Keuntungan Dan Kekurangan Smartphone Dengan Ram Yang Besar

Perkembangan teknologi smartphone sangat pesat. Salah satu hal terkait perkembangan teknologi smartphone adalah besarnya kapasitas RAM yang disematkan pada smartphone. Saat ini, di pasaran, tersedia bermacam-macam smartphone dengan RAM yang besar. Contohnya, Asus Zenfone 2 dan Lenovo Z2 Plus, yang masing-masing disematkan RAM 4 GB. Lalu, jika kita mempunyai budget berlebih untuk membeli smartphone, apakah kita sebaiknya membeli smartphone ber-RAM besar? Sebelum memutuskan membelinya, alangkah baiknya kita mengetahui kelebihan dan kekurangan smartphone ber-RAM besar. Berikut kekurangan-kekurangan dan keuntungan-keuntungan smartphone dengan RAM yang besar


Gambar 1. Asus ZenFone 2 Smartphone ber-RAM 4 GB

Kekurangan-Kekurangan
RAM yang besar akan bekerja kurang optimal tanpa prosesor yang berinti lebih dari satu. Inilah sebabnya banyak smartphone ber-RAM besar memakai prosesor yang berinti lebih dari satu. Misalnya, memakai prosesor quad-core (empat inti) ataupun octa-core (delapan inti). Nah, jika dibandingkan dengan prosesor berinti satu, proses berinti lebih satu cenderung menciptakan smartphone cepat panas. Sebabnya, dikala smartphone menyala, masing-masing inti prosesor mengeluarkan panas. Nah, lantaran smartphone cepat panas, bisa saja mengganggu kenyamanan memegang smartphone.

Kekurangan kedua smartphone ber-RAM besar adalah boros baterai. Seperti yang sudah disebutkan, RAM yang besar tak akan bekerja optimal tanpa prosesor yang berinti lebih dari satu. Dibandingkan prosesor yang berinti satu, prosesor yang berinti lebih dari satu sangat boros mengkonsumsi daya baterai. Sebabnya, dikala smartphone menyala, masing-masing inti prosesor mengkonsumsi daya baterai yang tak tak sedikit. Semakin banyak jumlah inti prosesor, maka semakin besar daya baterai yang terkuras. Nah, untuk mengatasinya, bawalah selalu powerbank.

Keuntungan-Keuntungan
Smartphone dengan RAM yang besar menunjukkan keunggulan dalam hal ber-multi tasking (mampu menjalankan banyak proses dalam waktu bersamaan dengan lebih baik). Karenanya, meskipun banyak aplikasi yang dijalankan, kinerja masing-masing aplikasi tak akan terhambat Selain itu, meskipun banyak aplikasi yang dijalankan, sistem android tak membutuhkan waktu yang lebih usang untuk membuka aplikasi. Sebagai informasi, pada smartphone ber-RAM kecil, contohnya 512 MB, sistem android biasanya membutuhkan waktu yang lebih usang untuk membuka aplikasi dikala banyak aplikasi yang dijalankan. Selain itu, pada smartphone ber-RAM kecil, kinerja setiap aplikasi pun biasanya menurun jika banyak aplikasi yang dijalankan

Dengan demikian, bagi yang ingin ber-multi tasking, sangat cocok memakai smartphone ber-RAM besar. Selain itu, jika ingin menginstall banyak aplikasi, sangat disarankan juga menentukan smartphone ber-RAM besar. Nah, jika kita hanya menginstall sedikit aplikasi pada smartphone tak perlu membeli smartphone ber-RAM besar. Tentu saja, semoga lebih menghemat isi kantong.

Demikian, laba dan kekurangan mempunyai smartphone dengan RAM yang besar. Dengan mengetahui laba dan kekurangannya, sangat membantu kita apakah sebaiknya membelinya.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://i-cdn.phonearena.com/images/phones/50958-xlarge/ASUS-ZenFone-2-2.jpg
Sumber https://sentralandroid.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Keuntungan Dan Kekurangan Smartphone Dengan Ram Yang Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel