Pengertian Malware Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Pengertian Malware Dan Cara Mengatasinya - Apa itu malware? Malware yaitu abreviasi dari Malicious Software, yaitu terinstalasinya sebuah software tanpa sepengetahuan anda yang bertujuan merusak atau mengintai setiap acara yang dilakukan pada komputer tersebut.



Dengan adanya malware, kita akan mencicipi kerusakan pada sistem komputer yang biasanya akan menciptakan komputer kita menjadi lambat dalam pengoperasian, banyaknya iklan dan akan terasa berat. Untuk itu kita harus sanggup mencegahnya dan mengetahui imbas ancaman menyerupai apa yang diakibatkan dengan adanya malware.

Ada beberapa Contoh Dan Jenis Malware Pada Komputer, Berikut Adalah Jenis-Jenis Malware:



1. Trojan yaitu acara ‘yang tampaknya’ berkhasiat dan tidak berbahaya tetapi di desain untuk mengeksploitasi sistem dan merusak potongan acara yang dijangkitinya. Trojan tidak sanggup me-replika dirinya sendiri.


2. Worms yaitu acara yang sanggup ber-reproduksi ulang dan sanggup menyebar ke seluruh sistem jaringan secara otomatis.


3. Virus yaitu acara yang sanggup mereplika dirinya sendiri, menulari program-program lain dan menimbulkan file-file acara yang tertular sebagai infector dan merusak software, hardware, bahkan data yang sedang berproses.

4. Malicious Active Content yaitu sebuah tipe malware yang menunggangi script dinamik (Javascript, Java, Active X, atau Visual Basic) dan membawa kode-kode pengganggu acara yang menginfeksi komputer melalui jalur download. Digunakan untuk menyebarluaskan virus, worms, junk-email, merekam informasi dari komputer, atau mengalihkan anda dari situs orisinil ke situs phising.

5. Rogue Programs yaitu acara yang tidak mempunyai legal notice atau keabsahan lain yang biasa tertanam dalam suatu instalasi software/hardware, sebuah acara yang tidak terperinci dan biasanya terdekteksi oleh anti-spyware protection.

6. Dialers yaitu adalah acara instalasi modem dial-up internet connection. Sebagian internet provider (blacklists) memakai acara ini untuk mendongkrak sistem tagihan koneksi internet anda. Beruntunglah bagi anda yang memakai jalur internet broadband (seperti DSL atau LAN) alasannya yaitu biasanya komputer yang memakai koneksi internet menyerupai ini tidak membenamkan modem ke dalam sistem operasi komputer.

7. Trackware yaitu varian malware terbaru, menyerupai sebutannya, acara ini sanggup merekam data-data dan informasi diam-diam yang anda lakukan dengan content provider orisinil (situs) dan mengalihkannya ke situs phising. Varian ini sanggup menggabungkan adware, spyware, key loggers, dan sekaligus merekam cookies.


Bagaimana Malware Bisa Masuk Kedalam Sistem Komputer?
Malware sanggup mendatangi komputer anda dari jalur email dan internet. Tercatat 31% malware berasal dari situs-situs porno, atau mengunjungi URL/Link yang didapat dari hasil pencarian (search), P2P (peer to peer) menyerupai instant messaging (chat) dimana anda sanggup bertukar file dengan lawan bicara anda.

Efek Dan Akibat Apa Saja Yang Terjadi Jika Malware Memasuki Sistem Komputer Kita?
Gejala terjangkit malware tampak dikala komputer anda semakin lambat memproses suatu program/software yang biasa anda gunakan, jendela pop-up yang tiba-tiba saja terlihat pada desktop anda, proses booting menjadi lambat, browser anda mengarah (redirect) ke situs yang sama sekali tidak bekerjasama dengan situs sebelumnya.

Cara Mengatasi Malware Yang Berada Pada Komputer Kita
Malware biasanya tiba dari sebuah file attachment. Makara sebaiknya jangan pernah membuka file yang dikirimkan dari alamat email yang tak dikenal. Jangan pernah mendapatkan file (terutama yang berekstensi .jpg, .avi, atau .exe) dari pengirim yang tak dikenal. Jika anda meragukan komputer anda sudah terkena malware, berikut tips singkat yang sanggup anda lakukan :

  1. Berhentilah berbelanja online, atau melaksanakan online banking yang mengharuskan anda mengisi sebuah form pendaftaran.
  2. Pakailah software anti-virus yang update.
  3. Berhentilah melaksanakan download, apalagi sebuah proses download yang menyertakan pop-up windows berisi sebuah pernyataan bahwa komputer anda telah di scan dan bebas malware.
  4. Scan komputer anda secara rutin dengan anti-virus yang update.
  5. Dan lakukan beberapa tips dibawah sesudah komputer anda full-scan :
  6. Aktifkan terus anti-virus anda.
  7. Aktifkan Firewalls dikala anda melaksanakan koneksi internet.
  8. Sebelum membuka folder atau sebelum membuka sebuah file (terutama dari USB flash disk), biasakanlah untuk melaksanakan scan anti-virus/anti-spyware.
  9. Jangan mendownload/membuka file attachment dari email yang tak dikenal.
Nah itu beliau artikel mengenai pengertian malware dan cara mengatasi malware pada komputer kita. Pemakaian komputer yang terlalu rutin akan mempunyai banyak acara tanpa kita sadari, sehingga menimbulkan aneka macam virus atau serangan dari luar komputer yang datang. Sering-seringlah melkukan scan pada Laptop semoga sanggup terhindari dari problem yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Malware Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel