Soal Usbn Sejarah Indonesia Sma 2020 Dan Jawabannya




Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info untuk adik-adik semua yang duduk di dingklik sekolah Atas (SMA/MA) yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Sekolah (UAS/USBN). Kali ini Mas Nazmi ingin menyebarkan infirmasi mengenai Contoh Soal USBN Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas 2020 dan Jawabannya

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) ialah kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan untuk memperoleh pengukuhan atas prestasi belajar.

 Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info untuk adik Soal USBN Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas 2020 dan Jawabannya

Contoh Soal US (USBN) Sejarah Indonesia SMA/MA/SMK Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2019/2020

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sama saja dengan Ujian Sekolah, yang membedakannya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berstandar nasional sedangkan Ujian Sekolah berstandar satuan pendidikan (sekolah).

Kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sudah dilaksanakan semenjak tahun kemudian tetapi hanya 3 (tiga) mata pelajaran yaitu Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Kewarganegaraan dan KKPI (untuk jenjang SMK) sedangkan mata pelajaran lain masuk Ujian Sekolah. Tahun ini semua mata pelajaran masuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Apa bedanya UN dan USBN. Soal UN dibentuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menurut kisi-kisi yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Sedangkan Saoal USBN dibentuk oleh guru-guru sekolah. Para guru tersebut tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan juga Kelompok Kerja Guru (KKG). Guru dari sekolah masing-masing tersebut membuat soal dari standar kisi-kisi yang sudah disusun oleh BSNP dan juga Kemendikbud.

Untuk Contoh Soal US (USBN) Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas Tahun 2019/2020. Soal US (UAS/USBN) ini bisa anda gunaka sebagai referensi dalam berguru untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Sekolah (UAS/USBN) Tahun Pelajaran 2019/2020.

Latihan Soal US (USBN) Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas Tahun 2020

1. Sejarah berasal dari kata syajaratun yang berarti pohon. menurut arti kata pohon tersebut sejarah mempunyai sifat......
A. statis, tumbuh, dan terus berulang setiap periode
B. dinamis, logis dan berhenti pada suatu masa
C. statis, hidup dan berkembang sepanjang masa
D. dinamis, tumbuh, dan berjalan terus sepanjang masa
E. berubah-ubah, tidak pasti, dan berkembang sepanjang masa

2. Peristiwa pada masa lampau sanggup dikategorikan sebagai insiden sejarah apabila bersifat unik. Sifat unik dalam insiden sejarah mempunyai makna......
A. insiden didukung oleh fakta sejarah yang memperlihatkan insiden benar-benar terjadi
B. tidak ada insiden penting lainnya yang terjadi dalam waktu dan lokasi yang sama
C. tidak ada insiden lain yang sama dengan insiden yang terjadi pada waktu itu
D. insiden mempunyai arti penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan
E. insiden mengandung banyak pelajaran bagi masyarakat setempat

3. Sejarah sanggup berperan sebagai seni. Sejarah sebagai seni tidak hanya mempelajari segala yang bergerak dan tampak dipermukaan, tetapi juga mempelajari tentang.....
A. imajinasi yang memudahkan pelaku sejarah merekam insiden bersejarah
B. imajinasi yang memunculkan ingatan sejarah dalam kehidupan seseorang
C. motivasi yang mendorong terjadinya perubahan bagi pelaku sejarah
D. mmajinasi yang mendorong kreativitas seorang peneliti sejarah
E. komunikasi pelaku sejarah pada dikala insiden terjadi

4. Pertempuran Ambarawa yang terjadi pada tanggal 20 Oktober – 15 Desember 1945 diawali dengan kedatangan tentara sekutu yang diboncengi NICA dan mendarat di Semarang. Pertempuran tersebut dimulai pada tanggal 23 November 1945. Pertempuran berakhir pada tanggal 15 Desember 1945 dan Indonesia berhasil merebut Ambarawa. Urutan insiden sejarah tersebut memperlihatkan konsep berpikir diakronik lantaran ....
A. insiden Ambarawa diuraikan memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang
B. insiden Ambarawa diuraikan dari aspek sosial dan politik masyarakat Indonesia
C. terjadi perubahahan yang sanggup mendorong pasukan Indonesia memenangkan pertempuran tersebut
D. keberlanjutan dimana insiden tersebut memperlihatkan semangat nasionalisme kepada para prajurit Indonesia
E. insiden tersebut memperlihatkan adanya fakta sejarah yang sanggup dijadikan materi historiografi

5. Pengulangan merupakan salah satu unsur konsep waktu dalam sejarah. Dalam sejarah Indonesia unsur pengulangan sanggup ditemukan dalam peristiwa......
A. perubahan suasana sungai Ciliwung masa kolonial dan masa sekarang
B. surat Perintah Sebelas Maret dari Presiden Soekarno ke Soeharto
C. pembacaan teks proklamasi kemerdekaan oleh Soekarno dan Hatta
D. tradisi sekaten di Surakarta yang masih berlangsung hingga dikala ini
E. penerapan kebijakan liberal pada masa Orde Baru

6. Siswa kelas XII Mamuju mendapat kiprah untuk melaksanakan penelitian sejarah. Guru meminta siswa untuk membuat rumusan duduk kasus sebelum menyusun pembahasan. Rumusan duduk kasus merupakan komponen penting karena.....
A. memaparkan keinginan yang akan disampaikan peneliti melalui penelitian yang dihasilkannya
B. menjelaskan faktor-faktor yang mengakibatkan peneliti menentukan tema penelitian yang dikaji
C. menampilkan kajian yang pernah ada tetapi berbeda dengan kajian yang dilakukannya
D. menjelaskan pertanyaan besar yang melatarbelakangi peneliti melaksanakan penelitian
E. menjelaskan kerangka pemikiran yang dikembangkan menjadi tulisan

7. Perhatikan peninggalan prasejarah berikut!

Gambar tersebut memperlihatkan corak kehidupan masyarakat praakasara yaitu masa ....
A. mengumpulkan makanan yang berfungi untuk bantalan gerabah
B. perundagian yang berfungsi sebagai senjata rakyat
C. meramu dan berburu yang berfungsi untuk menusuk binatang
D. bercocok tanam yang berfungsi untuk mencangkul tanah
E. beternak yang berfungsi untuk memotong binatang

8. Bangsa Deutro Melayu memasuki wilayah Kepulauan Indonesia sekitar tahun 500 sebelum masehi. Dalam migrasinya mereka membawa serta kebudayaan Dongson, Vietnam. Wujud kebudayaan Dongson tersebut sanggup ditemui pada peninggalan berupa.....
A. moko dan nekara
B. dolmen dan moko
C. menhir dan kubur batu
D. sarkofagus dan dolmen
E. punden berundak dan waruga

9. Selain mencetuskan teori kesatria, F.D.K. Bosch merupakan aktivis teori arus balik. F.D.K. Bosch menyatakan bahwa.......
A. masyarakat Indonesia berperan aktif dalam penyebaran agama Hindu-Budha di Indonesia
B. masyarakat Indonesia berguru agama Hindu-Budha melalui para pedagang India
C. prajurit mempunyai kiprah penting dalam proses penyebaran agama Hindu-Budha di Indonesia
D. agama Hindu-Budha di Indonesia disebarkan oleh para pedagang India yang bermukim di Indonesia
E. kaum Brahmana merupakan golongan yang paling mungkin menyebarkan agama Hindu- Budha di Indonesia

10. Pada masa berburu dan meramu insan pada masa praaksara mempunyai kecenderungan hidup secara berkelompok dengan tujuan.....
A. meringankan pekerjaan mengolah tanah
B. mengantisipasi serangan hewan buas
C. menghindari serangan dari kelompok lain
D. menjalin hubungan kekerabatan dalam kelompok
E. memudahkan anggota kelompok dalam mencari pasangan

11. Majapahit merupakan kerajaan Nasional kedua, kerajaan ini bercorak agraris dan perdagangan. Kerajaan Majapahit tumbuh menjadi negara besar yang menguasai perdagangan dan pelayaran serta mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389 M). Faktor Majapahit menjadi kerajaan besar agraris dan perdagangan ialah ....
A. tanahnya subur banyak menghasilkan bahan-bahan ekspor, menyerupai beras dan kacang kacangan
B. sentra kerajaan di tepi sungai besar sehingga hubungan dengan dunia luar sangat mudah
C. Majapahit terletak di daerah pedalaman dengan hasil perekonomian berupa hasil pertanian
D. masyarakat Majapahit pada umumnya bermatapencaharian sebagai petani sehingga hasil pertanian melimpah
E. masyarakat Majapahit mempunyai kepandaian mengolah lahan pertanian sehingga banyak negara luar berguru bertani

12. Kerajaan Kutai merupakan kerajaan berbasis agraris di sekitar Sungai Mahakam. Pemilihan Sungai Mahakam sebagai sentra Kerajaan Kutai didasarkan pada.....
A. kepercayaan umat Hindu yang menganggap sungai sebagai tempat suci
B. keinginan raja menjadikan Kutai sebagai kerajaan maritim
C. kegiatan sehari-hari masyarakat Kutai berpusat di Sungai
D. kedudukan Sungai Mahakam sebagai jalur pelayaran internasional
E. ketersediaan lahan subur untuk pertanian

13. Salah satu peninggalan masa Hindu-Budha di Indonesia ialah Candi. Candi di Indonesia mendapat dampak dari kebudayaan India. Meskipun demikan, candi di Indonesia mempunyai fungsi berbeda dari candi di India. Keberadaan candi di Indonesia berkaitan dengan.....
A. konsep deva-raj
B. sarana pemujaan
C. sistem penguburan
D. saran peribadatan
E. sistem pemerintahan

14. Wayang merupakan kesenian orisinil masyarakat Indonesia. Pernyataan yang sempurna mengenai kedudukan pertunjukan wayang pada masa Islam adalah....
A. islam mengubah penokohan dan isi dongeng dalam pewayangan
B. kesenian wayang tidak mempunyai hubungan dengan islamisasi
C. pertunjukan wayang merupakan warisan peradaban Islam
D. wayang termasuk budaya orisinil masyarakat Indonesia
E. wayang menjadi sarana penyebaran fatwa Islam

15. Pembentukan VOC merupakan akar kolonialisme Barat di Indonesia. Latar belakang pembentukan VOC oleh pemerintah kerajaan Belanda adalah.......
A. persaingan diantara para pedagang Belanda
B. harapan monopoli perdagangan di dunia Timur
C. tujuan menaungi kepentingan para pedagang
D. usaha mewujudkan kepentingan para pedagang
E. keinginan mendapat laba sebanyak-banyaknya

16. Sejak 18 September 1811 wilayah Hindia Belanda jatuh ke tangan Inggris. Salah satu penyebab kondisi tersebut adalah.....
A. Inggris dan Belanda setuju menandatangani Kapitulasi Tuntang
B. Janssens gagal mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris
C. Daendels menjual tanah kepada pihak swasta untuk memperkaya diri
D. Louis Napoleon mengangkat Daendels sebagai pemimpin di Republik Bataaf
E. Dendels mengganti raja-raja di Jawa yang menghalangi kepentingan Belanda

17. Pemerintahan militer Jepang berkuasa di Indonesia semenjak 1942. Pernyataan yang benar terkait pemerintahan militer Jepang di Indonesia adalah....
A. Gunseibu bertugas mengatur kemudian luntas perdagangan
B. Zaimubu bertugas mengatasi duduk kasus peradilan
C. Somobu bertugas mengatasi permasalahan dalam negeri
D. Gunseikan berfungsi sebagai koordinator pemerintahan militer
E. Gunshireikan berkedudukan sebagai pucuk pemerintahan militer

18. Penjajahan bangsa Barat di Indonesia pada era ke-19 telah memeras, menyiksa dan merebut hak-hak rakyat Nusantara. Perjuangan bangsa Indonesia terhadap penjajah hampir dilakukan diseluruh wilayah, terutama di daerah yang menjadi sentra kekuasaan penjajah. Ciri perlawanan bangsa Indonesia pada era ke-19 ialah ....
A. bersifat lokal/kedaerahan dilakukan secara sporadis
B. usaha memakai taktik perang gerilya
C. cara usaha memakai taktik diplomasi
D. melaksanakan kerjasama dengan penjajah Barat
E. memakai cara memecah belah kekuatan Barat

19. Perlawanan rakyat Banten terhadap VOC dilakukan dibawah pimpinan Sultan Ageng Tirtayasa. Perlawanan tersebut gagal mengusir VOC dari wilayah Banten karena.....
A. monopoli perdagangan VOC mengganggu kegiatan perdagangan rakyat Banten
B. Sultan Ageng Tirtayasa berhasil membangun Angkatan Laut yang kuat
C. VOC mengkremasi lumbung-lumbung beras milik kerajaan Banten
D. VOC berhasil menjalankan taktik devide et impera
E. Sultan Haji menolak bekerja sama dengan VOC

20. “Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia”
Pernyataan tersebut memperlihatkan adanya......
A. kebulatan tekad melawan segala bentuk kolonialisme
B. perasaan kebangsaan yang menjiwai para pemuda
C. keinginan menjadi pecahan dari bangsa Indonesia
D. keinginan untuk mewujudkan kemerdekaan
E. perasaaan kedaerahan yang mulai luntur

21. Raffles sebagai penguasa Inggris di Hindia melaksanakan langkah-langkah untuk memperluas kedudukannya di tanah jajahan menyerupai dalam bidang ekonomi. Ia ingin memperbaiki tanah jajahan, termasuk ingin meningkatkan kemakmuran rakyat. Dalam pelaksanaan di lapangan menghadapi banyak sekali kendala. Budaya dan kebiasaan petani sulit diubah, pengawas pemerintah kurang, dominasi orang-orang Eropa dalam ekonomi masih terlihat. Kondisi ini tetap mengakibatkan terpuruknya perekonomian pribumi lantaran ….
A. masa pemerintahan Raffles tersebut mengurangi pendapatan para bupati dalam memperoleh upeti lantaran eksklusif diolah oleh gubernur
B. penduduk mengalami keterbelakangan dalam pendidikan lantaran minimnya pendapatan mereka sehingga tidak bisa membayar sesuai kesepakatan pada masa Raffles
C. berkembangnya jumlah penduduk yang kelaparan jawaban terhimpit kehidupan ekonominya yang dibatasi oleh kebijakan Raffles
D. Raffles berhasil melaksanakan pembaharuan perekonomian dengan menggerakan sewa tanah yang memperlihatkan laba kepada penduduk yang mempunyai tanah
E. penduduk mengalami kerja rodi, perbudakan dan juga monopoli lantaran Raffles masih sulit melepaskan kultur sebagai penjajah

22. Penerapan politik etis mendorong tumbuhnya kesadaran bangsa Indonesia mengenai pentingnya pendidikan. Kondisi tersebut dibuktikan dengan munculnya sekolah-sekolah milik pribumi menyerupai Taman Siswa dan Muhammadiyah. Fakta tersebut memperlihatkan dampak besar bagi kehidupan bangsa Indonesia yaitu.....
A. menumpas praktik kolonialisme melalui cara radikal
B. memunculkan kaum terpelajar yang hidup individualis
C. memunculkan kaum terpelajar yang berjiwa nasionalis
D. mengenalkan bangsa Indonesia pada kehidupan sekuler
E. mengubah tradisi bangsa Indonesia menjadi tradisi Barat

23. Proklamasi kemerdekaan memperlihatkan dorongan semangat usaha bagi rakyat Indonesia. Pernyataan yang memberi tahu kepada bangsa Indonesia sendiri dan kepada dunia luar bahwa dikala ini bangsa Indonesia telah lepas dari penguasaan negara lain. Makna proklamasi bagi kehidupan sosial bangsa Indonesia ialah ....
A. memperlihatkan rasa bebas dan merdeka dari belenggu penjajahan dan propaganda bangsa lain
B. adanya kebebasan dalam melaksanakan perdagangan yang sebelumnya mengalami monopoli
C. kemerdekaan yang diperoleh bangsa Indonesia merupakan berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa
D. adanya peradaban gres dengan kebiasaan gres yang terbangun menjadi tradisi gres masyarakat
E. adanya pengukuhan kedaulatan dari negara lain di dunia sebagai negara merdeka yang terlepas dari penjajahan

24. Dinamika politik dan pemerintahan Indonesia pada awal kemerdekaan pada masaDemokrasi liberal, para elite politik dan pemimpin bangsa masih mencoba menemukan konsep pemerintahan yang sesuai dengan kondisi bangsa. Kehidupan politik pada masa demokrasi liberal yaitu ....
A. partai politik berkembang secara kuantitas dan terciptanya kerja sama antarpartai
B. kegiatan pemerintahan dijalankan oleh presiden dan mempertanggung jawabkannya kepada parlemen
C. sering terjadi pergantian kabinet jawaban adanya mosi tidak percaya DPR terhadap kabinet yang berkuasa tersebut
D. perdana menteri bertanggung jawab kepada presiden dan memperlihatkan kepercayaan kepada parlemen
E. presiden bertugas sebagai kepala pemerintahan dan kepala

25. Muhammad Hatta mendukung penerapan sistem multipartai pada masa Demokrasi Liberal. Latar belakang derma Muhammad Hatta terhadap sistem multipartai ialah .....
A. sistem multipartai mewakili seluruh ideologi yang berkembang di Indonesia
B. corak demokrasi yang baik sanggup diukur melalui penerapan sistem multipartai
C. sistem multipartai dianggap sistem terbaik untuk mencegah kekuasaan otoriter
D. seluruh kekurangan sistem partai tunggal sanggup diatasi melalui sistem multipartai
E. pertanggungjawaban pemimpin usaha sanggup diminta melalui sistem multipartai

26. Sultan Hamengkubwono IX (12 April 1912-2 Oktober 1988) ialah Sultan Yogyakarta ke-9 dan Gubernur pertama Daerah spesial Yogyakarta serta pernah menjabat wakil presiden Republik Indonesia yang kedua. Beliau mempunyai kiprah yang sangat besar dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Peran ia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia ialah ....
A. menyediakan keraton Yogyakarta sebagai markas pejuang dan Tentara Nasional Indonesia ketika Serangan Umum 1 Maret 1949
B. menjadi tokoh utama memimpin perang dalam Serangan Umum 1 Maret 1949 melawan tentara Sekutu
C. menjadikan keraton Yogyakarta sebagai sentra pemerintahan Sementara Republik Indonesia
D. menjadi tokoh utama sebagai penggerak Serangan Umum 1 Maret 1949 melawan tentara Sekutu
E. sebagai pemimpin negara menggantikan Soekarno dalam Serangan Umum 1 Maret 1949

27. Salah satu hasil sidang pertama PPKI pada 18 Agustus 1945 ialah ratifikasi UUD 1945. Peristiwa tersebut mempunyai makna......
A. Bangsa Indonesia telah resmi menjadi negara berdaulat
B. simbol bahwa bangsa Indonesia telah mempunyai konstitusi ketatanegaraaan
C. Bangsa Indonesia telah siap menjalankan pemerintahan sehari-hari
D. adanya suatu jaminan konstitusional bagi seluruh warga negara Indonesia
E. simbol kemerdekaan Indonesia dan bentuk kebebasan dari dampak bangsa asing

28. PPKI secara bundar menentukan kedua tokoh ( Ir. sekarno dan Drs. Mohammad Hatta) sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia karena....
A. kedua tokoh itulah yang dikehendaki Jepang
B. tidak ada yang bisa memimpin negara Indonesia selain kedua tokoh tersebut
C. seluruh anggota PPKI mengakui pengabdian dan pengabdian Soekarno dan Moh. Hatta
D. PPKI tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mengadakan pemilihan pesiden
E. anggota PPKI telah terpengaruh oleh sepak terjang kedua tokoh tersebut

29. Berbagai pemberontakan yang terjadi di Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin dilatarbelakangi oleh tiga faktor, yaitu ideologi, sistem pemerintahan dan kepentingan. Salah satu tumpuan pemberontakan yang dilatarbelakangi oleh faktor kepentingan ialah pemberontakan.....
A. Gerakan 30 September 1965
B. Republik Maluku Selatan (RMS)
C. Darul Islam/ Tentara Islam Indonesia(DI/TII)
D. Piagam Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta)
E. Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI)

30. Insiden bendera di Hotel Yamato, Surabaya pada 19 September 1945 disebabkan oleh....
A. konflik antara pejuang dan kolonialis Belanda
B. penghinaan pasukan Belanda terhadap pelayanan Hotel Yamato
C. keinginan bangsa Indonesia mengusir penjajah Belanda dari Surabaya
D. pengibaran bendera Belanda oleh orang Belanda bekas tawanan Jepang
E. penghadangan konvoi pasukan Belanda oleh pejuang Indonesia di depan Hotel Yamato

31. Peristiwa Andi Aziz berawal dari tuntutan Kapten Andi Aziz dan pasukannya yang berasal dari KNIL (pasukan Belanda di Indonesia) terhadap pemerintah Indonesia supaya hanya mereka yang dijadikan pasukan APRIS di Negara Indonesia Timur (NIT). Ketika akibatnya tentara Indonesia benar-benar didatangkan ke Sulawesi Selatan dengan tujuan memelihara keamanan, hal ini menyulut ketidakpuasan di kalangan pasukan Andi Aziz.

Upaya pemerintah dalam menghadapi pemberontakan Andi Aziz yaitu ....
A. PM. Hatta memerintahkan menangkap Kapten Westerling dan Sultan Hamid II namun Westerling berhasil lari
B. mengirim pasukan untuk melaksanakan operasi militer di Sulawesi Selatan yang dipimpin oleh Kolonel Kawilarang
C. Leimena mengajak Andi Aziz dan pasukannya untuk mengajak negosiasi untuk sebuah kesepakatan
D. melaksanakan operasi 17 Agustus untuk mengamankan sumber-sumber minyak yang ada di sektor Sulawesi
E. mengirim pasukan dalam operasi Merdeka untuk melaksanakan negosiasi antara Andi Aziz dan pemerintah

32. Pemberontakan G 30 S mengakibatkan dampak negatif bagi PKI. Dampak negatif tersebut adalah...
A. seluruh anggota PKI harus meninggalkan Indonesia
B. seluruh petinggi PKI menjalani eksekusi tanpa proses pengadilan
C. PKI harus mengganti paham dan landasan partainya
D. PKI dan komunisme tidak boleh berkembang di seluruh Indonesia
E. PKI dileur dengan partai lainyang bersifat nasional

33. Pemerintah Orde Baru menggalakkan aktivitas Revolusi Hijau pada tahun 1970. Pada tahun 1984 aktivitas ini memperlihatkan keberhasilannya yang ditandai dengan.....
A. berkurangnya bencana banjir
B. berjalannya aktivitas reboisasi
C. tercapainya swasembada pangan
D. berkurangnya pembalakan hutan
E. meningkatnya ekspor perkebunan

34. Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono berusaha untuk meratakan pendidikan. Salah satu upaya untuk meratakan pendidikan adalah....
A. mendorong kembali pembangunan SD Inpres di daerah 3T
B. meningkatkan pembangunan sekolah di daerah perbatasan
C. mengirim tenaga pengajar ke daerah pedalaman
D. mendorong para lulusan universitas mengikuti aktivitas SM3T
E. memperlihatkan beasiswa bagi para pelajar berprestasi

35. Perhatikan keterangan berikut!
1) Kembali menjadi anggota PBB
2) Berperan dalam pembentukan ASEAN
3) Mengakhiri konfrontasi dengan Malaysia
4) Berperan dalam menyelenggarakan MEA
5) Memberantas terorisme di wilayah ASEAN

Upaya pemerintah Orde Baru untuk memperbaiki kondisi politik luar negeri Indonesia ditunjukkan oleh angka.......
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

36. Pemerintahan B.J. Habibie dianggap berhasil meletakkan dasar-dasar demokrasi di Indonesia. Salah satu kinerja pemerintahan yang sejalan dengan tujuan reformasi adalah.....
A. membubarkan Departemen Penerangan yang menjadi corong pemerintah Orde Baru
B. menangkap para pejabat dan menteri yang mempunyai hubungan dengan Orde Baru
C. memberantas korupsi dengan mendirikan Komisi Pemberantasan Korupsi
D. memperlihatkan otonomi khusus kepada Irian Jaya dan Papua
E. membebaskan tahanan politik masa Orde Baru

37. Pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid kondisi ekonomi Indonesia mengalami krisis. Upaya pemerintah memperbaiki kondisi ekonomi nasional yaitu.....
A. mengadakan kunjungan luar negeri untuk menarik kembali investor-investor asing
B. menerapkan kebijakan berdikari dengan prinsip kemandirian ekonomi rakyat
C. menerapkan kebijakan privatisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
D. menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan menghapus BBM bersubsidi
E. mendongkrak hasil pertanian dengan aktivitas Revolusi Hijau

38. Kontingen Garuda merupakan bentuk kasatmata keterlibatan eksklusif Indonesia dalam menuntaskan konflik-konflik di banyak sekali belahan dunia. Pasukan Garuda merupakan pecahan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang tergabung dalam bendera PBB yang bertugas sebagai “Peace Keeping Force”. Berdasarkan ilustrasi tersebut kiprah yang telah dilakukan Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia yaitu ....
A. Presiden Soekarno mengirimkan kontingen Garuda III untuk membantu PBB dalam menuntaskan konflik di Mesir
B. Brigjen Tentara Nasional Indonesia S. Sumantri memimpin kontingen Garuda XI untuk menuntaskan konflik di Vietnam
C. Brigjen Tentara Nasional Indonesia Harsoyo memimpin kontingen Garuda VIII untuk menuntaskan konflik di daerah Teluk
D. Wiyogo Atmodarminto memimpin kontingen Garuda IV untuk menuntaskan konflik di Kongo
E. mengirimkan kontingen Garuda II yang dipimpin oleh Letkol Inf. Solichin untuk menuntaskan konflik di Kongo

39. Salah satu insiden yang memperlihatkan kiprah mahasiswa dalam perubahan pemerintahan ialah peristiwa Trisakti. Dampak peristiwa Trisakti pada 1998 adalah....
A. memicu mahasiswa membawa senjata dikala demonstrasi
B. memicu perampokan dan pencurian di banyak sekali daerah
C. jumlah agresi protes dan demonstrasi mahasiswa menurun
D. muncul perebutan kekuasaan pemerintahan yang dilakukan oleh mahasiswa
E. menyulut demonstrasi yang lebih besar di sejumlah daerah

40. Kontribusi Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia dilakukan dengan pengiriman Kontingen Garuda yang pertama pada 1957. Pengiriman misi ini berkaitan dengan.....
A. usaha Kemerdekan Kongo
B. konflik antara Palestina dan Israel
C. konflik Terusan Suez di Laut Tengah
D. perang saudara Vietnam Utara dan Vietnam Selatan
E. pemeliharaan perdamaian di Palestina

B. Soal Uraian
41. Konsep diakronik dan sinkronik sangat dibutuhkan dalam penulisan sejarah. Mengapa? Jelaskan pendapat Anda!

42. Raja Purnawarman berhasil membawa Tarumanegara mencapai puncak kejayaan. Jelaskan tindakan Raja Purnawarman untuk membuat kesejahteraan masyarakat Tarumanegara!

43. Indische Partij merupakan salah satu organisasi pergerakan nasional yang bersifat radikal dan menerapkan taktik nonkooperatif. Buatlah uraian singkat mengenai pernyataan tersebut !

44. Dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui jalan diplomasi diadakan Perjanjian Linggarjati yang berlangsung pada tanggal 15 November 1946 di Linggarjati, Cirebon. Dalam negosiasi tersebut, Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir, sedangkan Belanda diwakili oleh Prof. Schermerhom, hadir pula Lord Killearn sebagai penengah dari Inggris. Jelaskan mengapa Perjanjian Linggajati Indonesia mengalami kerugian dan berikan tumpuan kerugiannya!

45. Organisasi Konferensi Islam (OKI) ialah organisasi negara Islam atau negara-negara yang secara umum dikuasai penduduknya bermacam-macam Islam. Indonesia sebagai negara berpenduduk secara umum dikuasai Islam berperan aktif dalam OKI. Kemukakan 5(lima) kiprah kasatmata Indonesia pada masa Orde Baru hingga masa Reformasi dalam kegiatan OKI!

Download Soal US (USBN) Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013

Latihan Soal US (USBN) Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas Tahun 2019/2020 yang diambil dari Naskah Soal Asli USBN Sekolah Menengan Atas Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Tahun Sebelumnya. Ingat Soal US (USBN) Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas Tahun 2019/2020 ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak bisa bertanggung jawab


Download Soal US (USBN) Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas Tahun 2019/2020 New
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan supaya mendapat file yang lengkap dan utuh.

Baca Juga : Soal UN (USBN) Biologi Sekolah Menengan Atas Tahun 20118/2019

Semoga sebaran informasi Mengenai Soal US (USBN) Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas Tahun 2019/2020 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber http://blognazmy.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Soal Usbn Sejarah Indonesia Sma 2020 Dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel