Pengertian Worm Dan Cara Kerja Worm Di Komputer

Pengertian Worm Dan Cara Kerja Worm Di Komputer – Setelah sebelumnya kami membahas ihwal pengertian malware dan beberapa jenis malware yang juga kami bahas pada artikel pengertian virus, dan pengertian adware, sekarang giliran kami membahas jenis lain dari malware yaitu worm. Worm intinya yaitu sama dengan virus dan adware, kesamaan ini terletak pada sama-sama bab dari acara malware yang sanggup merugikan si pengguna yang komputernya terserang oleh acara tersebut.



Namun ketiga acara berbahaya yang kami sebutkan di atas tidaklah sama secara menyeluruh, kita tidak bisa menyebut virus yaitu juga worm, atau virus yaitu juga adware dan sebaliknya. Ketiganya dibedakan berdasarkan efek yang ditimbulkan dan kemampuan yang bisa dilakukan oleh masing-masing acara tersebut. Untuk lebih jelasnya mari kita urai mengenai pengertian worm berikut ini.

Pengertian Worm
Istilah worm diambil dari bahasa inggris yang berarti cacing, dalam hal ini kita lebih sempurna menyebutnya sebagai cacing komputer. Penamaan worm atau cacing untuk acara ini memang merujuk kepada kemampuannya untuk mengganggu sistem komputer. Adapun pengertian worm yaitu sebuah acara yang mempunyai ukuran kecil yang bisa untuk berjalam pada sebuah sistem operasi komputer ataupun sistem jaringan komputer, acara worm mempunyai kemampuan untuk mengembangbiakan dirinya sendiri pada kedua sistem tersebut.

Efek Yang Ditimbulkan Oleh Worm
Efek dari worm pada sistem operasi akan menciptakan komputer terasa lambat alasannya yaitu dianggap komputer sedang melaksanakan acara berat, juga pada sistem jaringan komputer maka akan terasa konektivitas jaringan lelet atau lambat alasannya yaitu worm bekerja memenuhi jalan masuk jaringan tersebut.

Cara Kerja Worm Komputer
Berbeda halnya dengan virus, worm tidak mempunyai kemampuan merusak sistem, worm tidak bisa merusak data atau file sistem. Worm bertingkah hanya sebagai benalu yang tidak secara eksklusif merusak sistem komputer. Namun kalau worm dibiarkan maka lambat-laun komputer pun akan mengalami penurunan dalam hal kinerja, bahkan alasannya yaitu terus menerus memaksa komputer untuk bekerja ekstra, maka komputer pun akan mengalami kerusakan.

Worm juga berbeda dengan virus dalam hal cara penyebaran atau cara menginpeksi korbannya. Jik virus biasanya memanfaatkan acara lain dengan menyisipkan dirinya sendiri pada acara tersebut, maka worm tidak perlu sumbangan acara lain untuk menyusup ke sebuah sistem. Dan virus butuh campur tangan user untuk menulari sebuah sistem dengan cara user menjalankan acara yang telah terserang virus, sedangkan worm sama sekali tidak butuh campur tangan manusia. Worm memanfaatkan jaringan komputer untuk menyusup ke komputer lain yang terhubung pada jaringan tersebut. Pertama kali worm menyusup ke sebuah sistem yaitu dengan memanfaatkan celah keamanan atau lebih terkenal dengan nama vulnerability.

Cara Mencegah Worm Dan Menghilangkan Worm pada Komputer
Satu-satunya cara untuk mencegah worm masuk ke sistem komputer yaitu dengan selalu mengupdate sistem operasi komputer. Mengupdate sistem operasi sanggup menutup celah keamanan yang sebelumnya terbuka dan sekarang telah diperbaiki oleh pengembang sistem operasi tersebut.

Adapun kalau komputer telah terserang acara worm maka yang perlu kita lakukan yaitu memindainya dengan memakai anti-virus yang telah bisa untuk mendeteksi keberadaan worm. Kebanyakan anti-virus dikala ini telah mendukung pembasmian worm, pola Anti Virus yang bisa menghilangkan worm diantaranya: AVG, Avira, Kaspersky, Symantec dan masih banyak yang lainnya.

Contoh Worm Komputer Dan Macam-Macam Worm Komputer
Ada beberapa acara worm yang telah diketahui dan cukup populer, diantaranya adalah:
  • ADMw0rm
  • Code Red
  • LoveLetter
  • Nimda
  • SQL-Slammer

Pengertian Worm dan Cara Kerja Worm Komputer
Itu yaitu yang bisa kami berikan untuk pengertian worm dan segala macam pengetahuan yang bekerjasama dengan worm komputer. Dari artikel pengertian worm ini diperlukan para pembaca menjadi faham ihwal salah salah satu acara berbahaya bagi komputer. Lebih jauh lagi pembaca bisa untuk menghindari penyebaran worm sekaligus bisa untuk membasmi keberadaan worm pada sistem komputer.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Worm Dan Cara Kerja Worm Di Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel