Berkreasi Menciptakan Game Android Dengan Corona Sdk

Saat ini, di Playstore, tersedia bermacam-macam game unik dan menarik. Mulai dari game yang dibentuk oleh developer yang terkenal sampai yang kurang terkenal. Nah, jika ingin mencoba game android, kita sanggup menciptakan game dengan software Corona SDK (Software Development Kit). Sebagai informasi, dilansir dari situs bussinessofapps.com, Corona SDK menjadi software yang dipakai lebih dari 150.000 developer untuk menciptakan game android. Dengan kata lain, menjadi salah satu pembuat game android yang cukup populer.

Lalu, menyerupai apa software tersebut? Dan juga, apakah sulit memakai software ini terlebih bagi yang belum begitu mengenal seluk beluk programming?


Gambar 1. Corona SDK yang Menggunakan Bahasa Pemrograman Lua

Ditinjau dari bahasa pemrograman, Corona SDK memakai bahasa pemrograman Lua. Bagi yang mempunyai latar belakang pendidikan IT, tentunya sanggup memakai bahasa tersebut, Nah, bagi programmer pemula, biar sanggup memakai Corona SDK, tentunya mesti menguasai dasar-dasar pemrograman terlebih dahulu Misalnya, For-Next, IF-Then, jenis-jenis data, pengolahan data, dan sebagainya. Materi dasar-dasar pemrograman sanggup kita cari via internet. Tersedia juga bermacam-macam buku mengenai dasar-dasar pemrograman di pasaran. Setelah cukup menguasai dasar-dasar pemrograman, sanggup memulai menulis skrip dengan bahasa Lua.

Seperti halnya software pembuat game android umumnya, Corona SDK menyediakan sejenis simulator layar Android. Simulator ini menjalankan skrip pemrograman yang kita tulis. Dibandingkan Android Studio yang merupakan software resmi untuk menciptakan aplikasi android, kita tak membutuhkan RAM yang besar untuk menjalankan simulator tersebut. RAM yang diperlukan untuk menjalankannya ialah 1 GB. Sedangkan Android Studio membutuhkan RAM minimal 4 GB untuk menjalankan simulator tersebut.


Gambar 2. Simulator Corona SDK

Nah, jika kita merasa yakin game karya kita begitu menarik, kita sanggup menambahkan iklan pada game. Agar iklan muncul pada game, kita tambahkan skrip khusus pada pemrograman. Tutorial menambahkan skrip iklan sanggup kita cari di situs resmi corona, ialah coronalabs.com. Karena Playstore menjadi sumber resmi aplikasi-aplikasi android termasuk game, kita masukkan game karya kita ke dalam Playstore. Hanya saja, kita mesti membayar 30$ terlebih dahulu via kartu kredit untuk menciptakan akun di Playstore. Kita hanya cukup membayarnya selama sekali.

Terkait karakter-karakter dalam game, kita tak perlu repot-repot membuatnya. Kita sanggup mencari huruf tersebut via internet. Beberapa situs internet menyediakan huruf tersebut secara gratis. Salah satunya ialah situs opengameart.com


Gambar 3. Situs opengameart.com

Kesimpulannya, Corona SDK sanggup menjadi alternatif bagi programmer pemula untuk menciptakan game komersial android. Selain itu, dengan mengasah kemahiran memakai Corona SDK dan terus mengasah kreativitas menciptakan game, tak tertutup kemungkinan akan menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tak sedikit. Nah, tertarik mempelajari memakai Corona SDK untuk menciptakan game? Bila ya, selamat berkarya menciptakan game…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. https://www.businessofapps.com/app-development-tools/corona-labs-in
2. https://coronalabs.com/corona-sdk
3. https://coronalabs.com/
4. https://developer.android.com/studio/index.html

Sumber Gambar:
1. Gambar Milik Pribadi
2. Gambar Milik Pribadi
3. Screen shot dari https://opengameart.org/art-search?keys=plane
Sumber https://sentralandroid.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Berkreasi Menciptakan Game Android Dengan Corona Sdk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel