Mengatasi Memori Internal Yang Cepat Penuh Pada Android

Dengan banyaknya aplikasi android menciptakan ruang penyimpanan memori internal dan external pun semakin besar. Kebanyakan aplikasi android memakai sebagian besar penyimpanan di memori internal ibarat bbm, line, instagram, whats up, dan aplikasi lainnya. Memori Internal cepat sekali penuh padahal semua aplikasi sudah sebagian dipindahkan ke SD Card. Meskipun pengguna sudah menghapus sebagian data ibarat foto, video, ataupun lagu, tetap saja memori internal penuh.

Saat memori internal penuh maka android akan mengeluarkan peringatan phone storage spacing is going low. Penyebab memori internal penuh dapat disebabkan lantaran penggunaan aplikasi yang terlalu besar. Memori penyimpanan yang penuh dapat mengakibatkan aplikasi berjalan dengan lambat selain itu tidak dapat mendownload aplikasi yang lain. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal yang cepat penuh.


Gambar 1. Tampilan Aplikasi Info

Menghapus data pada aplikasi. Dengan menghapus data pada aplikasi tersebut dapat membantu mengurangi penggunaan memori internal. Buka Setting-More-pada system pilih Storage. Pada Storage akan terlihat berapa memori internal yang dipakai oleh setiap aplikasi. Pilih aplikasi yang ingin dihapus kemudian akan keluar aplikasi warta dari aplikasi tersebut. Pilih Clear Data untuk menghapus data aplikasi tersebut. Jika datanya akan dihapus, maka pengguna harus mengulang kembali membuka aplikasi tersebut. Semua data penting tidak akan terhapus lantaran sudah tersimpan sebelumnya di aplikasi tersebut. Contohnya yakni Clear Data pada bbm. Setelah melaksanakan Clear Data, maka pengguna harus sign in kembali tetapi contact bbm tetap ada lantaran yang dihapus yakni penggunaan data pada memori internal oleh aplikasi tersebut.

Cache dapat menjadi penyebab memori internal menjadi penuh. File cache yakni file yang tidak diharapkan dan selalu muncul meskipun dihapus. Pada aplikasi warta pada sebuah aplikasi akan ditemukan pilihan Clear Data dan Clear Cache. Pilih Clear Cache untuk menghapus cache pada aplikasi tersebut. Jika ingin menghapus cache secara keseluruhan buka Setting-More-Pada system pilih Storage. Pada Internal storage akan terlihat total space yang berisi aplikasi dan cache data. Tekan Cache Data kemudian Delete maka cache akan terhapus secara keseluruhan.


Gambar 2. Folder Thumbnail

Menghapus folder thumbnail. Untuk menghapusnya harus menghubungkan perangkat Android ke PC memakai kabel usb. Pada memori internal buka folder DCIM. Pada DCIM ada folder thumbnail yang mengakibatkan memori internal penuh. Hapus folder thumbnail maka ruang penyimpanan akan semakin besar. Biasanya folder thumbnail sering muncul sehingga harus dihapus secara berulang-ulang. Setelah dihapus lewat PC, pengguna harus menghapusnya lewat perangkat Android. Pada file manager pilih internal storage kemudian pilih DCIM. Pada DCIM akan ada folder thumbnail. Folder thumbnail tersebut dapat di delete.

Pengguna android yang sering mengalami Phone Storage Spacing Is Low dapat disebabkan penyimpanan memori internal yang penuh. Cara tersebut sudah terbukti berhasil dan pengguna pun tidak perlu menghapus aplikasi dari android atau melaksanakan uninstall. Pengguna tidak perlu khawatir lagi jikalau memori internal cepat penuh dan cara tersebut sangat gampang untuk dilakukan.

Oleh: Jenny

Gambar:
http://www.gadgetgaul.com/wp-content/uploads/2015/09/vcv-640x533.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUt7fCVHVfWmGIYVmVU_ttsn60RLwknJsmKjRhuFcj-Cwa7GNGIeguo2iTNEvX0dwB1MhMng03VMaTzBa4o9qWKIUKf8ierryOOs8OAh7_3KEAvTDHFlu9vfq6ekp2I7yaXNl7guCEh7SU/s1600/0+MEMORI+INTERNAL+ANDROID+PENUH+PADAHAL+APLIKASI+SEDIKIT2.jpg
Sumber https://sentralandroid.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Memori Internal Yang Cepat Penuh Pada Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel