Text Drama Cita, Cinta Dan Bahagia

 Teks Drama yakni semua teks yang bersifat obrolan dan yang isinya membentangkan sebuah al Text Drama Cita, Cinta dan Bahagia
Text Drama Cita, Cinta dan Bahagia

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini yakni perihal "Text Drama Cita, Cinta dan Bahagia" penasaran, yuk kita baca !

Pengertian Teks Drama

Teks Drama yakni semua teks yang bersifat obrolan dan yang isinya membentangkan sebuah alur. Dalam teks drama, dialog-dialog merupakan belahan terpenting. Pada pokoknya, drama terdiri atas teks-teks para aktor. Disamping itu unsur lain dalam drama yakni unsur dialog. Dalam drama, budbahasa juga sanggup di diketahui dari kata-kata yang diucapkan ataupun melalui kata-kata yang diucapkan pelaku lain  terhadap pelaku tersebut.

Tema di dalam Text Drama merupakan rumusan intisari dongeng sebagai landasaan idiil dalam menentukan arah tujuan cerita. Amanat merupakan pesan yang akan disampaikan pengarang kepada pembacannya. Dalam drama, penyajian alur diwujudkan dalam urutan babak dan adegan. Babak merupakan belahan terbesar dalam sebuah lakon. Pergantian babak dalam pentas drama ditandai dengan layar yang ditutup, atau lampu pribadi dimatikan sejenak. 

Kemudian dinyalakan kembali beserta dimulainya babak berikutnya. Pergantian babak juga menandai pergantian latar, maupun waktu. Adegan yakni belahan dari babak. Pergantian adegan, tidak selalu diikuti pergantian latar. Dalam satu babak terdiri atas beberapa adegan.

Berikut yakni Teks Drama

Hasil karya dari sofie ananda putri yang berjudul Cita, Cinta dan Bahagia

Tema : 

  • Cita, Cinta dan Bahagia

Tokoh : 

  • Nugi Octavian
  • Anna Estya 
  • Kakak Mira

Karakter:

  • Nugi Octavian ( keras kepala dan menang sendiri )
  • Anna Estya ( selalu ingin dimengerti )
  • kakak Mira ( ramah, baik, dan cenil )

Permasalahan :

  • Hidup Nugi mulai awut-awutan sejak kekasih hatinya (Anna) mau pergi ninggalin dia

Komplikasi :

  • Anna kesal atas apa yang diperbuat (sikap) Nugi tidak menciptakan dirinya yakin bahwa Nugi pantas membahagiakannya

Kesimpulan :

  • Seorang remaja jangan buru-buru mengenal cinta, melainkan berburu-burulah mengejar cita-cita

Pentasan : 

  • Menggambarkan di Ruang Tamu Rumah Anna

Waktu :

  • Siang Hari

Skenario :

 Teks Drama yakni semua teks yang bersifat obrolan dan yang isinya membentangkan sebuah al Text Drama Cita, Cinta dan Bahagia
Cover Cerpen Cita, Cinta dan Bahagia

Nugi Octavian yakni anak remaja tampan yang hampir patah semangat dalam mengerjar cita-citanya menjadi seorang pegawai bank, Anak desa belasteran kota ini hari-harinya selalu merasa sedih, setiap kesedihannya itu ia tumpahkan bersama sebotoh minuman keras di Club. Nugi gres saja lulus SMA, anak yang populer keren dan agak badung disekolah ini, tiap harinya selalu keluar malam. Siang tidur bila sudah malam mulai keluar, gaya hidup menyerupai kelelawar ini ia lakukan karena kekasih yang ia cintainya pergi meninggalkan dia. 

Semenjak itu Nugi mulai sedih. Anna Estya yakni kekasih Nugi ia meninggalkan Nugi bukan alasannya tidak cinta atau bosan melainkan Anna ingin hidup Nugi berubah dan mulai memikirkan masa depannya itu, Anna pun bosan dengan tingkah laris Nugi yang tiap hari hanya janji-janji berkata mau merubah perilaku dan jadi lelaki yang di inginkan Anna, alasannya kesal Anna pun menentukan pergi dari nugi ( padahal Anna cuma main-main dan melatih Nugi untuk dewasa, tetapi tindakannya itu pun malah menciptakan Nugi menjadi keras dan susah diatur )

Siang ini Nugi menemui Anna, di ruang tamu mereka merdua bertatapan muka,

Anna : (..dengan raut wajah yang kecewa menatap serius didepan Nugi..) " kapan kau dewasa nugi? "
Nugi : " Maksud kau apa, kenapa kau bilang gitu? "

Anna : " Gimana ngak bilang gitu, tiap kali saya lihat kau hati ini sakit, bosan dengan keadaanmu menyerupai ini yang tiap hari hanya main-main yang ngak jelas, kapan kau mau berubah? "

Nugi : " berubah apa sih? saya kan udah kesepakatan saya bakalan menjadi lelaki yang kau mau, tapi apa kau malah pergi, ninggalin aku, trus siapa yang berusah sekarang? saya kan berubah bila kau ngak pergi Anna " (dengan wajah yang melas sambil membenahi rambutnya Nugi memohon kepada Anna)

Anna : " Nugi, hingga kapan pun kau ngak akan mengerti ya, kau ini kekanak-kanakan tau ngak, kau ini udah gede Nugi tapi pemikiranmu masih kayak anak kecil, jangan fikirkan aku, buatlah orang tuamu senang gres kau mikirin orang lain, apa kau paham bagaimana kini perasaan orang bau tanah kau yang tau kelakuaanmu yang kini ini, MIKIRLAH NUGI!! " (dengan kesal Anna berdiri dari kursinya)

Nugi : " tidak Anna, orang bau tanah ku udah besar hati dan senang "

Anna : (dengan wajah terkejut menatap Nugi sambil melotot) " kau sudah gila dan buta ya, mana ada orang bau tanah yang besar hati dan senang melihat anaknya kayak kamu, udahlah lupain, terserah kau bilang gimana "

Perdebatan semakin memanas, Nugi yang merasa betul sendiri sedangkan Anna ingin dimengerti, kedua perilaku itu terus bertentangan menciptakan suasana diruang tamu itu semakin gaduh dengan bunyi perdebatan. 

Mendengar kegaduhan itu tiba-tiba Mira si abang Anna mendatangi mereka berdua, Mira ini bertujuan akan pergi Shoping tapi mendengar kegaduhan itu, kuping Mira ngak tahan dan pribadi menemuinya. 

Kakak Mira : (dengan wajah yang merasa risi atas suanana yang gaduh itu)  " ada apa sih ini, abang mau rias aja susah mendengar kalian berdua bertengkar, Anna ada apa? kenapa kau marah-marah? "

Anna : " ngak ada apa-apa kak, cuma itu Nugi yang menang sendiri, jadi bosen saya "

Kakak Mira : " kalo mau bertengkar sana di Club jangan di rumah, ngak yummy sama tetangga. Kalian kan udah pada dewasa masa duduk masalah kekerabatan kalian aja ngak sanggup di bicarakan dengan baik-baik "

Mendengar ocehan Mira, Anna dan Nugi pun diam. suasana ruang tamu pun seolah damai sejenak

Kakak Mira : (sambil senyum manis) " kenapa sih kalian berdua bertengkar coba crita sama kakak, sapa tau abang sanggup bantu duduk masalah kalian ini "

Mereka berdua tetap membisu seolah tiada kata lagi yang ingin mereka keluarkan

Kakak Mira : (sambil senyum dan tertawa kecil Mira bermaksud bercanda) " kok membisu sih, jangan-jangan kau hamil ya dek?, dan Nugi ngak mau tanggung jawab? "

Mereka berdua pun serentak menjawab dengan tegas secara bersamaan

Nugi dan Anna : " ENGGAKLAH KAK !! "

Kakak Mira : " Ha.. ha.. ha.. terus apa adek ku yang manis? " (sambil memegang jakun Anna dengan manja)

Anna : (air mata Anna pun berderai) " ini nih, saya itu bosen kak sama perilaku dia, katanya ia mau membahagiakan saya tapi apa? kuliah aja dibentuk main-main terus bagaimana dengan impian dia, saya bosen kak dengan perilaku ia "

Nugi : " Kan saya sudah janji, tapi kau malah pergi, ninggalin saya "

Anna : " alasannya kau ngak pernah peka dan ngak mau MENGERTI ! "

Kakak Mira : " sudah-sudah, gini lo, hemm gimana ya jelasinnya? Anna tidak pernah pergi, ia tetap disini, tetap menanti kamu, cuman ia ingin sendiri aja alasannya bosan sama sikapmu saja. Sekarang saya tanya? kenapa kau masih bersikap kekanak-kanakan? saya tahu anak kayak kau itu belum terpelajar balig cukup akal buat mengenal cinta, ya buktinya ini, kalian tidak sepaham dengan perilaku kalian masih-masing. Apa kalian tahu cinta akan hilang bila tidak ada masa depan yang membuatnya bahagia. Nugi, kesetiaan, ketulusan itu memang penting tapi kau egois, rupanya kau belum mengerti apa itu cinta dan cita "

Anna : (dengan kesalnya ia memotong pembicaraan kakaknya) " dengerin itu "

Kakak Mira : " kau juga sama dek, kau juga harus dengerin apa nasehat kakak, kini kalian harus berfikir, masa depan, impian dan kesuksesan itu di tanggan kamu, terutama kau Nugi alasannya kau yang akan jadi pemimpin rumah tangga, bila kau terus masih kayak gitu bagaimana Anna sanggup yakin dengan kau atas kesuksesan kau itu? abang cuma ngasih saran seharusnya kalian itu jangan memikirkan cinta-cintaan dulu tapi lebih memikirkan masa depan kalian. Itu yang penting "

Nugi : " jadi kita break dulu ini?, saya mengejar cita-citaku dan kau mengejar impian kamu. Tapi apa kau akan terus menunggu aku? "

Anna : " iya saya menunggu, tapi ingat bila kau terus kayak gini saya ngak akan nungguin kau "

Kakak Mira : " memang semua sudah ditakdirkan, semua sudah ada yang mengatur tapi kita sebagai insan harus terus berusaha, alasannya kebahagiaan tanpa pengorbanan tidak ada artinya "

Nugi : " sesuai janjiku saya akan buat kau bahagia, kalo itu mau kau iya kita setuju mengejar impian dulu "

Anna : " saya enggak mungkin pergi apa lagi ninggalin kamu, saya tetap disini untuk kau Nugi, saya selalu suport kau supaya jadi orang yang sukses, saya ngak mau bila nanti kau gagal, bukan niatku tuk meninggalkan kamu, bukan, tapi saya mohon lupain cinta sejenak jadilah bintang buat diri kau sendiri, sehabis itu kita senang menyerupai yang kau janjikan ke saya "

Nugi : " iya saya paham kini "

Anna : " Kamu pengenkan buat saya senang nantinya? "

Nugi pun karenanya sadar, dan mulai menyesal kepada apa yang ia perbuat selama ini, kini ia tau bahwa apa yang ia pilih untuk hidupnya itu salah. Cinta bukan segalanya selainkan yang harus di nomer satukan yakni cita, seseorang akan senang bila cita mereka sesuai kenyataan, cita, cinta dan senang itulah sususan hidup seseorang

Nugi : (dengan penuh semangat) " terima kasih kak mira, kini saya kesepakatan ke pada adik mbak, kepada Anna. bahwa saya akan tiba lagi dan kalian niscaya aka terkejut bahwa saya siap membahagiakan Anna "

Anna : (sambil tersenyum manis) " itu yang saya suka darikamu, kau itu sanggup kali tapi males aja. Dengarkan aku, saya tidak ngilang apa lagi pergi ninggalin kamu, saya akan selalu dibelakang kamu, you can if you think you can, berjanjilah jangan kecewakan saya Nugi "

Nugi : (sambil tersenyum) " niscaya saya kesepakatan "

Semua tersenyum bahagia, seolah ruang tamu penuh dengan bunga yang berterbangan. Mira pun melanjutkan Make up wajahnya kemudian ia pergi shoping, sedangkan  Anna dan Nugi berpelukan. 

Nugi : (dalam hati berkata) " kini saya mengerti apa hidup yang sesungguhnya, dan saya sadar apa arti cinta dan cita. Mungkin selama ini saya salah, tapi kali ini jalanku harus benar semoga sanggup bahagiakan orang lain, mungkin hanya sepatah kata "belajar yang rajin" dan "sabar yakni kunci kebahagiaan" menciptakan saya bangun dari kekanak-kanakanku dan saya mencoba berdiri dengan kakiku sendiri untuk membahagiakan orang bau tanah dan orang yang saya sayangi, Anna "

#tamat

Cerita diatas merupakan suatu bentuk penulisan pola text drama pendek. Kurang lebih obrolan tidak terlalu panjang alasannya naskah pendek hanya memperlihatkan penampilan dalam waktu yang singkat saja. Terimakasih sudah membaca, tunggu cerita-cerita selanjutnya dari kami.

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini sanggup bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita sanggup hari ini ada baiknya bila kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

Belum ada Komentar untuk "Text Drama Cita, Cinta Dan Bahagia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel