Alasan Kenapa Blog Aku Tidak Memakai Kolom Komentar


Alasan Kenapa Blog Saya Tidak Menggunakan Kolom Komentar - Kolom komentar blog memang disediakan untuk mempermudah pengunjung yang ingin bertanya ihwal isi artikel kepada admin, atau sekedar menawarkan proteksi semangat. Untuk para blogger biasanya kolom komentar dipakai sebagai sarana blogwalking.

Kolom komentar termasuk salah satu penyumbang loading blog, meski sudah diakali dengan memakai banyak sekali cara / trik untuk mengurangi loading (defer javascript / onclick event), tetap saja loading dari js komentar itu lemot. Namun akan sebanding kalau keberadaan kolom komentar itu menawarkan manfaat kepada pengujung (banyak pengunjung yang berkomentar).

Berbeda halnya dengan blog yang sepi komentar (bukan sepi pengunjung); meski pengunjung banyak tapi jarang ada yang menawarkan komentar. Misalnya menyerupai secara umum dikuasai blog aku yang memang jarang ada pengunjung yang berkomentar. Jika ada yang ingin ditanyakan, mereka lebih suka memakai kontak whatsapp. Entahlah, mungkin supaya lebih gampang dan dapat pribadi ada akibat ya.

Selain itu, kolom komentar juga dipakai sebagai sarana oleh para spammer, mereka nitip link / promo / iklan melalui kolom komentar.

Makara alasannya yaitu itulah kenapa blog aku tidak lagi memakai kolom komentar. Seperti postingan blog Kompi Ajaib ihwal web-web besar sudah tak memakai komentar.

Meski begitu, semuanya tetap kita sendiri yang harus tetapkan mau memakai kolom komentar atau tidak. Jika menawarkan manfaat kepada pengunjung sebaiknya biarkan saja tampil itu komentar. Tapi kalau memang kolom komentar sudah tidak menawarkan manfaat atau bahkan hanya orang iseng yang menawarkan komentar basa-basi, sebaiknya dicopot saja untuk kecepatan loading blog itu sendiri.
Sumber https://www.nengain.web.id/

Belum ada Komentar untuk "Alasan Kenapa Blog Aku Tidak Memakai Kolom Komentar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel