Mengenal Karya Seni Digital Art - Joesha Pictures

Karya Seni Digital Art

 Dalam mengekspresikan imajinasi di zaman teknologi ini Mengenal Karya Seni Digital Art - Joesha Pictures
Mengenal Karya Seni Digital Art - Joesha Pictures

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini yaitu ihwal "Mengenal Karya Seni Digital Art" penasaran, yuk kita baca !

Dalam mengekspresikan imajinasi di zaman teknologi ini, kebanyakan dari kita akan memakai yang termudah yaitu niscaya yang berafiliasi dengan teknologi juga. Inilah yang di maksud dengan digital. Dari segi pengertian secara umum, digital art sanggup diartikan sebagai metode / teknik pengekspresian pikiran dan perasaan dalam bentuk visual / elektronik. Biasanya dengan sumbangan sebuah software / perangkat. Bisa dengan acara khusus komputer maupun aplikasi ponsel.

Pengertian Digital Art :

Digital Art yaitu karya atau praktik artistik yang memakai teknologi digital sebagai bab penting dari proses kreatif atau presentasi. Sejak tahun 1970an, banyak sekali nama telah dipakai untuk menggambarkan proses termasuk seni komputer dan seni multimedia, dan seni digital sendiri ditempatkan di bawah istilah payung seni media gres yang lebih luas.

Setelah beberapa perlawanan awal, dampak teknologi digital telah mengubah acara menyerupai melukis, menggambar, memahat dan musik / seni suara, sementara bentuk baru, menyerupai seni bersih, seni instalasi digital, dan kenyataan maya, telah menjadi praktik artistik yang diakui. Secara umum istilah digital artist dipakai untuk menggambarkan seorang seniman yang memanfaatkan teknologi digital dalam produksi seni. Dalam pengertian yang diperluas, "seni digital" yaitu seni kontemporer yang memakai metode produksi massal atau media digital.

Berbagai istilah telah dipakai untuk menggambarkan proses ini, diantaranya seni komputer (computer Art) dan seni multimedia (Multimedia Art). Bahkan ada juga yang menyebutnya sebagai "teknik manipulasi gambar / foto" di mana para pengguna bisa men-scan gambar atau pribadi di foto dengan kamera untuk kemudian di edit. Hasil gambar digital sanggup berupa gambar flat, 2D maupun tiga dimensi dengan banyak sekali macam imbas komplemen yang super artistik.

Beberapa fungsi utama digital art ini yaitu untuk: Pembuatan logo suatu perusahaan atau merek produk, poster, brosur, komik berwarna, cover album musik / film, animasi kartun, iklan televisi, imbas film, dan banyak lagi. Keahlian menggambar digital ini bisa di dapatkan secara belajar sendiri dan juga dengan cara khusus menyerupai sekolah design maupun kursus-kursus.

Sejarah Singkatnya Adalah :

Perbandingan Lillian Schwartz ihwal potret diri Leonardo dan Mona Lisa berdasarkan Mona Leo dari Schwartz. Contoh kolase foto yang dimanipulasi secara digital Teknik seni digital dipakai secara luas oleh media arus utama dalam iklan, dan oleh para pembuat film untuk menghasilkan imbas visual. Penerbitan desktop mempunyai dampak besar pada dunia penerbitan, meski hal itu lebih berkaitan dengan desain grafis. Baik seniman digital maupun tradisional memakai banyak sumber informasi dan acara elektronik untuk membuat karya mereka. Mengingat kesejajaran antara seni visual dan musikal, ada kemungkinan penerimaan umum nilai seni visual digital akan berkembang dengan cara yang sama menyerupai meningkatnya penerimaan musik yang diproduksi secara elektronik selama tiga dekade terakhir.

Seni digital bisa murni buatan komputer (seperti fraktal dan seni algoritmik) atau diambil dari sumber lain, menyerupai foto pindaian atau gambar yang digambar memakai perangkat lunak grafis vektor memakai mouse atau tablet grafis. Meskipun secara teknis istilah ini sanggup diterapkan pada seni yang dilakukan dengan memakai media atau proses lain dan hanya dipindai, biasanya disediakan untuk seni yang telah dimodifikasi secara tidak sepele oleh proses komputasi (seperti acara komputer, mikrokontroler atau sistem elektronik yang bisa Menafsirkan sebuah input untuk membuat sebuah output); Data teks digital dan rekaman audio dan video mentah biasanya tidak dianggap sebagai seni digital tersendiri, namun sanggup menjadi bab dari proyek seni seni dan informasi komputer yang lebih besar. [9] Karya seni dianggap lukisan digital ketika dibentuk dengan cara yang menyerupai dengan lukisan non-digital namun memakai perangkat lunak pada platform komputer dan secara digital mengeluarkan gambar yang dihasilkan menyerupai yang dilukis di atas kanvas.

Andy Warhol membuat seni digital memakai Amino Commodore dimana komputer diperkenalkan secara publik di Lincoln Center, New York pada bulan Juli 1985. Citra Debbie Harry ditangkap dalam monokrom dari kamera video dan didigitasi ke dalam acara grafis yang disebut ProPaint. Warhol memanipulasi gambar dengan menambahkan warna dengan memakai banjir.


Aplikasi yang bisa dipakai antara lain :

a. Photoshop

Photoshop yaitu software yang dipakai untuk memodifikasi gambar atau foto secara profesional baik mencakup modifikasi obyek yang sederhana maupun yang sulit sekalipun. Photoshop merupakan salah satu software yang mempunyai kegunaan untuk  mengolah gambar berbasis bitmap, yang mempunyai tool dan imbas yang lengkap sehingga sanggup menghasilkan gambar atau foto yang berkwalitas tinggi. Kelengkapan fitur yang ada di dalam Photoshop inilah yang balasannya membuat software ini banyak dipakai oleh desainer grafis profesional. Dan mungkin juga hingga ketika ini masih belum ada software desain grafis lain yang bisa menyamai  kelengkapan fitur dalam Photoshop.

b. CorelDraw

CorelDraw yaitu sebuah acara komputer yang melaksanakan editing pada garis vektor. Program ini dibentuk oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw mempunyai kegunaan untuk mengolah gambar, oleh alasannya yaitu itu banyak dipakai pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Selain aplikasi – aplikasi diatas juga ada aplikasi editor gambar lain menyerupai Blender, Googlesketc, bahkan hingga MSpaint pun bisa dikatakan sebagai aplikasi untuk membuat digital art, syaratnya yang terpenting bisa dibentuk mengambar atau membuat seni visual.

Lantas apa itu Desain Grafis, Surrealism Photography, dan Digital Imaging ?

a. Desain Grafis

Desain grafis yaitu suatu bentuk komunikasi visual yang memakai gambar untuk memberikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar alasannya yaitu merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disaingrafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Desain grafis atau rancang grafis yaitu proses komunikasi memakai elemen visual, menyerupai tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk membuat persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

b. Surrealism Photography

Surealisme secara resmi diluncurkan sebagai sebuah aliran seni ketika sebuah puisi berjudul “Manifesto of Surrealism” karya André Breton pada tahun 1924. Surealis tidak bergantung pada logika pemikiran beralasan atau perhitungan sadar, sebaliknya, surealis lebih melihat kepada pemblokiran kanal menuju imajinasi.  Upaya dalam memanfaatkan kekreatifannya membuat Breton dan sesama penganut aliran surealis lainnya terseret ke dalam teritori mimpi, ekstasi seksual, dan kegilaan itu sendiri. Gambar diperoleh dengan cara menyerupai itu, mengedepankan sisi dari teritori tadi. Apakah itu akan berbuah visual atau sastra. Tepatnya mereka menangkap ketika intensitas psikis dalam bentuk provokasi terkendali. Membuatnya menjadi keindahan tak biasa.

Mungkin sedikit sulit untuk mendefinisikannya, anggap saja surealisme itu merupakan aliran tanpa logika dengan keindahan tak biasa. Kental dengan imajinasi dan imbas bawah sadar. Nah berdasarkan perkembangannya karya penciptaan surealis bisa berupa puisi (sastra), film, lukisan, ataupun foto. Untuk kali ini, kita akan membahas ihwal fotografi surealis.

Fotografi tiba untuk menempati tugas sentral dalam aliran surealisme. Dalam karya-karya Man Ray dan Maurice Tabard, penggunaan mekanisme menyerupai paparan ganda, percetakan kombinasi, montase, dan solarisasi digambarkan secara dramatis membangkitkan persatuan mimpi dan kenyataan. Fotografer lain memakai teknik menyerupai rotasi  atau distorsi untuk membuat gambar mereka luar biasa dan tak terduga. Hans Bellmer di foto boneka mekanik buatannya sendiri, membuat gambar seksual yang tak biasa, sedangkan pelukis René Magritte memakai kamera untuk membuat foto setara dengan lukisannya, dalam foto close-up bayi armadillo. Dora Maar melaksanakan inversi surealis khas, membuat subjek jelek, atau bahkan menjijikkan tapi terkesan menarik atau aneh tapi menarik.

Tapi pemahaman Surealis fotografi dihidupkan lebih dari kemudahan media dalam fabrikasi gambar luar biasa. Sama pentingnya dalam inovasi lain, bahkan foto yang paling membosankan, yang disaring melalui prisma sensibilitas surealis, mungkin dengan gampang akan copot dari konteks biasa dan menerima image baru. Foto Antropologi, foto biasa, stills film, foto medis dan polisi muncul dalam jurnal surealis La Révolution Surréaliste dan Minotaure, lepas dari tujuan orisinil mereka dibuat. Jadi, segala foto bisa jadi surealis asalkan disaring dengan filter surealis itu sendiri.

Foto surealis bisa jadi terkesan konkret dan orisinil dengan properti dan pengambilan gambar yang tepat. Atau pun  dibentuk konkret dengan software atau aplikasi lainnya. Salah satu fotografer aliran surealis yang membuat foto secara konkret tanpa adanya usur editan yaitu Jee Young Lee. Sedangkan yang membuat foto dengan teknik software sudah banyak, kau pun bisa membuatnya. Lain kali, kita akan membahas teknik foto surrealis dengan memakai software deh semoga bisa kalian terapkan secara apik.

c. Digital Imaging

Digital Imaging (Inggris) atau Pencitraan Digital yaitu penciptaan gambar digital, biasanya dari adegan fisik. Istilah ini sering dianggap menyiratkan atau mencakup pengolahan, kompresi, penyimpanan, percetakan, dan menampilkan gambar tersebut. Metode yang paling umum yaitu dengan fotografi digital dengan kamera digital, namun metode lain juga digunakan. Mungkin, dan tampaknya banyak orang tidak menyadari bahwa sebuah “foto” yang mereka lihat di media sosial, blog, website, bekerjsama “bukan foto”. Yang mereka lihat bekerjsama yaitu yang disebut dengan “digital image” atau “gambar digital”.

Hasil Karya Seni Digital Art versi JoeshaPictures :


 Dalam mengekspresikan imajinasi di zaman teknologi ini Mengenal Karya Seni Digital Art - Joesha Pictures
Ilustrasi "Kumpulnya Tujuh Presiden Indonesia"
 Dalam mengekspresikan imajinasi di zaman teknologi ini Mengenal Karya Seni Digital Art - Joesha Pictures
Ilustrasi 10 November "Diskusi Pahlawan"
 Dalam mengekspresikan imajinasi di zaman teknologi ini Mengenal Karya Seni Digital Art - Joesha Pictures
Ilustrasi 10 November "Belajar Bersama Pahlawan"
 Dalam mengekspresikan imajinasi di zaman teknologi ini Mengenal Karya Seni Digital Art - Joesha Pictures
Couple Love "Cat Land"
 Dalam mengekspresikan imajinasi di zaman teknologi ini Mengenal Karya Seni Digital Art - Joesha Pictures
Happy Alone "Retirement Model"
 Dalam mengekspresikan imajinasi di zaman teknologi ini Mengenal Karya Seni Digital Art - Joesha Pictures
Couple Love "Grow Old With Me"
 Dalam mengekspresikan imajinasi di zaman teknologi ini Mengenal Karya Seni Digital Art - Joesha Pictures
The Melancholy Atmosphere The Girl

Macam-macam Digital Art :

1. Art game 
2. Animations 
3. Computer art scene 
4. Computer graphics 
5. Cyberarts 
6. Digital illustrations 
7. Digital imaging 
8. Digital painting 
9. Digital photography 
10. Digital poetry 
11. Dynamic Painting 
12. Evolutionary art 
13. Generative art 
14. Interactive art 
15. Motion graphics 
16. Music visualization 
17. Photo manipulation 
18. Pixel art 
19. Render art 
20. Software art 
21. Systems art 
22. Video Graphic 
23. Web Design
24. Tradigital art
25. Surrealism Photography


Media visual yang dihasilkan komputer :

Lanskap fotorealistik yang dibentuk secara prosedural yang dibentuk dengan Terragen. Terragen telah dipakai dalam membuat CGI untuk film. Seni visual digital terdiri dari informasi visual 2D yang ditampilkan pada tampilan visual elektronik atau informasi yang diterjemahkan secara matematis ke dalam informasi 3D, yang dilihat melalui proyeksi perspektif pada tampilan visual elektronik. Yang paling sederhana yaitu grafis komputer 2D yang mencerminkan bagaimana Anda bisa menggambar dengan memakai pensil dan selembar kertas.

Namun, dalam kasus ini, gambarnya ada di layar komputer dan instrumen yang Anda gunakan bisa berupa stylus tablet atau mouse. Apa yang dihasilkan di layar Anda mungkin tampak digambar dengan pensil, pena atau kuas cat. Jenis kedua yaitu grafis komputer 3D, dimana layar menjadi jendela menjadi lingkungan virtual, di mana Anda mengatur objek untuk "difoto" oleh komputer.

Biasanya grafis komputer 2D memakai grafis raster sebagai alat utama mereka untuk mereproduksi data sumber, sedangkan grafis komputer 3D memakai grafis vektor dalam pembuatan virtual reality immersive. Paradigma ketiga yang mungkin yaitu menghasilkan seni 2D atau 3D sepenuhnya melalui sanksi algoritma yang dikodekan ke dalam acara komputer dan sanggup dianggap sebagai bentuk seni orisinil dari komputer. Artinya, tidak bisa diproduksi tanpa komputer. Seni fraktal, Datamoshing, seni algoritmik dan seni generatif real-time yaitu contohnya.

Kunjungi Halaman JoeshaPictures:

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita sanggup hari ini ada baiknya kalau kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Karya Seni Digital Art - Joesha Pictures"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel