Tahukah Anda Internet Telah Sanggup Diakses Oleh Setengah Populasi Dunia Tahun 2018?

Indonesia - Tahun 2018 terbukti menjadi momen transformatif untuk internet.



Menurut International Telecommunication Union (ITU), untuk pertama kalinya, lebih dari setengah populasi dunia akan memakai internet.

Badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa tersebut memperkirakan bahwa 3,9 miliar, lebih dari 51% dari populasi global, mendapat jalan masuk internet pada final tahun 2018.

Sudah, 90% dari orang-orang itu sanggup memakai internet melalui jaringan berkecepatan 3G atau lebih tinggi, sementara 96% dari populasi global kini tinggal dalam jangkauan jaringan seluler.

Sebagian besar kemajuan itu terlihat di Afrika, yang mencatat pertumbuhan tertinggi secara global dalam lebih dari satu dekade. Dari hanya 2,1% yang mempunyai koneksi internet pada tahun 2005, tumbuh menjadi lebih dari 24% pada tahun 2018.

Jumlah rumah tangga di Afrika dengan jalan masuk ke komputer juga meningkat menjadi 9,2% pada tahun 2018 dari 3,6% pada tahun 2005.

Pertumbuhan yang stabil serupa juga tercatat di negara-negara berkembang di mana penetrasi internet tumbuh menjadi 45,3% pada final 2018 dari 7,7% pada tahun 2005. Penggunaan domain internet level teratas arahan negara juga mengalami peningkatan.

Seperti yang dilansir Quartz Africa, ITU menyampaikan pencapaian tonggak 50/50 merupakan hal yang bersejarah dan penting mengingat tidak hanya jumlah orang yang terhubung tetapi juga yang akan sanggup mencapai layanan online yang penting termasuk pendidikan dan perawatan kesehatan.

Tetapi sementara penetrasi internet terus meningkat, keterjangkauan terus menjadi masalah, terutama di Afrika.

Penelitian menyampaikan benua itu mempunyai paket data seluler termahal dengan harga untuk satu gigabyte sebesar 500 ribu rupiah. Itu berarti bahwa pengguna membayar 5,5% dari pendapatan bulanan mereka untuk membeli internet, jauh lebih dari 2% dari pendapatan kotor bulanan yang ditetapkan oleh Komisi Broadband PBB.

Kecepatan internet juga tetap sangat lambat , dengan peringkat di bawah kecepatan rata-rata di atas 10 megabit per detik, yang merupakan minimum yang diharapkan untuk memungkinkan konsumen untuk sepenuhnya mengambil bab dalam ekonomi digital.

Sebagian dari dilema itu terletak pada pemerintah negara masing-masing, yang tidak mempromosikan konektivitas di kawasan pedesaan, terpencil, dan miskin bahkan saat mereka mempunyai keuangan untuk melakukannya.

Namun, semakin banyak pembiayaan swasta akan memperluas jaringan kabel serat yang memungkinkan jutaan orang mengakses internet dengan biaya yang lebih efektif.[JD]


Sumber https://jarumdetik.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Tahukah Anda Internet Telah Sanggup Diakses Oleh Setengah Populasi Dunia Tahun 2018?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel