Kelemahan-Kelemahan Android Dan Cara Mengatasinya

Saat ini, sistem operasi Android begitu terkenal bagi sebagian besar masyarakat. Dan juga, terus berkembang sampai terus melahirkan versi gres dan fitur baru. Sebagai informasi, android versi tebaru yakni Android Nougat gres saja dirilis beberapa waktu lalu. Akan tetapi, di balik kepopulerannya dan kecanggihannya, terdapat beberapa kelemahan sistem operasi buatan Google ini. Lalu, apa saja kelemahan-kelemahan android? Serta, bagaimana mengatasinya? Berikut kelemahan-kelemahan umum android, serta bagaimana cara mengatasinya.


Gambar 1 Logo Android Nougat, Android Versi Terbaru

Bila Ingin Mengunduh Aplikasi Gratis di Playstore, Mesti Jeli Memilihnya
Di Playstore, terdapat ribuan dan bermacam-macam jenis aplikasi gratis. Mulai dari permainan (games) sampai untuk meningkatkan produktivitas kerja. Akan tetapi, bahu-membahu hanya sedikit aplikasi gratis yang berkualitas. Bahkan, ada juga aplikasi yang ber-virus sehingga membahayakan smartphone kalau di-download. Nah, dengan demikian, ketika akan menentukan aplikasi, kita mesti jeli biar tak mengunduh aplikasi yang salah. Lalu, bagaimana biar kita tak mengunduh aplikasi yang salah? Bacalah komentar yang terlebih dahulu sebelum mengunduhnya. Bila terdapat banyak komentar yang negatif, kita sebaiknya tak mengunduhnya. Perhatikan juga rating aplikasi. Bila ratingnya terlalu rendah, kita pun sebaiknya tak mengunduhnya.

Boros Konsumsi Baterai
Sistem operasi android bahu-membahu boros konsumsi daya listrik. Sebabnya, ketika smartphone menyala, android menjalankan berbagai tasik. Selain itu, brightness layar yang terlalu terang, penggunaan wifi atau bluetooth, ataupun packet data pun semakin menambah konsumsi daya listrik. Nah, untuk mengatasinya, terlebih saat-saat penting, bawalah selalu power bank. Isilah tenaga power bank ketika malam hari sebelum kita memulai aktivitas. Terlebih, kalau kita sering berada di outdoor atau ruangan terbuka. Saat baterai berada dalam kondisi kritis dan low baterry, kita sanggup eksklusif men-charge smartphone via power bank.

Tanpa Koneksi Internet, Fungsi Smartphone Sesungguhnya Tak Jauh Berbeda dengan Ponsel Biasa
Tanpa koneksi internet, smartphone android sesungguhnya tak jauh berbeda dengan ponsel biasa. Sebabnya, tanpa koneksi internet, banyak fitur-fitur android yang tak berfungsi tanpa koneksi internet. Misalnya, kita tak sanggup membuka GPS, membuka Playstore, membuka e-mail, browsing, mengirim pesan melalui Whatsapp ataupun Line, dan sebagainya. Nah, dengan demikian, biar kita sanggup kita selalu memakai seluruh fitur smartphone, sebaiknya kita selalu berada di wilayah yang berada dalam jangkauan internet. Dan juga, yang pilihlah operator layanan internet yang menyediakan jaringan internet yang stabil

Penggunaan Keyboard Virtual Terasa Kurang Praktis
Seperti halnya iOS, sistem operasi iPhone, android memakai keyboard virtual. Nah, dibandingkan mengetik dengan memakai keyboard nyata, mengerti memakai keyboard faktual bahu-membahu jauh lebih praktis. Terlebih, kalau layar smartphone berukuran kecil dan jempol kita berukuran jumbo, Terlebih lagi, kalau kita mengetik pesan ataupun goresan pena yang panjang. Biasanya, jempol kita akan mengetik abjad yang salah. Nah, biar lebih simpel mengetik melalui keyboard virtual, kita mesti membiasakan jempol kita mengetik melalui virtual keyboard.

Demikian, kelemahan-kelemahan Android dan cara mengatasinya. Sebagai pengguna smartphone android, kita sebaiknya mengetahuinya dan sanggup mengatasinya. Terlebih, bagi yang gres saja beralih memakai smartphone android.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
https://www.maxmanroe.com/wp-content/uploads/2016/07/android-nougat.jpg
Sumber https://sentralandroid.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Kelemahan-Kelemahan Android Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel