Penulisan Hut Ke-72 Ri Berdasarkan Kaidah Tata Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar

Penulisan HUT ke-72 RI

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini yaitu ihwal "Penulisan HUT Ke-72 RI Menurut Kaidah Tata Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar" penasaran, yuk kita baca !

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-72, pada dikala peringatannya atau beberapa hari setelahnya, di beberapa kawasan dipenuhi oleh goresan pena pada banyak sekali media entah itu ( spanduk, baliho, papan, dan lain-lain ) yang berisi ucapan selamat ulang tahun kepada negara tercinta kita yaitu Indonesia. 72 Tahun Indonesia merdeka Bagi para pejuang dan orang-orang yang hidup pada masa memperjuangkan kemerdekaan, makna paling kasatmata dari kemerdekaan yaitu lepasnya cengkeraman para penjajah dari bumi pertiwi. 

Namun terhitung sesudah 72 tahun semenjak Indonesia menyatakan kemerdekaannya, tentunya semakin sedikit generasi yang mencicipi secara eksklusif makna kemerdekaan menyerupai yang dirasakan oleh generasi sebelumnya.

Memang bagi generasi kini makna kemerdekaan mungkin tidak sama dengan generasi sebelumnya, tetapi bukan berarti generasi kini tidak sanggup memaknai kemerdekaan. Meskipun bukan menghadapi ‘musuh’ yang sama, setiap generasi punya perjuangannya sendiri dalam memaknai kemerdekaan ini.

 RI Menurut Kaidah Tata Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar Penulisan HUT Ke-72 RI Menurut Kaidah Tata Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Logo HUT Ke-72 RI

Logo HUT Ke-72 RI

Bentuk Indonesia Kerja diisiplin berbudaya dengan nilai-nilai pancasila. Tampilan logo 72 tahun Dirgahayu Indonesia merdeka bernuasa Modern dengan tampilan sederhana menawarkan perilaku satu nusa satu bangsa satu bahasa cinta tanah air Indonesia Displin kerja yang jelas/Transparan/Reponsif, Efektif serta Informatif dengan nilai-nilai budaya Pancasila membangun Indonesia yang berdaulat, sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan berwibawa.

Oke, kembali lagi ke topik, Bagaimana kalau tetap salah dalam menulis Dirgahayu dan HUT ? Tidak apa-apa, kesalahan penulisan bukan tindak pidana hehe.., Yang penting, dalam komunikasi itu termasuk komunikasi goresan pena yaitu yang baca ngerti! benar bukan ? Berikut beberapa kesalahan penulisan dan bagaimana penulisan yang betul berdasarkan kaidah tata bahasa Indonesia yang baik dan benar :

1. Penggunaan Kata "Dirgahayu"

Kita juga sering salah memakai kata Dirgahayu, contohnya Dirgahayu HUT RI ke-72 atau Dirgahayu RI ke-72 Tahun.

Menurut KBBI, DIR·GA·HA·YU artinya "berumur panjang" ( biasanya ditujukan kepada negara atau organisasi yang sedang memperingati hari hasilnya ). Dirgahayu Republik Indonesia = panjang umur Republik Indonesia.

Nah, jadi yang benar yaitu "Dirgahayu RI" atau "HUT ke-72 RI". Itu berdasarkan kaidah tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.

2.  Penulisan "Ke-72"

Sering salah ditulis dengan "ke 72" yang benar yaitu "ke-72" ( dengan strip ). Jika memakai angka Romawi, sering diulis

 "keLXXII", yang benar cukup ditulis LXXII ( angka Romawi untuk 72 ) sebab angka Romawi bantu-membantu sudah menawarkan ke berapa atau urutan.

3. Peletakan Kata "Ke-72"

Kesalahan yang sering terjadi yaitu peletakan kata "Ke-72". Sering salah ditulis "Selamat HUT RI Ke-72". Kesalahannya kalau ditulis menyerupai itu maka hal tersebut berarti ada negara RI ke-1 hingga ke-72, padahal negara RI kan cuma satu. 

Kaprikornus yang benar yaitu "Selamat HUT Ke-72 RI" atau boleh juga "Selamat HUT Ke-72 Kemerdekaan RI" sanggup juga "Dirgahayu Ke-72 RI".

Penulisan yang sangat sempurna dan sangat logis dalam mengurutkan angka yaitu menyerupai dibawah ini, jadi jangan hingga salah :

1. HUT ke-72 Kemerdekaan RI
2. HUT ke-72 RI
3. Merayakan HUT ke-72 Kemerdekaan RI
4. Peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 RI
5. Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 RI
6. Dirgahayu Ke-72 Kemerdekaan RI
7. Dirgahayu Ke-72 RI

Demikian kesalahan yang sering terjadi dalam penulisan ucapan selamat ulang tahun RI yang kini mencapai usia 72 tahun. Terima kasih sudah membaca agar apa yang kita baca hari ini sanggup bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita sanggup hari ini ada baiknya kalau kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

Belum ada Komentar untuk "Penulisan Hut Ke-72 Ri Berdasarkan Kaidah Tata Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel