Soal Usbn Sejarah Sma 2020 Dan Jawabannya




Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info untuk adik-adik semua yang duduk di kursi sekolah Atas (SMA/MA) yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Sekolah (UAS/USBN). Kali ini Mas Nazmi ingin menyebarkan infirmasi mengenai Contoh Soal USBN Sejarah Sekolah Menengan Atas 2020 dan Jawabannya

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) ialah kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan untuk memperoleh legalisasi atas prestasi belajar.

 Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info untuk adik Soal USBN Sejarah Sekolah Menengan Atas 2020 dan Jawabannya

Contoh Soal US (USBN) Sejarah SMA/MA/SMK Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2019/2020

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sama saja dengan Ujian Sekolah, yang membedakannya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berstandar nasional sedangkan Ujian Sekolah berstandar satuan pendidikan (sekolah).

Kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sudah dilaksanakan semenjak tahun kemudian tetapi hanya 3 (tiga) mata pelajaran yaitu Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Kewarganegaraan dan KKPI (untuk jenjang SMK) sedangkan mata pelajaran lain masuk Ujian Sekolah. Tahun ini semua mata pelajaran masuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Apa bedanya UN dan USBN. Soal UN dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menurut kisi-kisi yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Sedangkan Saoal USBN dibuat oleh guru-guru sekolah. Para guru tersebut tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan juga Kelompok Kerja Guru (KKG). Guru dari sekolah masing-masing tersebut menciptakan soal dari standar kisi-kisi yang sudah disusun oleh BSNP dan juga Kemendikbud.

Untuk Contoh Soal US (USBN) Antropologi Sekolah Menengan Atas Tahun 2019/2020. Soal US (UAS/USBN) ini bisa anda gunaka sebagai tumpuan dalam berguru untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Sekolah (UAS/USBN) Tahun Pelajaran 2019/2020.

Latihan Soal US (USBN) Sejarah Sekolah Menengan Atas Tahun 2020

1. Dalam sejarah Indonesia kita mengenal pembabakan zaman praaksara, zaman Hindu-Buddha dan zaman Islam. Pengelompokkan atau pembabakan peristiwa-peristiwa masa lampau yang sangat panjang menjadi beberapa zaman disebut ....
A. kronik
B. kronologi
C. anakronis
D. kontinuitas
E. periodisasi

2. Setiap cabang ilmu pengetahuan mempunyai obyek-obyek yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Walaupun demikian, banyak ilmu pengetahuan yang mempunyai obyek penelitiannya perihal insan dengan pemfokusan dan sudut pandang yang berbeda-beda. Sedangkan obyek yang dipelajari dalam ilmu sejarah ialah insan dan masyarakat....
A. Dalam sudut pandang ekonomi.
B. yang melaksanakan insiden besar
C. dalamwaktu yang relatif lama
D. dalam sudut pandang tempat.
E. yang hidup pada masa lampau

3. Pengkajian sebuah tanda-tanda sosial dengan menekankan kepada aturan kausalitas (sebab-akibat) meliputi, latar-belakang sebuah peristiwa, sebab-sebab, proses terjadi insiden hingga dengan akibat-akibat yang ditimbulkan secara memanjang dan berdimensi waktu, merupakan bentuk pengkajian yang bersifat ....
A. dinamis
B. statis
C. struktural
D. sinkronis
E. diakronis

4. Sejarah itu bersifat saling keterkaitan dari insiden yang satu dengan insiden yang lain atau dikenal dengan diakronis, sedangkan ilmu-ilmu sosial lain bersifat sinkronis yaitu ...
A. melebar dalam ruang
B. menyempit dalam ruang
C. memanjang dalam waktu
D. terbatas pada ruang dan waktu
E. tidak mempunyai batasan dalam waktu

5. Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI dilaksanakan di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta. Tempat atau tempat terjadinya insiden tersebut, dalam konsep ilmu sejarah dikenal dengan dimensi ....
A. ruang
B. waktu
C. manusia
D. kronologi
E. dinamika

6. Sejarah merupakan rekaman kreasi jiwa insan yang terus menerus berproses dan berinteraksi dengan ruang dan waktu tertentu. Oleh lantaran itu, pada setiap penulisan karya sejarah, disamping membahas bagaimana (how) insiden sejarah terjadi, sejarawan juga mengkaji perihal ....
A. who (Siapa), When (Kapan) dan Where (Dimana)
B. why (Mengapa), Where (Dimana), What (Apa)
C. who (Siapa), Why (Mengapa), dan When (Kapan)
D. when (Kapan), Where (Dimana) dan What (Apa)
E. why (Mengapa), When (Kapan) dan Where (Kapan)

7. Sejarah sebagai suatu kisah, ilmu sejarah memerlukan suatu metode untuk mengolah fakta menjadi dongeng sejarah, fakta menjadi dongeng sejarah. Metode tersebut salah satunya ialah heuristik yaitu ….
A. mengkaji sumber sejarah yang digunakan
B. menganalisis sumber-sumber sejarah
C. memanfaatkan sumber sejarah-sumber sejarah
D. mencari dan menghimpun sumber sejarah
E. menggali dan memilah-milah sumber sejarah

8. Perhatikan pernyataan berikut ini :
(1) Mencari sumber masakan yang tersedia
(2) Goa sebagai tempat tinggal
(3) Hidupnya masih berpindah-pindah
(4) Sudah ditemukan bukti tertulis

Yang menjadi ciri-ciri kehidupan insan praaksara pada masa berburu dan maramu masakan tingkat awal (paleolithikum) ialah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (3)
E. (3) dan (4)

9. Para pedagang dari Arab tiba ke nusantara tidak hanya bertransaksi dengan pedagang pribumi, tetapi juga dengan pedagang Hindu dan Cina yang juga berdagang di Indonesia. Tujuan mereka sama yaitu mencari rempah-rempah yang pada dikala itu menjadi komoditi utama yang sangat popular. Kedatangan pedagang Arab tersebut ditandai dengan ….
A. munculnya perkampungan Arab di sekitar pelabuhan
B. munculnya pasar disekitar pelabuhan tradisional
C. munculnya kampung-kampung disekitar pelabuhan
D. munculnya hunian-hunian gres disekitar pelabuhan
E. berkembangnya jasa transportasi darat dan laut

10. Perhatikan gambar di bawah ini :
(1) peralatan dari tulang
(2) Kehidupan di gua
(3) Gambar tapak tangan di dinding gua
(4) Kapak kerikil bergerigi

Yang merupakan hasil budaya masa mesolithikum ditandai pada nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

11. Kehidupan masyarakat prasejarah masa perundagian sudah sanggup dikatakan lebih maju dibandingkan dari kehidupan masyarakat prasejarah masa sebelumnya lantaran masyarakat perundagian sudah ….
A. menerapkan sistem pertanian ladang
B. memahami cara mengolah makanan
C. mengenal organisasi dalam masyarakat
D. mengenal kebudayaan perunggu dan besi
E. memakai hari dan sistim penanggalan

12. Perkembangan agama dan budaya Hindu-Buddha di Indonesia telah menimbulkan terjadinya beberapa perubahan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Berikut ini yang merupakan perubahan kehidupan masyrakat setelah masuknya kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia dalam bidang budaya ialah ....
A. terjadi proses akulturasi di bidang kepercayaan
B. adanya sistem ekonomi uang dalam perdagangan
C. berubahnya food gathering menjadi food producing
D. diberlakukannya sistem pemerintahan kerajaan
E. dibatasinya kekuasaan raja dalam pemerintahan

13. Islam masuk ke Indonesia masuk pada awalnya dibawa oleh para pedagang atau saudagar dari Arab, India, dan Persia. Kemudian pedagang tersebut berbaur dengan orang Jawa, Melayu, Sunda dan suku bangsa lainnya dan tinggal dan menetap di wilayah tersebut. Oleh lantaran itu maka masyarakat gampang mendapatkan masuknya agama dan budaya Islam. Hal ini mengambarkan Islam masuk ke Indonesia melalui ....
A. perkawinan
B. penjajahan
C. pendudukan
D. pemaksaan
E. penyiaran

14. Perhatikan gambar dibawah ini :
Ilustrasi citra kehidupan sosial dengan system kasta pada masyarakat Hindu di Bali

Berdasarkan gambar diatas sanggup kita simpulkan perihal kehidupan sosial pada masa Hindu ialah ….
A. raja sebagai penguasa atas system pemeritahan
B. ningrat sebagai penguasa atas lahan-lahan pertanian
C. berkembangnya system kasta di masyarakat
D. pemangku etika sebagai tokoh masyarakat yang disegani
E. sebagai panglima perang yang ditakuti anak buahnya

15. Pada dikala kerajaan Mataram kuno dibawah pimpinan raja Balitung, kegiatan perhubungan dan perdagangan dikembangkan melalui Sungai Bengawan Solo. PadaPrasastiWonogiri(903) bahwa desa-desa yang terletak dikanan-kiri sungai dibebaskan dari pajak dengan tujuan .....
A. tetap menjamin kelancaran lalu-lintas perdagangan lewatsungai.
B. membuka lahan-lahan pertanian di sepanjang aliran sungai
C. membangun pelabuhan-pelabuhan disepanjang sungai
D. terbentuknya pasar-pasar sebagai pusat aktifitas ekonomi rakyat
E. mengembangkan pusat kebudayaan disepanjang sungai

16. Pengaruh budaya Hindu dari India mengakibatkan Kutai yang semula merupakan kelompok masyarakat yang berbentuk suku bermetamorfosis kerajaan. Namun demikian pada masa raja Kudungga dianggap belum menerima imbas budaya dari India. Hal ini didasarkan atas ....
A. Kudungga Pemimpin Adat
B. Kudungga nama orisinil pribumi
C. Kudungga nama tempat asli
D. Kudungga nama istana di Kutai
E. Kudungga nama pura di Kutai

17. Masuknya budaya India ke Indonesia berjalan secara hening sehingga bisa memperkaya budaya bangsa kita, serta besar lengan berkuasa di aneka macam bidang kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satu pola imbas tersebut di bidang agama ialah …
A. munculnya tradisi tulisan, seni bangunan, dan seni sastra
B. tumbuh dan berkembangnya agama hindu dan agama budha
C. berubahnya sistem pemerintahan kesukuan ke kerajaan
D. berkembangnya sistem perdagangan dan pelayaran
E. munculnya stratifikasi dalam kehidupan masyarakat

18. Sejak terputusnya kekerabatan perdagangan antara Eropa dengan Timur Tengah, bangsa-bangsa Barat berlomba-lomba mencari dunia Timur khususnya ke nusantara. Dilihat dari segi politik pencarian ke dunia Timur tersebut antara lain bertujuan untuk....
A. menaklukkan raja-raja lokal di nusantara
B. melaksanakan misi suci agama nasrani
C. melaksanakan perdagangan monopoli
D. menanam ivestasi untuk perkebunan
E. mewujudkan semboyannya yaitu gold

19. Suwardi Suryaningrat yang lebih dikenal Ki Hajar Dewantara ialah tokoh nasional yang berkontribusi sangat besar dalam mencapai dan mengisi kemerdekaan. Pada masa pergerakan nasional tokoh “tiga serangkai” ini berani mengkritik kebijakan pemerintah kolonial Belanda yang absolut meskipun pada hasilnya dia mengalami nasib dalam pembuangan. Sepulang dari negeri Belanda pada tahun 1922 dia tidak melaksanakan perlawanan politik melainkan berjuang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mendirikan forum pendidikan yaitu .…
A. Perguruan Trikoro Darmo
B. Perguruan Pondok Pesantren
C. Perguruan Taman Siswa
D. Peguruan Nadatul Ulama
E. Perguruan Muhammadyah

20. NU dan Muhammadyah merupakan organisasi massa yang tidak gila lagi bagi masyarakat Indonesia. Keanggotaan NU secara umum berbasis masyarakat pedesaan, sedangkan Muhammadyah berbasis masyarakat perkotaan. Pada masa pergerakan nasional kedua organisasi ini mempunyai persamaan dalam aktifitas pergerakan yaitu ....
A. corak pergerakan bersifat sosial politik
B. untuk mendukung pemerintah kolonial
C. bergerak di bidang politik dan keagamaan
D. bergerak di bidang sosial keagamaan
E. berani menentang kebijakan pemerintah

21. Dampak adanya infiltrasi (penyusupan) dari tokoh-tokoh ISDV, Sarekat Islam (SI) pecah menjadi dua, yaitu SI Merah berpusat di Semarang, dan SI Putih berpusat di Yogyakarta. Perbedaan kedua SI tersebut, kalau dilihat dari ideologi organisasi ialah ...
A. SI Merah berideologi Islam, dan SI Putih berideologi komunis
B. SI Merah berideologi komunis, dan SI Putih berideologi Islam.
C. SI Merah berideologi Islam, dan SI Putih berideologi liberal
D. SI Merah berideologi komunis, dan SI Putih berideologi liberal
E. SI Merah berideologi sosialis, dan SI Putih berideologi Islam

22. Strategi usaha bangsa Indonesia melawan kolonial Belanda terdapat perbedaan sebelum dan sehabis tahun 1908 (Budi Utomo). Jika sebelum tahun 1908 bangsa Indonesia memakai taktik usaha konfrontasi, maka sehabis tahun 1908 taktik perjuangannya telah mengalami perubahan antara lain yaitu ... .
A. dipimpin oleh kalangan bangsawan
B. memakai kekuatan senjata
C. memakai media organisasi modern
D. belum adanya koordinasi antar daerah
E. memakai taktik perang gerilya

23. Indische Partij ialah organisasi pergerakan nasional yang didirikan oleh tiga tokoh yang dikenal dengan sebutan tiga serangkai, yaitu Douwes Dekker, Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat. Organisasi ini berdiri pada tahun 1912 dan organisasi ini bersifat politik. Indische Partij memperlihatkan garis politik secara terperinci dan tegas serta menginginkan suatu kesatuan penduduk yang multirasial. Hal ini disebabkan lantaran ….
A. organisasi ini diketuai tokoh yang berpendidikan Belanda
B. Indische Partij menuntut persamaan hak dalam berbangsa
C. Indische Partij dalam perjuangannya bersikap moderat
D. Indische Partij memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
E. berjuang untuk memperbesar imbas pro Hindia Belanda

24. Pada simpulan tahun 1944, keadaan Jepang dalam Perang Pasifik sangat terdesak. Jepang sangat membutuhkan proteksi rakyat Indonesia guna menahan serangan. Dalam keadaan terjepit Jepang memperlihatkan kemerdekaan Birma dan Philipina yang merupakan front terdepan. Sedangkan kepada bangsa Indonesia diberikan kesepakatan kemerdekaan. Posisi Jepang semakin terjepit dan tersiar informasi perihal kekalahan Jepang terhadap Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945. Situasi yang demikian ini dimanfaatkan oleh para tokoh pejuang untuk mewujudkan proklamasi kemerdekaan, usaha yang dilakukan para tokoh nasionalis ialah ….
A. menentukan siapa yang duduk dalam birokrasi pemerintahan
B. menentukan waktu yang sempurna untuk mengumumkan proklamasi
C. menentukan tokoh yang akan menjadi presiden dan wakil presiden
D. menyusun tatanan dalam birokrasi pemerintahan Indonesia
E. mempersiapkan lambang negara Republik Indonesia

25. Pada tanggal 16 Agustus 1945 golongan cowok menculik (mengamankan) Sukarno-Hatta) ke Rengsdengklok. Permasalahan yang mengakibatkan terjadinya insiden tersebut adalah....
A. tempat kemerdekaan itu diproklamasikan
B. siapa yang memproklamasikan kemerdekaan
C. bagaimana proklamasi itu dilakukan
D. cara dan waktu pelaksanaan kemerdekaan
E. alasan dilaksanakanya proklamasi kemerdekaan

26. Bung Tomo ialah seorang agitator yang ulung, mempunyai peranan besar dalam insiden 10 Nopember 1945, peranannya ialah memperabukan semangat rakyat Surabaya dalam hal....
A. upaya mencapai kemerdekaan
B. mengusir masuknya faham liberal
C. mempertahankan kemerdekaan RI
D. memperbaiki kehidupan rakyat
E. memperjuangkan Hotel Yamato

27. Kondisi ekonomi Indonesia pada awal kemerdekaan, keadaan ekonomi Indonesia sangat kacau. Terjadinya inflasi yang sangat parah sebagai akhir mata uang Jepang beredar secara tak terkendali. Dalam usaha mengatasi kesulitan ekonomi tersebut pemerintah melaksanakan ….
A. mencetak mata uang NICA
B. membebaskan rakyat dari pajak
C. melaksanakan pinjaman nasional
D. menarik mata uang negara asing
E. menaikkan suku bunga pinjaman

28. Pada tanggal 19 Desember 1948, Belanda melaksanakan Agresi Militer II dan serangan diarahkan ke kota Yogyakarta sebgai ibukota RI. Agresi ini terjadi lantaran Belanda ingin menduduki lagi wilayah Indonesia. Sebelum pasukan Belanda menduduki Gedung Agung yang merupakan istana presiden dan wakil presiden maka Presiden memerintahkan Mr Syafrudin Prawiranegara untuk membentuk pemerintah darurat di Bukittinggi. Alasan dibentuknya pemerintah darurat tersebut ialah ….
A. supaya presiden dan wakil presiden sanggup menjalankan kiprah sebagai kepala negara
B. supaya aparatur pemerintahan sanggup menjalankan kewajibannya apabila Yogyakarta terkepung
C. kota Yogyakarta tidak memungkinkan lagi untuk menjadi ibukota negara Indonesia
D. apabila tetap di Yogyakarta keselamatan presiden dan wakil presiden tidak terjaga
E. untuk mengisi kekosongan pemerintahan selama Belanda melancarkan agresinya

29. Perhatikan pernyataan berikut !
(1) Berlakunya banyak mata uang pada awal merdeka
(2) Sekutu tiba diboncengi NICA
(3) Blokade ekonomi oleh Belanda
(4) Adanya gerakan separatisme
(5) Infasi yang tinggi
(6) Agresi militer Belanda

Diantara pernyataan tersebut yang mengakibatkan kondisi ekonomi Indonesia awal kemerdekaan tidak stabil adalah….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (6)
E. (3), (4), dan (5)

30. Salah satu upaya dalam mengatasi keburukan ekonomi pada masa Demokrasi Liberal Sumitro Joyohadikusuma menumbuhkan kelas-kelas pengusaha melalui cara....
A. mendorong pengusaha pribumi harus berguru kepada pengusaha gila
B. memberi proteksi pinjaman kredit pengusaha pribumi yang bermodal lemah
C. mengadakan persetujuan finansial ekonomi dengan pemerintah Belanda
D. menasionalisasi de Javasche Bank dan dijadikan Bank Indonesia
E. mengadakan pinjaman nasional dalam jangka waktu 40 tahun

31. Gerakan DI/TII tidak saja terjadi di Jawa Barat, tetapi juga di aneka macam tempat di Indonesia ibarat di Aceh, Jawa Tengah, dan Kalimantan Selatan. Tujuan gerakan ini ialah untuk memisahkan diri dari NKRI. Tindakan gerakan DI/TII ingin mendirikan negara dalam negara ialah bertentangan dengan ….
A. sistem demokrasi liberal yang ditetapkan negara
B. sistem pemerintahan yang ada di Indonesia
C. harapan proklamasi dan dasar negara RI
D. kepribadian bangsa yang menjunjung tinggi kesatuan
E. tujuan awal dari pembentukan negara Indonesia

32. Strategipemerintah supaya tidak mengundang aksi militer dari negara lain maka pada awal merdeka pemerintah membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR). Pembentukan tentara dianggap akan memprovokasi negara lain dan akan menimbulkan permusuhan. Dalam perkembanganya pembentukan tentara dianggap perlu karena....
A. banyak kalangan yang tidak oke pembentukan BKR
B. BKR merupakan penggalan dari tubuh penolong keluarga perang
C. anggota BKR terdiri dari bekas anggota PETA, Haiho, dan laskar
D. pemerintahan yang resmi perlu adanya tentara untuk menjaga keamanan
E. timbulnya bentrokan yang tidak sanggup dihindarkan antara rakyat dan Sekutu yang datang

33. Pada tanggal 18 Agustus 1945 PPKI mengadakan sidang yang menghasilkan keputusan antara lain mengesahkan Undang-Undang Dasar 945. Dalam perkembangannya, pemerintah melaksanakan perubahan sistem kabinet dari presidensiil ke parlementer. Hal ini didasarkan atas keluarnya Maklumat tanggal 14 Nopember 1945. Dari pernyataan tersebut, maka sanggup disimpulkan ....
A. sistem kabinet Parlementer sesuai dengan demokrasi Liberal
B. sistem kabinet Parlementer lebih bisa menampung aspirasi rakyat
C. sistem kabinet presidentil diganti sistem kabinet parlementer yang lebih demokratis
D. pemerintah masih mencari model pemerintahan yang sesuai dengan model pemerintahan internasional
E. terjadi penyimpangan terhadap Undang-Undang Dasar 1945 demi kenyelamatkan bangsa dan negara yang gres berdiri

34. Presiden Soeharto sebagai ketua presedium Kabinet Ampera menuangkan jadwal kerjanya dengan sebutan Pancakrida Kabinet Pembangunan yang salah satu isinya ialah ....
A. stabilitas politik dan ekonomi yang mapan
B. menyusun dan merencanakan Repelita
C. stabilitas nasional yang sehat dan dinamis
D. meluruskan dan melaksanakan politik bebas-aktif
E. menyederhanakan partai politik yang efisien

35. Guna melancarkan jadwal pembangunan, pemerintah Orde Baru merumuskan kebijakan perekonomi melalui Pembangunan Lima Tahun secara periodik untuk tujuan ....
A. meningkatkan neraca perdagangan aktif negara melalui perdagangan multilateral sesama negara yang berkembang.
B. mensejajarkan perekonomian negara melalui kerjasama ekonomi dengan negara yang mempunyai ekonomi maju.
C. melepaskan ketergantungan hutang luar negeri melalui pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki.
D. meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara dengan mengembangkan pembangunan disegala sektor kehidupan masyarakat
E. pemerataan pembangunan ekonomi bangsa dengan menitikberatkan sektor perdagangan sebagai wujud negara kepulauan.

36. Perhatikan pernyataan berikut ini:
(1) Harga-harga barang naik
(2) Pola pemerintahan yang sentralistik
(3) Kebebasan pers sangat terbatas
(4) Anggota MPR diatur dan direkayasa
(5) Kepercayaan luar negeri menurun

Penyebab terjadinya krisis politik di Indonesia pada pertengahan tahun 1977 ialah ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

37. Tragedi “Trisakti” tanggal 12 Mei 1998 yang menewaskan 4 mahasiswa menimbulkan gelombang demonstrasi di seluruh kota Jakarta dengan salah satunya menduduki gedung MPR-DPR. Adapun dampak pendudukan gedung MPR-DPR ialah ....
A. Presiden Soeharto bersedia melaksanakan obrolan dengan kaum demonstran untuk menerima solusi terbaik dalam mengatasi krisis moneter.
B. ABRI mencabut dukungannya terhadap pemerintahan Soeharto dan berbalik memihak mahasiswa supaya situasi sanggup cepat terkendali.
C. Presiden Soeharto mengumumkan negara dalam keadaan darurat politik dengan didudukinya gedung sebagai simbol dewan legislatif rakyat.
D. ketua MPR Harmoko mengultimatum Presiden Soeharto supaya mengundurkan diri tanggal 20 Mei 1998 atau DPR/MPR akan terpaksa menentukan Presiden Baru.
E. Presiden Soeharto menghindar dan pergi ke luar Jakarta dengan memperlihatkan mandat kepada Jenderal Wiranto untuk mengatasi situasi tersebut.

38. Berbicaramengenai tokoh-tokoh reformasi tidak sah rasanya kalau tidak menyebutkan nama Megawati Soekarno Putri yang merupakan simbol dari perlawanan terhadap rezim Orde Baru. Tokoh reformasi ini mempunyai kiprah yang cukup penting yaitu ....
A. penggagas berdirinya partai oposisi dari PDI fersi pemerintah.
B. pemersatu dari unsur PNI yang mendukung reformasi secara total.
C. pengendali para demonstran dari unsur masyarakat yang anarkis.
D. merancang kembali nilai-nilai nasionalisme dan demokrasi.
E. penggagas lahirnya empat pilar kebangsaan sebagai pondasi bangsa.

39. Pemerintahan Presiden B.J. Habibie mengalami krisis kepercayaan dan tuntutan acara reformasi, salah satunya ialah persoalan Dwi Fungsi ABRI.Dwi Fungsi ialah doktrin yang diterapkan oleh pemerintahan orde gres yang menyebutkan bahwa Tentara Nasional Indonesia mempunyai dua tugas, yaitu; pertama, menjaga keamanan dan ketertiban negara, dan kedua, memegang kekuasaan dan mengatur negara. Dwifungsi sekaligus dipakai untuk membenarkan militer dalam meningkatkan pengaruhnya di pemerintahan Indonesia, termasuk kursi di dewan legislatif hanya untuk militer, dan berada di posisi teratas dalam pelayanan publik nasional secara permanen. Doktrin kiprah militer tersebut ternyata menimbulkan dampak negatif antara lain yaitu ... .
A. penyelenggaraan negara didominasi kalangan militer
B. pelaksanaan pemerintahan berjalan secara demokratis
C. fungsi kontrol dewan legislatif terealisasi dengan lebih baik
D. menjadi alat rakyat untuk mengontrol pemerintahan
E. stabilitas keamanan rakyat kurang menerima perhatian

40. Demokrasiera reformasi membuka semua lapisan masyarakat untuk ikut kiprah aktif dalam mengawal jalannya pemerintahan pusat hingga daerah, akan tetapi salah satu penyebab munculnya apatisme masyarakat dalam pilihan pusat atau kepala tempat ialah ....
A. masyarakat mengalami pengekangan aspirasi yang tidak sesuai dengan hati nurani.
B. calon dalam pilihan umum tersebut tidak berkualitas untuk menggambarkan pengembangan diri.
C. perhatian masyarakat bukan pada pemilihan umum tapi untuk pemenuhan kebutuhan pokok.
D. KPUD tidak siap menyelenggarakan pemilihan umum lantaran geografis Indonesia yang terpisah-pisah.
E. pemilihan umum tidak penting bagi kehidupan masyarakat lantaran sarat akan kepentingan golongan.

B. SOAL URAIAN
41. Seorang sejarawan akan melaksanakan penelitian perihal Agresi Militer II, sejarawan tersebut supaya sanggup mengungkap peristiwa-peristiwa yang mendukung penelitian tersebut maka memakai sumber-sumber sejarah. Sebutkan dan jelaskan 3 jenis sumber sejarah!

42. Sebutkan 4 (empat) cirri kehidupan sosial-budaya masyarakat pada Zaman Batu Madya (Mesolithikum) !

43. Tunjukkan 3 perbedaan antara organisasi Budi Utomo dan Indische Partij!

44. Buatkan tabel perbandingan pergolakan DI/TTI Kartosuwiryo dan Andi Azis dilihat dari segi:
A. Tujuan
B. Cara penanggulangan

45. Reformasi ialah gerakan untuk mengubah bentuk atau sikap suatu tatanan, lantaran tatanan tersebut tidak lagi disukai atau tidak sesuai dengan kebutuhan zaman, baik lantaran tidak efisien maupun tidak higienis dan tidak demokratis.
Dari ilustrasi tersebut bagaimana proses lahirnya acara reformasi tahun 1998 di Indonesia dan apa hasil acara reformasi tersebut ?

Download Soal US (USBN) Sejarah Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013

Latihan Soal US (USBN) Sejarah Sekolah Menengan Atas Tahun 2019/2020 yang diambil dari Naskah Soal Asli USBN Sekolah Menengan Atas Mata Pelajaran Sejarah Tahun Sebelumnya. Ingat Soal US (USBN) Sejarah Sekolah Menengan Atas Tahun 2019/2020 ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak bisa bertanggung jawab


Download Soal US (USBN) Sejarah Sekolah Menengan Atas Tahun 2019/2020 dalam proses
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan supaya mendapatkan file yang lengkap dan utuh.

Baca Juga : Soal UN (USBN) Biologi Sekolah Menengan Atas Tahun 20118/2019

Semoga sebaran informasi Mengenai Soal US (USBN) Sejarah Sekolah Menengan Atas Tahun 2019/2020 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber http://blognazmy.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Soal Usbn Sejarah Sma 2020 Dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel