigakan bisa ditanyakan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini jikalau bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop Atau Android Yang Tidak Dapat Terhubung Ke Wifi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel