Cara Mendapat Sitelink Dari Google

Bagaimana cara mendapat sitelink dari Google? Tunggu dulu, masih sering saya mendapati thread perihal tutorial atau cara menciptakan sitelink di Google Webmaster yang muncul di beranda Facebook. Padahal fitur tersebut sudah dihilangkan semenjak beberapa tahun lalu. Kalau tidak salah, 2017 Google hanya menawarkan sitelink kepada situs-situs yang pantas dimata algoritmanya. Dengan kata lain untuk kini ini sitelink hanya diberikan dan ditentukan oleh Google dan kita tidak bisa membuatnya sendiri. Untuk itu kita harus sangat memperhatikan kriteria yag mungkin dipakai pada algoritma untuk memperbesar peluang mendapat sitelink tersebut.
Bagaimana cara mendapat sitelink dari Google Cara Mendapatkan Sitelink dari Google

Apa itu Sitelink?
Sitelink secara garis besar yaitu hasil pencarian dari kata kunci tertentu yang muncul di bawah URL root sebuah domain(home page) namun dengan peletakan khusus dan biasanya masih terkait dengan domain utama. Dengan kata lain sitelik merupakan anak atau kepingan dari hasil kata kunci yang kita cari. Sitelink sanggup saja mengarahkan kita ke sebuah artikel, halaman khusus atau subdomain tertentu. Seperti itu sebab tujuan utama Google menawarkan sitelink kepada situs tertentu untuk mempermudah navigasi situs tersebut dihalaman pencarian Google.

Dari klarifikasi singkat diatas semoga sanggup memberi sedikit pencerahan. Sedangkan panduan ini saya buat menurut pengalaman blogging memakai Blogger dan Wordpress self-hosted selama ini. Maka dari itu nantinya ada beberapa poin yang hanya sanggup dilakukan disalah satu platform yang saya gunakan. Sebenarnya artikel ini yaitu kelanjutan dongeng dari Optimasi SEO Off Page yang sempat saya bahas. Bisa dikatakan juga sebab optimasinya lancar dan trafik yang masuk juga naik sehingga menambah peluang untuk domain gres ini cepat mendapat sitelink.

.com ini saya daftarkan pada pertengahan Septembar 2017 (bisa dilihat melalui WHOIS) dan mulai aktif posting di pertengahan Oktober. Tidak disangka ternyata sanggup mendapat sitelink hanya dalam waktu 3 bulan dan hal yang menciptakan menarik yaitu artikel yang saya posting belum genap ada 20 artikel. Lebih jago lagi mungkin domain yang saya kelola untuk e-commerce Gisa Craft yang sanggup mendapat sitelink hanya dalam 1 bulan. Namun walaupun lebih cepat, sitelink yang didapatkan Gisa Craft lebih banyak dan lebih stabil dibandingkan .com.

Saya rasa itu masuk akal saja sebab efek perbedaan platform yang digunakan, perbandingan jumlah artikel, trafik organik dan jumlah view per kunjungan juga berbeda jauh.

Bagaimana cara mendapat sitelink dari Google Cara Mendapatkan Sitelink dari Google


Terlihat perbedaannya, dimana Gisa Craft lebih condong mendapat sitelink yang benar-benar merupakan sajian navigasi di dalam situsnya. Sedangkan .com mendapat sitelink yang berupa navigasi dan artikel. Ini sangat masuk akal sebab kita tidak sanggup memilih mana yang akan tampil sebagai sitelink dan algoritma Google yang menentukannya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sitelink dari Google? 
Langsung saja kita bahas satu persatu praktik yang sudah saya lakukan untuk mendapat sitelink dalam waktu yang sanggup dibilang singkat ini. Sebagai catatan, saya tidak menawarkan jaminan panduan ini akan menawarkan hasil yang sesuai sebab disini saya hanya menganalisa peluang mana yang sanggup dimaksimalkan untuk mendapat sitelink.

Panduan cara mendapat sitelink yang akan saya berikan akan dibagi menjadi 4 kepingan dengan klarifikasi ditiap bagian.

Maksimalkan Identitas Domain dan Branding

Kunci sekaligus cara mendapat sitelink yang pertama adalah  memperbesar peluang menduduki peringkat 1 di  Google dengan memanfatkan domain dan branding. Domain yang saya maksud yaitu alamat situs atau blog yang kita kelola, sedangan branding disini yaitu nama dari situs tersebut.

Sepengetahuan saya, sitelink hanya muncul dibawah URL home page situs pada hasil pencarian dengan kata kunci nama dari situs tersebut dan harus berada di posisi pertama. Dengan begitu haruslah kita berusaha memperbesar peluang menjadi nomor 1 dengan memakai kata kunci nama blog atau situs kita meskipun memakai domain baru. Untuk memaksilamkan pecncarian dengan kata kunci nama situs kita yaitu dengan menggunakan domain dan nama situs yang unik sekaligus relevan pada situs yang kita kelola.Dengan memakai nama dan domain situs yang unik maka kita akan memper besar peluang menduduki nomor 1 di hasil pencarian.

Contohnya yaitu branding yang saya miliki dengan domain redpedia.com, nama situs dan domainnya tidak bebeda. Begitu pula pada hasil pencarian Google, persaingan dengan kata kunci "redpedia" masih terbilang sedikit dan yang memakai nama tersebut kebanyakan hanyalah pengguna situs bukan nama sebuah situs.

Pada poin ini yang paling saya tegaskan yaitu maksimalkan branding kita sehingga menjadi urutan pertama dimesin pencari dengan kata kunci sesuai branding yang kita miliki. Karena menjadi nomor 1 di mesin pencari yaitu syarat pokok biar kita sanggup mendapat sitelink.

Perbaiki Optimasi SEO On Page

Pada poin ini saya memaksimalkan beberapa kepingan dari SEO On Page. Karena ini bekerjasama dengan SEO maka sanggup dibilang susah-susah praktis dan membutuhkan kesabaran. Sebenarnya meningkatkan secara optimal seo on page ini lebih condong untuk merapikan kalimat deskripsi yang muncul pada sitelink. Dengan kata lain kita akan memaksimalkan bagian-bagian penting pada website biar praktis dikenali robot.

Gunakan Template Terstruktur
Menggunakan template dengan struktur yang terang tentu akan mempermudah robot melaksanakan perayappan di situs kita. Dengan begitu robot akan dengan praktis mengenali bagian-bagian penting yang ada di situs.

Bagaimana cara mendapat sitelink dari Google Cara Mendapatkan Sitelink dari Google

Struktur yang saya maksud yaitu template tersebut mempunyai deskripsi atau tag khusus yang sanggup memberitahu robot perihal identitas suatu halaman, misalnya menyerupai gambar diatas. Struktur suatu template sanggup kita lihat dengan Alat Uji Coba Data Terstruktur dari Google. Disana akan ditampilkan ada apa saja tag struktur yang dimiliki tempalte tersebut. Jika template yang kita gunakan memilikiya maka struktur yang ada sanggup kita lihat melalui Webmaster > Tampilan Penelusuran > Data Terstruktur.

Maksimalkan Penggunaan Meta Deskripsi
Meta deskripsi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Ini sebab meta deskripsi yang akan muncul sebagai keterangan deskripsi di hasil pencarian mesin pencari dan membantu robot mencocokan dengan kata kunci yang dicari. Dengan proteksi meta deskripsi juga nantinya sitelink yang muncul akan lebih rapi kesannya dan bukan paragraf pertama dari artikel. Biasanya meta deskripsi yang akan muncul dibagian bawah judul sitelink.

Untuk platform Blogger meta deskripsi pada postingan dan halaman sanggup diatur pada kepingan Pengaturan > Preferensi Penelusuran > Deskripsi.

Gunakan Google Webmaster Tool
Webmaster Google mempunyai opsi Data Highlighter yang sanggup membantu kita mengoptimalkan struktur suatu situs meskipun template yang kita gunakan kemungkinan tidak mendukungnya. Gunakan tool ini untuk membedah struktur halaman situs sesuai dengan jenis kontennya.

Selain Data Highlighter gunakan juga opsi penambahan Sitemap dan Indexing (Ambil sebagai Google). Tool tersebut membantu mempercepat artikel kita terindex di Google. Jika kita memakai Wordpress maka pada kepingan Sitemap kita sanggup membedakan antara submit artikel dengan halaman yang kita miliki.

Inti dari kedua tool tersebut yaitu memastikan biar Google mengindex semua halaman maupun artikel yang kita publikasikan. Namun ingat, jikalau memakai file robot.txt maka pastikan biar bot di ijinkan untuk mengakses konten yang kita submit tadi.

Pasang Plugin SEO
Jika memakai Wordpress self-hosting kita sanggup memasang plugin SEO menyerupai Yoast SEO. Usahakan artikel atau halaman yang dipublikasikan mempunyai skor Readability dan SEO berwarna hijau.

Setelah itu centang pada kepingan "This article is cornerstone content" yang mengambarkan bahwa halaman yang akan kita posting ini merupakan halaman penting atau artikel khusus. Pada situs Gisa Craft sendiri halaman kategori produk saya tandai dengan ini dan kesannya muncul sebagai sitelink.

Optimalkan Kualitas Artikel

Secara teori Google menyukai artikel unik dan original. Tidak cukup hanya unik dan original saja, namun juga harus bermanfaat. Ini mungkin salah satu jalan atau  cara mendapat sitelink yang berpeluang besar.

Jika kita mambuat suatu artikel dan trafik organiknya sangat tinggi maka peluang artikel tersebut manjadi sitelink sangatlah besar. Contohnya yaitu artikel perihal VoIP yang ada di redpedia.com yang menjadi kepingan sitelink.

Dengan artikel yang berkualitas tentu pengunjungnya akan semakin betah untuk membaca dan kemungkinan akan menduduki halaman pertama Google. Hal ini saya rasa sanggup menjadi alasan mengapa artikel dengan pengunjung organik tinggi dan bounce rendah berpeluang menjadi sitelink.
Sedangkan untuk halaman yang menjadi sitelink haruslah halaman yang berisi dan berkhasiat bagi pengunjung. Tapi hal ini belum sanggup saya pastikan sebab ada halaman kosong dan dengan deskripsi singkat juga menjadi sitelink di situs saya.

Jadikan Situs atau Blog Menjadi Lebih Mapan

Tambah dan Stabilkan Trafik Organik
Mungkin trafik organik merupakan syarat ke-2 sehabis harus mendapat posisi pertama untuk mempunyai sitelink pada hasil pencarian situs kita. Saya pikir 11-12 sama menyerupai untuk mendpatkan matched content pada Adsense. Dengan kata lain cara mendapat sitelink tidak berbeda jauh jalannya menyerupai mendapat mathced content Adsense. Untuk melihat trafik secara akurat saya sarankan memakai Google Analytic.

Bagaimana cara mendapat sitelink dari Google Cara Mendapatkan Sitelink dari Google

Seperti yang saya sampaikan diawal, Gisa Craft mendapat sitleink hanya dalam waktu 1 bulan. Sedangkan trafiknya sendiri berasal dari Instagram dan Organik (Direct & Pencarian). Perhari PV yang didapat sekitar 400, untuk page per sesi rata-rata 7 halaman dengan rata-rata durasi 9 menit per kunjungan. Bounce rate yang didapat pun sangat bagus, yaitu 29%. Saya berikan sampel menyerupai itu biar sanggup menjadi bayangan sekaligus sasaran untuk memperbesar peluang mendapat sitelink.

Posting Artikel Terjadwal
Menjadwalkan update artikel juga sangat penting untuk membantu kesetabilan trafik pada situs. Perbesar peluang mendapat trafik organik dengan menciptakan artikel yang up to date atau yang gres trending.

Saya sendiri menjadwalkan untuk update artikel paling tidak 1 artikel perminggu. Walaupun masih sering 'bolong' paling tidak masih ada artikel yang up to date dan sanggup menawarkan bantuan pengunjung organik.

Nah itulah panduan cara mendapat sitelink dari Google yang sanggup saya berikan. Semua yang saya tulis diatas sudah saya praktikan dan sudah terbukti. Tapi tetap saja saya tidak menawarkan jaminan akan berhasil sebab sudah saya katakan panduan ini mungkin hanya akan memperbesar peluang mendapat sitelink dengan waktu yang singkat.

Jika masih resah atau terdapat hal yang mengganjal perihal artikel cara mendapat sitelink ini sanggup kita diskusikan lewat kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini dan suscribe untuk mendapat update terbaru dari saya. Terimakasih dan semoga bermanfaat !

Belum ada Komentar untuk "Cara Mendapat Sitelink Dari Google"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel