12 Cara Mengatasi Laptop Lemot Banget 100% Work!

12 Cara Mengatasi Laptop Lemot Banget 100% Work! - Kebanyakan orang dikala ini niscaya sudah mempunyai laptop sebagai pengganti komputer yang dipercaya lebih mudah lantaran sifatnya portable yang dapat digunakan dimana saja.

Komputer ataupun Laptop akan menjadi sama saja rasanya bila terjadi dilema ketika digunakan, yaitu sama-sama bikin pusing. Dan kiprah kita tentunya harus memperbaikinya segera mungkin untuk kenyamanan dalam pemakaian.


Kebanyakan orang dikala ini niscaya sudah mempunyai laptop sebagai pengganti komputer yang dipe 12 Cara Mengatasi Laptop Lemot Banget 100% Work!

Berbicara soal Laptop yang lambat atau lemot, dilema ini sudah biasa terjadi untuk para pemilik laptop. Entah lantaran pemakaiannya yang bergairah ataupun lantaran pengaruh alami laptop itu error sendiri. Tapi yang pasti, semua peralatan elektronik yang digunakan pastinya akan mempunyai masalahnya sendiri.

CARA MENGATASI LAPTOP LEMOT DAN LAMBAT

Laptop yang lemot akan menciptakan kita kesal lantaran apa yang harusnya selesai cepat memakai laptop, malah menjadi tertunda akhir dari laptop lemot. Bagi yang kurang mengerti dilema ini niscaya mereka akan mencari tau dilema yang terjadi yang menciptakan laptopnya lemot.

Dari beberapa hal yang saya mengerti dan saya pelajari, disini saya akan mencoba menyebarkan cara mengatasi laptop yang lemot beserta penyebabnya. Yuk simak cara mengatasi dan memperbaiki laptop yang lemot dengan gampang berikut ini,

#1 Laptop Anda Hanya Memiliki RAM 2GB


RAM itu ialah memori pada Laptop. Sebenarnya, laptop dengan RAM 2GB tidak akan bermasalah JIKA kita tidak memaksakan performanya. Dalam kasus ini RAM dengan 2GB berdasarkan saya tidaklah optimal, apalagi untuk aktivitas multi tasking (Multi tasking ialah Kegiatan yang membuka aplikasi lebih dari satu).

Untuk penggunaan skala ringan, RAM 2GB tidak kuat besar dalam kelambatan pada Laptop, hanya saja kita harus mengoptimalkan penggunaannya sesuai dengan performa pada laptop dengan RAM 2GB. Jika berlebihan dapat menyebabkan overheat dan resikonya dapat menyebabkan laptop menjadi hang atau kerusakan sistem.

Solusi :
Tidak perlu mengganti laptop bila anda tipe orang yang bersyukur dan sayang sama sesuatu hal yang sudah dimiliki. Cukup mengganti RAM 2GB dan meningkatkan performanya dengan RAM 4GB atau 8GB. Atau bila laptop mempunyai 2 slot RAM, anda hanya perlu menambahkan 2GB RAM saja.

Agar laptop menjadi optimal, disarankan memakai RAM dengan kapasitas 4GB, tetapi bukan berarti Laptop dengan RAM 2GB sangat buruk. Melainkan hanya performanya saja yang kurang.

#2 Memakai Sistem Operasi Yang Ringan


Sistem operasi juga sangat kuat dalam kinerja laptop, setiap sistem operasi mempunyai spesifikasi khusus untuk digunakan secara optimal dan lancar pemakaiannya.

Mungkin anda sudah tau mengenai sistem operasi Windows 10 yang dikala ini merupakan versi terbaru dari windows. Windows 10 ialah windows yang menyempurnakan windows-windows sebelumnya.

Windows 10 cenderung lebih berat bila digunakan oleh laptop dengan spesifikasi seadanya, misalkan RAM 2GB. Ketika memakai Laptop dengan sistem operasi windows 10 dan mempunyai RAM 2GB saja. hal ini sangat kuat terhadap kecepatan suatu laptop. Dari pengalaman yang saya rasakan, Windows 10 sangat terasa berat bila memakai spesifikasi laptop yang rendah ibarat hanya mempunyai RAM 2GB. Untuk menjalankan windows 10, diharuskan mempunyai 4GB hingga 8GB RAM untuk kinerja yang baik.

Solusi :
1. Jika hanya mempunyai RAM 2GB
Pada sistem operasi, ada istilah 32 bit dan 64 bit. Disarankan memakai yang 32bit bila mempunyai spesifikasi yang standar, tetapi bila mempunyai spesifikasi yang medium atau spesifikasi yang tinggi sekalipun, gunakanlah 64 bit.

2. Cobalah memakai sistem operasi keluaran usang yang ringan
Jika laptop anda memang tidak kuat untuk mengangkat sistem operasi terbaru ibarat windows 10, anda dapat menurunkannya menjadi windows 7 atau windows 8.

3. Cobalah sistem operasi linux ibarat endless OS
Endless OS merupakan sistem operasi yang cukup ringan dan merupakan sistem operasi berbasis linux. Tetapi pada tampilannya, hampir sama dengan sistem operasi windows.

#3 Ganti Harddisk Menjadi SSD


SSD (Solid State Drive) merupakan media penyimpanan utama sama halnya ibarat harddisk. Tetapi, cara kerja SSD lebih baik dibandingkan dengan harddisk. Mulai dari memproses data, input data, output data, membaca dan menulis data, semua yang dilakukan oleh SSD akan sangat cepat diproses.

Kapasitas SSD sendiri tidaklah sebanyak Harddisk, tetapi SSD terbukti lebih baik dari pada harddisk meskipun harganya lebih mahal.

Solusi :
Tidak perlu mengganti laptop bila anda tipe orang yang bersyukur dan sayang sama sesuatu hal yang sudah dimiliki. Jika anda mempunyai rezeki, anda dapat mengupgrade harddisk anda menjadi SSD.


#4 Jangan Membuka Banyak Tab Pada Web Browser (Google Chrome, Mozila Firefox, Dll)


Pernah gak sih ketika kita sedang memakai Laptop untuk browsing di internet tiba-tiba laptop kita lemot?. Nah, laptop lemot dapat juga disebabkan lantaran kita terlalu banyak membuka sajian tab pada web browser ketika melaksanakan pencarian di mesin pencari ibarat google.

Lebih parahnya lagi, sudah banyak sajian tab yang terbuka pada web browser kita juga membuka banyak aplikasi lain di laptop kita. Tanpa kita sadari hal ibarat ini yang akan menciptakan laptop kita menjadi lemot.

Solusi :
Jika sedang berjelajah di internet, pastikan fokus saja dulu pada satu pekerjaan. Jangan membuka web browser sambil mengedit video atau mengedit foto di laptop. Karena hal itu dapat menciptakan laptop menjadi lambat dan berat.

#5 Tutup Semua Aplikasi Dengan Tombol ALT + F4 Dan Lakukan Refresh Tampilan Laptop Dengan Tombol F5

Ketika laptop mulai melambat, biasanya akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti aplikasi yang dijalankan mendadak macet, not responding dan tidak dapat digunakan. Kalo laptop sudah terasa kurang nyaman digunakan, silahkan matikan semua aplikasi yang berjalan kemudian lakukanlah refresh pada tampilan laptop.

Kejadian ibarat ini dapat terjadi ketika anda terlalu memaksakan kinerja komputer, sehingga komputer kelebihan batas penggunaannya. Untuk cara ini dapat mengoptimalkan cara kerja laptop sehingga laptop yang tadinya berjalan sangat lemot dapat digunakan dengan lancar ibarat biasanya.


#6 Restart Laptop Ketika Sudah Mulai Lemot


Ketika kita merestart laptop kita, sistem pada laptop akan otomatis memulihkan sistem menjadi lebih baik lagi. Ketika laptop sudah benar-benar lambat, lebih baik merestart laptop dan biarkan laptop memulihkan sistemnya.

#7 Menghapus Software Yang Tidak Perlu Dan Tidak Digunakan
Biasanya kita ingin tau dengan sebuah software yang sebelumnya belum pernah kita gunakan, kemudian kita mencobanya dan balasannya tidak sering dipakai. Nah, dengan software-software yang terinstall pada laptop kita ibarat itu tentunya akan memakan ruang penyimpanan kita. Terlebih lagi kalo software tersebut menjalankan softwarenya secara otomatis tanpa sepengetahuan kita. Bukan hanya laptop yang dibentuk berat, bahkan baterai juga akan boros. Dari pengalaman saya memakai laptop, ada saja software bandel yang berjalan tanpa sepengetahuan saya.

Solusi :
Installah software yang paling umum dan paling sering digunakan, bila merasa ada software yang tidak digunakan, lebih baik menghapusnya saja dari pada memakan ruang penyimpanan kita pada laptop.

#8 Lakukan Scan Virus Dan Scan Sampah File Pada Laptop
Saya pribadi bahwasanya tidak memakai software antivirus lantaran terkadang setiap saya menginstal suatu software atau memasukan file apapun ke dalam laptop, software antivirus yang saya miliki itu justru menganggap semua yang saya masukan kedalam laptop itu ialah virus meskipun higienis dari virus.

Tetapi meskipun saya tidak mempunyai software antivirus, bukan berarti saya tidak melaksanakan scan pada laptop saya. Disini saya melaksanakan scan virus dan scan sampah file memakai software IObit Advanced SystemCare untuk mengurangi sedikit beban pada laptop dari adanya virus dan sampah yang tersisa ketika melaksanakan pembatalan software.

#9 Laptop Menjadi Lemot Karena Ada Iklannya


Keberadaan iklan ternyata bukan hanya ada di blog ataupun website saja, melainkan ada juga iklan yang berada di laptop. Kejadian ini dialami pribadi oleh sobat saya tetapi laptopnya sedikit lemot. terutama ketika membuka web browser, selalu muncul tab-tab gres berupa iklan dan terkadang juga iklan tersebut muncul sendiri.

Disini saya dapat menyimpulkan bahwa laptop sobat saya tersebut tidak beres, saya sendiri galau iklan tersebut masuknya dari mana. Padahal, pada web browser sudah dipasang script anti iklan tetap saja iklan tersebut muncul.

Lalu disini saya mengasumsikan bahwa laptop tersebut dijahili oleh seseorang yang mencari keuntungan. Bisa jadi iklan tersebut masuk melalui dua cara. Yang pertama masuk melalui file yang sobat saya download dan ia install, yang kedua ialah ketika sobat saya berjelajah di internet. Dia tidak sengaja mengklik link yang tujuannya untuk membuka portal untuk memasukan virus atau script jahat ke laptop tersebut. Nah dari tragedi ini dapat disimpulkan bahwa iklan dapat ada di laptop dan dapat menyebabkan lapop lemot.

Solusi :
1. Hapus Web Browser dan Install Ulang Web Browsernya (Seperti Google Chrome, Mozila Firefox atau yang lainnya yang di duga terjangkit iklan yang selalu muncul)
2. Scan Antivirus
3. Hapus Software Yang Mencurigakan di laptop melalui Control Panel
4. Install Ulang Laptop
5. Berhati-Hati Jika Menjelajahi Internet

#10 Laptop Lemot Karena Banyak Debu Pada Perangkat Keras Laptop
Jika anda mengerti perihal cara membongkar laptop, silahkan bersihkan perangkat-perangkat laptop anda. Tetapi bila tidak berani atau tidak mengerti, anda dapat memakai jasa servis yang mempunyai andal dalam bidangnya. Atau dapat dengan memakai alat penyedot abu mini untuk menghisap  abu pada sela-sela keyboard, atau menghisap abu pada perangkat keras laptop melalui lubang sirkulasi udaranya.

#11 Menggunakan Software Versi Lama
Software terbaru yang hadir terkadang memerlukan performa yang cukup tinggi, dari tuntutan performa yang tinggi ibarat itulah yang kadang menciptakan laptop kita pas-pasan dalam menyesuaikannya. Kadang, memakai versi usang pada software lebih baik lantaran dari segi penggunaannya pun tidak beda jauh biasanya dan mendapat laba lebih yaitu dispensasi dikala menggunakannya.

#12 Menginstall Ulang Laptop Jika Sudah Parah
Jika laptop sudah hang, lemot banget, laptop mulai lambat, laptop mulai mati sendiri, laptop tidak menampilkan apapun pada layar. Silahkan install ulang laptop anda. Cara ini ialah cara terbaik untuk menciptakan laptop anda berjalan normal dan cepat kembali. Tetapi, alangkah baiknya bila dapat membackup, backuplah terlebih dahulu file-file yang dianggap penting.

Nah mungkin hanya itu artikel mengenai Cara mengatasi laptop atau komputer menjadi lemot dan lambat pada windows. semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menuntaskan permasalahan anda pada laptop anda.

Belum ada Komentar untuk "12 Cara Mengatasi Laptop Lemot Banget 100% Work!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel