E-Business | Perguruan Tinggi Komunitas Negeri Bojonegoro ( Poltek )

 Yang dimaksud dengan Electronic Business atau E E-Business | Akademi Komunitas Negeri Bojonegoro ( POLTEK )
E-Business


E-Business

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini ialah wacana "E-Business | Akademi Komunitas Negeri Bojonegoro ( POLTEK )" penasaran, yuk kita baca !

Yang dimaksud dengan Electronic Business atau E-Business ialah suatu acara transaksi, jual-beli, bisnis yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau dengan internet sehingga perusahaan sanggup pribadi berinteraksi dengan costumer, supplier maupun rekan bisnis. Atau arti yang lebih singkat dari e-business yaitu penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga sanggup memperoleh keuntungan. Teknologi Informasi dan Komunikasi pada e-business digunakan untuk meningkatkan bisnis perusahaan yang mencangkup semua aspek yang berorientasi pada profit maupun nonprofit suatu perusahaan.

E-business sanggup dikatakan juga sebagai iklan supaya para konsumen sanggup membeli produk-produk perusahaan. Sehingga e-business sangat berkhasiat bagi e-comerce, lantaran fungsi dari e-business yaitu untuk mendukung bagian-bagian pada perusahaan ibarat bab prroduksi, finance, marketing dll. Makara perusahaan akan memakai Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga mendapat keuntungan.

E-bussiness  dapat diterjemahkan sebagai acara bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan memakai sistem informasi komputer. Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, kini merupakan bentuk acara bisnis yang dilakukan dengan memakai teknologi Internet. E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk bekerjasama dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E-bisnis juga banyak digunakan untuk bekerjasama dengan suplier dan kawan bisnis perusahaan, serta memenuhi undangan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

Dalam penggunaan sehari-hari, 'e-bisnis' tidak hanya menyangkut e-dagang (perdagangan elektronik atau e-commerce) saja. Dalam hal ini, e-dagang lebih merupakan sub bab dari e-bisnis, sementara e-bisnis mencakup segala macam fungsi dan acara bisnis memakai data elektronik, termasuk pemasaran Internet (e-pemasaran). Sebagai bab dari e-bisnis, e-dagang lebih berfokus pada acara transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan memakai sistem administrasi pengetahuan, e-dagang memiliki goal untuk menambah revenu dari perusahaan

Sementara itu, e-bisnis berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), administrasi rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kolaborasi dengan kawan bisnis. E-bisnis memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.

Strategi E-Business pada Perusahaan

Adapun konsep atau taktik yang dilakukan perusahaan dalam menjalankan e-business sanggup dibagi menjadi beberapa kelompok, yang diantaranya sebagai berikut:

a. ERP (Enterprise Resource Planning)
Merupakan taktik bisnis dari sistem informasi perusahaan yang sanggup digunakan untuk berkoordinasi mengenai sumber daya dan informasi yang digunakan untuk proses dalam berbisnis.

b. EAI (Enterprise Application Programs)
Merupakan taktik bisnis menganai konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan sanggup bertukar informasi.

c. CRM (Customer Relationship Management)
Merupakan taktik bisnis dari layanan dan perangkat lunak (softwere) yang di desain untuk meningkatkan laba dan kepuasan para konsumen.

d. SCM (Supply Chain Management)
Merupakan taktik administrasi mengenai rantai suplai yang secara otomatis akan terkomputerisasi.

Keuntungan yang sanggup di dapatkan dari E-Business

Beberapa laba yang sanggup di dapatkan dari e-business, yang diantaranya seperti:
  • Memperluas pasar, dengan e-business perusahaan atau pembisnis sanggup memperluas pasarnya sehingga sanggup memasuki pasar nasional maupun internasional, sehingga pembisnis sanggup menjangkau banyak pelanggan.
  • Menekan biaya telekomunikasi dan waktu transaksi serta penerimaan produk.
  • Konsumen sanggup melihat barang, spesifikasi dan informasi lainnya melalui internet sehingga tidak perlu repot-repot harus mendatangi penjual.
  • Meningkatkan gambaran yang baik di mata para konsumen tentunya dengan pelayanan yang baik juga, lantaran dengan media internet informasi sanggup dengan cepat tersebar. Dan masih banyak lagi laba yang lainnya.

Kelebihan dan Kelemahan E-Business

Adapun beberapa keunggulan atau kelebihan dari e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
  • Akses yang mudah
Maksudnya supaya sanggup terhubung atau berinteraksi jarak jauh atau tidak pribadi dengan konsumen, para pembisnis hanya membutuhkan koneksi internet yang memadai.
  • Lebih sempurna sasaran
Makara para pembisnis yang mempromosikan produknya akan lebih sempurna sasaran, sehingga konsumenpun akan bertambah.
  • Menghemat waktu
Jika untuk berinteraksi ataupun bertransaksi harus menemui konsumen atau menemui rekan bisnis, maka dengan e-business komunikasi sanggup dilakukan secara online di internet sehingga sanggup menghemat waktu.
  • Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar
Kebanyakan slalu orang beranggapan bahwa untuk memulai suatu bisnis membutuhkan modal yang cukup besar, khususnya dalam melaksanakan promosi produk yang akan di jual. Sedangkan kini ini sanggup dilihat aneka macam orang yang berbisnis memakai internet atau secara online dengan modal yang sedikit atau tidak terlalu besar. Hanya dengan modal yang kecil dan di dukung dengan koneksi internet yang memadai, banyak orang yang pribadi sanggup menjalankan bisnis. Contoh bisnis di internet ialah menjadi reseller, jadi hanya menjual ulang produk-produk yang dijual oleh penjual lain tentunya dengan janji yang sudah disepakati sebelumnya.

Adapun beberapa kelemahan yang dimiliki oleh e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
  • Tidak adanya pertemuan secara pribadi dengan konsumen maupun sebaliknya
Makara tidak ada susukan antara pembisnis dengan konsumen sehingga tidak akan terjadi tatap muka secara pribadi antara penjual dan pembeli. Jika ingin bertemu harus menciptakan janji terlebih dahulu.
  • Beresiko terjadinya penipuan
Karena transaksi tidak secara pribadi maka beresiko terjadinya penipuan, terutama bagi pembisnis pemula yang masih kurang pengetahuan mengenai bisnis di internet. Tapi ketika ini aneka macam cara untuk menghindari penipuan salah satunya dengan transaksi memakai rekening bersama, sehingga transaksi menjadi lebih aman.

Unsur-unsur E-Busines

Adapun unsur-unsur pada e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
  • Pelaku bisnis
Diantaranya ibarat Organisasi, produsen atau perusahaan, supplier, rekan bisnis, konsumen dll.
  • Alat, media atau sumber daya yang digunakan
Diantaranya ibarat Teknologi informasi dan komunikasi (Komputer, internet dll).
  • Kegiatan dan sasarannya
Diantaranya ibarat acara dan proses bisnis (pelayanan, penjualan dan transaksi) serta operasi bisnis utama.
  • Tujuannya
Diantaranya ibarat komunikasi, koordinasi, pengolahan organisasi, transformasi proses bisnis dan mengembangkan informasi.
  • Beberapa laba yang sanggup di dapatkan
Diantaranya ibarat pendekatan yang relatif aman, lebih fleksibel, efesien, peningkatan produktivitas, peningkatan keuntungan, bisnis yang terintegrasi dll.

Contoh E-Business

Beberapa teladan e-business ketika ini yaitu koran atau media cetak yang ada berbasis online-nya, jadi tidak hanya media cetaknya saja. Banyak sekali media cetak yang menjalankan bisnisnya tidak hanya melalui media cetak saja tapi juga melalui media online di internet dan tentunya aneka macam laba yang sanggup didapatkan contohnya seperti: gosip yang sanggup diakses kapan saja oleh seluruh masyarakat dan gosip yang lebih update dll. Lalu teladan lainnya ketika ini aneka macam toko-toko fashion yang tidak hanya menjalankan bisnisnya di dunia konkret tapi mereka juga menjalankan bisnisnya dengan cara online.

Terima kasih sudah membaca agar apa yang kita baca hari ini sanggup bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita sanggup hari ini ada baiknya bila kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

Belum ada Komentar untuk "E-Business | Perguruan Tinggi Komunitas Negeri Bojonegoro ( Poltek )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel