Kunjungan Industri Mahasiswa 2017 Perguruan Tinggi Komunitas (Poltek) Negeri Bojonegoro

 Kunjungan industri merupakan sebuah acara yang dilaksanakan oleh siswa Sekolah Menengah kejuruan atau Mahasi Kunjungan Industri Mahasiswa 2017 Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro
Kunjungan Industri AKN Bojonegoro 2017

Kunjungan industri 

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini yakni perihal "Kunjungan Industri Mahasiswa 2017 Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro" penasaran, yuk kita baca !

Kunjungan industri merupakan sebuah acara yang dilaksanakan oleh siswa Sekolah Menengah kejuruan atau Mahasiswa jurusan teknik / kesehatan. Hal ini alasannya yakni penting bagi mereka yang sedang menekuni bidang tertentu untuk tahu bagaimana kondisi di lapangan yang sebenarnya. Kunjungan Industri ini suatu acara yang di lakukan untuk mengunjungi sebuah perusahaan yang menjadi tumpuan acara atau citra pekerjaan yang akan dilakoni oleh siswa atau mahasiswa.

Dalam kunjungan industri, siswa atau mahasiswa diajak untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan beroperasi dan bekerja. Mereka diberikan sebuah citra perihal suatu pekerjaan di bidang keahlian mereka dan mereka juga diberikan citra perihal apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja.

Kunjungan Industri ini juga akan menandakan perihal banyak hal yang ada dalam lapangan kerja biar siswa atau mahasiswa tidak kaget atau terbiasa mendapatkan pekerjaan atau bekerja dengan sesuai keahlian. Kunjungan industri ini juga bertujuan untuk melatih mental siswa atau mahasiswa biar mereka bias bekerja dengan situasi dan kondisi apapun.

Kegiatan tersebut juga dilakukan oleh mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Bojonegoro, Sesuai pengertian diatas mahasiswa diajak melihat-lihat bagaimana keadaan atau kondisi di lapangan yang sebenarnya. mahasiswa diajak untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan beroperasi dan bekerja. Mereka diberikan sebuah citra perihal suatu pekerjaan di bidang keahlian mereka dan mereka juga diberikan citra perihal apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja. Dengan semangat dan penuh besar hati mahasiswa hingga di lokasi pertama pada hari rabu, 26 juni 2017 pukul 09:00 WIB yaitu di Kedaulatan Rakyat Yogyakarta, dan lokasi kedua berada di Pabrik Gula  Madukismo Yogyakarta pada hari rabu, 26 juni 2017 pukul 13:00 WIB.

Kedaulatan Rakyat

Seperti yang kita tahu Kedaulatan Rakyat ( disingkat KR ), yang didirikan oleh HM. Samawi dan M. Wonohito serta diteruskan oleh Soemadi Martono Wonohito yakni surat kabar harian yang terbit di Yogyakarta. KR terbit semenjak 27 September 1945. Surat kabar KR terbit tiap harinya dengan jumlah halaman yang awalnya hanya 16 halaman, namun ditambah menjadi 24 hingga 32 halaman, dan oplah lebih dari 125.000 kopi. Semboyan KR yakni Suara Hati Nurani Rakyat,Korannya Rakyat, dan Migunani Tumraping Liyan.

KR merupakan koran ke-2 sesudah koran dengan Bahasa Jawa yang berjulukan “Sedya Tama” yang terbit 2 ahad sekali. Saat koran Sedya Tama dibreidel oleh tentara Jepang, lalu tentara Jepang mendirikan percetakan dan menerbitkan koranSinar Matahari. Didorong harapan menerbitkan koran sendiri oleh pemerintah Indonesia, maka koran Sinar Matahari yang berkaryawan orang Indonesia. Atas gagasan HM. Samawi dan H Madikin Wonohito, maka berdirilah percetakan dan harian Kedaulatan Rakyat ini. Nama harian “Kedaulatan Rakyat” diambil dari Undang-Undang Dasar 1945 alinea 4.

Kedaulatan Rakyat merupakan industri media yang telah dikenal oleh aneka macam kalangan masyarakat di Yogyakarta. Hal tersebut dikarenakan Kedaulatan Rakyat sudah ada semenjak usang seiring dengan perkembangan Kota Yogyakarta. Masyarakat Yogyakarta sudah cukup familiar dengan keberadaan KR dalam kehidupan sehari-hari.

Pabrik Gula  Madukismo

Sedangkan Pabrik Gula  Madukismo yakni satu-satunya  pabrik Gula  dan  Alkohol/Spirtus  di Propinsi DIY.  Pabrik ini mengemban  tugas untuk  mensukseskan  program pengadaan  pangan Nasional, khususnya gula pasir. Pabrik  gula dan  Alkohol/Spirtus  Madukismo terletak  di  Kalurahan Tirtonimolo,  Kecamatan Kasihan,  Kabupaten  Bantul, Propinsi  Daerah spesial  Yogyakarta. Perusahaan  ini  merupakan bentuk  dari  Perseroan Terbatas (PT), yang bangun pada tanggal 14 Juni 1955, dan diberi nama PT. Madu Baru. Yang lalu dibagi menjadi dua pabrik yaitu Pabrik Gula (PG Madukismo) dan Pabrik Alkohol/Spiritus (PS Madukismo).

Mahasiswa sanggup mencicipi nuansa perjalanan dengan kereta ibarat kembali pada masa lampau dikala berada di dalam gerbong yang  ditarik  oleh lokomotif  tua  bermesin diesel  buatan  Jerman. Kereta tersebut akan  mengantar menuju  areal pabrik melewati rel-rel bau tanah dan perkebunan yang ada di bersahabat pabrik.

Setelah  turun dari  kereta,  Mahasiswa sanggup pribadi  menuju lokasi  Pabrik  Gula Madukismo. Mahasiswa sanggup pribadi melihat produksi  gula melewati  tahap pemerahan nira untuk mendapatkan sari  gula, pemurnian nira dengan sulfitasi, penguapan nira, kristalisasi, puteran gula, dan pengemasan.  Sambil mencermati  proses  produksinya, mahasiswa  juga  bisa melihat mesin-mesin bau tanah yang menjadi alat produksi di pabrik ini.

Keluar dari lokasi produksi gula sanggup ditemui Pabrik Spiritus Madukismo  yang terletak  di  sebelah barat  pabrik  gula. Di  pabrik  yang bangun di  pada  tahun yang  sama  dengan pabrik  gula  ini, mahasiswa  juga sanggup melihat seluruh proses produksi spiritus yang mencakup tahap pengenceran materi baku,  peragian atau  fermentasi  dan penyulingan.  Spiritus  dan produk alkohol  lainnya  yang dihasilkan  oleh  pabrik ini  diolah  dari tetes tebu, hasil samping produksi gula.

Dan ini ada beberapa video yang bersumber dari DAUN JATI ( JTV Bojonegoro ) alasannya yakni pada waktu kunjungan industri JTV lah yang meliput kami mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Bojonegoro.

Video Part 1


Video Part 2


Video Part 3


Video Part 4


Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini sanggup bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita sanggup hari ini ada baiknya jikalau kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

Belum ada Komentar untuk "Kunjungan Industri Mahasiswa 2017 Perguruan Tinggi Komunitas (Poltek) Negeri Bojonegoro"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel